Kamis, 29 Oktober 2009

Kisah Memilukan: Penculikan, Perkosaan danPenyiksaan Kejam Selama 44 Hari Terhadap Junko Furuta

Berawal, dari Mia iseng mencari lirik dari sebuah band, The Gazette yang berjudul Taion disebuah forum diskusi musik di indowebster, disana dibahas tentang inspirasi sang vokalis, Ruki untuk menciptakan lagu ini berdasarkan atas kisah nyata yang sempat menggemparkan Jepang di tahun 1989 dahulu. Lagu ini mempunyai irama yang suram, sedih dan sangat menyayat hati. Sejak pertama kali mendengar lagu ini hingga sampai sekarang, Mia selalu menangis mendengarkannya. Karena itulah, ketika Mia mengetahui latarbelakang ide penciptaan lagu ini, Mia menjadi terpaku dan terguncang. Tidak menyangka, lagu yang bernada sedih seolah-olah luapan dari jeritan hati yang tersayat, ternyata memang diperuntukkan sebagai penghormatan mereka atas kisah tragis seorang gadis bernama Junko Furuta.

Bisa di bilang, inilah postingan pertama mia selama ini yang Mia tulis dengan linangan airmata. Sebuah kisah nyata, sebuah kisah hidup yang tragis dan mengerikan, dari seorang gadis biasa bernama Junko Furuta.


Junko Furuta

Mungkin, banyak diantara kita yang tidak mengenal nama itu. Nama seorang gadis SMA biasa, dengan kehidupan yang biasa, dengan keluarga yang biasa tetapi berakhir dengan sebuah tragedi yang sangat memilukan. Bahkan, Mia memerlukan waktu untuk menenangkan rasa sakit yang menyesakkan setelah membaca kisahnya, lalu memulai menuliskan kisah hidup Furuta di blog ini. Sungguh, tidak sampai hati Mia untuk memposting kisah yang sangat mengerikan ini. Akan tetapi, Mia ingin semuanya bisa mengambil sebuah pelajaran dari kisah Junko ini, bahwa kepedulian kita untuk menolong orang lain, bahkan satu nyawa yang tidak bersalah, sangatlah penting. Jika saja orang-orang yang terlibat di kasus Furuta ini mempunyai keberanian dan kepedulian terhadap nasib gadis ini, tentu Furuta tidak akan mengalami pengalaman yang sangat mengerikan dan menyakitkan ini.

Junko Furuta, adalah seorang siswi SMA biasa berumur 16 tahun. Suatu hari, 25 November 1988, ketika Junko pulang dari tempat ia biasa bekerja part time, empat orang pemuda, pemuda A (18 tahun), pemuda B (bernama Jo kamisaku umur 17, kamisaku adalah nama keluarga yang dia ambil setelah keluar dari penjara), pemuda C (umur 16),dan cowok D (umur 17) dari Tokyo menculik dan menyekap furuta selama 44 hari. Mereka menjadikan Furuta sebagai tahanan di rumah yang dimiliki orang tua si pemuda C.

Untuk menghindari pengejaran polisi, si cowok A memaksa furuta untuk menelepon orangtuanya dan menyuruhnya mengatakan kalau dia kabur dari rumah, dengan temanya, dan tidak berada dalam bahaya. Bahkan cowok A membuat furuta berpose sebagai pacar dari salah satu cowok – cowok itu ketika orangtua C, pemilik rumah sedang ada dirumah tersebut. Kalau mereka sudah yakin orang tua C tidak akan telepon polisi, mereka pun menyudahi sandiwara tersebut. Furuta mencoba kabur berkali – kali, memohon pada orang tua C untuk menyelamatkan dia, tapi mereka ga ngelakuin apa2 meskipun mereka tau kalau selama ini furuta disiksa, karena Orangtua C takut kalau cowok A akan menyiksa mereka. Cowok A saat itu adalah pemimpin yakuza kelas rendah dan telah mengancam siapapun yang ikut campur akan dibunuh.

Menurut kesaksian para cowok itu di persidangan, mereka berempat memperkosa furuta, memukulinya, memasukan macam2 ke dalam kemaluannya termasuk tongkat besi, membuatnya minum urinenya sendiri dan memakan kecoak, memasukan petasan ke dalam anusnya dan meledakannya, memotong pentilnya dengan tang, menjatuhkan barbel ke perutnya, dan membakarnya dengan rokok dan korek api (salah satu dari pembakaran itu adalah berupa hukuman karena Furuta berusaha menelepon polisi atau berusaha kabur. Pertama, dia tertangkap saat berusaha menelepon. Yang kedua kali, dia berusaha melarikan diri. Ketiga, Furuta meminta tolong sama orang tua cowok C, si pemilik rumah. Tetapi, pemilik rumah yang ternyata telah mengetahui selama ini apa yang terjadi pada Furuta. Dia memohon minta tolong, tapi mereka menolak. Mereka beralasan bahwa anaknya punya banyak koneksi penjahat sehingga mereka tidak mau dan takut ikut campur ke dalam masalah itu dan dengan teganya meninggalkan gadis itu mati perlahan dengan cara menyakitkan)

Akibat serangkaian penyiksaan demi penyiksaan yang dialami Furuta, pada akhirnya Furuta mengalami luka yang sangat parah hingga menurut salah satu cowok itu, furuta membutuhkan waktu satu jam lebih untuk merangkak turun tangga untuk menggunakan kamar mandi. Mereka bahkan mengatakan ada kemungkinan kalau 100 orang tau kalau mereka menahan furuta di rumah tersebut, tapi hal ini ga jelas artinya apa 100 orang itu hanya sekedar tau saja atau mereka juga ikut memperkosa dan menyiksa Furuta saat berkunjung ke rumah tersebut. Cowok2 itu menolak membiarkan furuta pergi dan terus menyiksanya. Bahkan Furuta seringkali memohon pada mereka untuh membunuhnya saja dan menyudahi penderitaan tersebut.

Pada January 4, 1989, dengan menggunakan alasan kekalahan saat bermain mah-yong, keempat cowok itu memukuli furuta (dimana sebagian anggota badannya sudah dimutilasi) dengan barbel besi. Setelah itu mereka menuangkan cairan dari pemantik api ke kaki dan tangan Furuta yang belum termutilasi, perutnya, dan mukanya, dan lalu membakarnya. Furuta meninggal tidak beberapa saat kemudian karena diduga shock atas luka bakar yang dideritanya. Jadi dapat dibayangkan bagaimana Furuta merasakan perihnya luka bakar di tubuhnya sebelum ia meregang nyawa. Kempat cowok itu menyatakan kalau mereka ga menyadari betapa parahnya luka yang dialami oleh furuta, dan mereka percaya kalau furuta hanya berpura2 mati.

Sesudah mereka menyadari Furuta benar-benar telah meninggal. Para pembunuh menyembunyikan mayatnya di dalam drum galon dan lalu mengisinya dengan semen. Mereka kemudian membuang drum tersebut di koto, Tokyo dan drum ini baru ditemukan setahun kemudian.

PENAHANAN DAN HUKUMAN

Para cowok itu ditangkap dan disidangkan sebagai orang dewasa, tapi karena Jepang menangani kejahatan yag dilakukan oleh pelaku yang masih dibawah umur, maka identitas mereka disembunyikan oleh persidangan. Akan tetapi, seminggu kemudian, majalah mingguan bernama Shukan Bunshun menerbitkan nama mereka, dengan menyatakan "Hak asasi tidak dibutuhkan oleh penjahat biadab". Mereka juga menerbitkan nama asli Furuta lengkap dengan detail tentang kehidupan pribadinya dan menerbitkannya besar-besaran di media.

Kamisaku dituntut sebagai pemimpin para cowok itu menurut persidangan. Keempat cowok itu diberi dinyatakan bersalah tetapi hanya diberi hukuman 8 tahun (seharusnya hukuman mati tuh dengan cara paling menyakitkanmarahmarahmarah) dengan tuntutan "membuat luka fisik yang menyebabkan kematian", yang seharusnya mereka dituntut dalam tuntutan pembunuhan. Orang tua cowok A menjual rumah mereka dengan harga maksimum 50 juta yen atau 5 miliar rupiah dan membayarnya sebagai kompensasi untuk keluarga Furuta. (Penderitaan Furuta tidak sebanding dengan harga berapapunmarahmarahmarah).

Orangtua Junko Furuta terkejut dengan kalimat yang diterima dari pembunuh anak perempuannya, dan bergabung dengan grup masyarakat melawan orangtua cowok C yang rumahnya dijadikan tempat menyekap. Ketika beberapa masalah ditimbulkan dari bukti (semen dan rambut yang didapat dari tubuh itu tidak cocok dengan para cowok2 yang ditangkap), pengacara yang menangani lembaga masyarakat memutuskan untuk tidak membantu mereka lagi karena merasa ga ada bukti berati ga ada kasus atau dakwaan.(pengacara, apa disogok ya!). Ada spekulasi bahwa bukti yang mereka dapat itu didapat dari orang tidak teridentifikasi yang memperkosa atau ikut mukulin furuta.

Satu dari yang paling mengganggu dari kisah nyata ini adalah bahwa para pembunuh Furuta sekarang bebas (di bulan Agustus 1999). Setelah membuat Junko Furuta melalui berbagai penderitaan, mereka adalah cowok bebas sekarang. Tetapi, di bulan juli 2004, Jo Kamisaku kembali ditangkap karena mencelakai seorang kenalannya (cowok), karena dia pikir kenalannya itu membuat pacarnya menjauhi dia. Ia memukuli kenalannya itu selama 4 jam, dan bahkan sebelum ia menganiayanya, dengan bangga ia menceritakan tentang perbuatannya sebelumnya (pembunuhan Furuta ) kepada kenalan yang akan disiksanya itu. Kamisaku dituntut dihukum 7 tahun dengan tuduhan pemukulan (berarti dia sekarang masih di penjara). Pada kasus penculikan, perkosaan, penyiksaan dan pembunuhan atas diri Junko Furuta dia hanya dipenjara 8 tahun... Tapi untuk kasus pemukulan, dia di penjara selama 7 tahun. KEADILAN MACAM APA INI!!!! marahmarahmarahmarahmarahmarah

Seorang cewek smu diculik oleh 4 remaja pengacau ketika dia sedang perjalanan ke tempat kerja sambilannya. Mereka membawa dia ke rumah seorang teman, mengurungnya di kamar, dan selama 44 hari kedepan dan menerapkan setiap bentuk tak terbayangkan oleh manusia berhati untuk menyiksanya (dan beberapa dari kita ga akan mau bayangkan). Mereka memperkosanya rame rame, dengan badan mereka atau dengan benda benda asing. Memberinya makanan berupa kecoak dan minuman dari urinenya sendiri, memukulinya, menendanginya, memutilasi beberapa bagian anggota badannya dan sangat banyak lagi yang tidak terdokumentasikan oleh para penjahat itu atau oleh polisi. Mereka membuatnya babak belur dengan rasa kelewat nyeri di seluruh tubuhnya, mereka mengikatnya, menindihnya, dan menjatuhkan barbell ke atas perutnya dan terakhir menyiram dengan cairan yang ada dalam korek api lalu membakarnya. Penyiksaan terakhir lebih dari yang Furuta sanggup menahannya dan pada akhirnya dia meninggal dunia. Ketika para cowok itu ditanyai kenapa mereka tidak melakukan apa2 pada detik2 menjelang kematian Furuta, mereka menjawab, "kami kira dia pura-pura". Setelah kematian Furuta, mereka mengisolasi tanganya dan kakinya jadi satu, memasukan dalam drum lalu mengisinya dengan semen dan buang di tanah kosong. Tubuhnya tidak ditemukan sampai setaun kemudian. Para pemuda penjahat itu hanya dipenjara 8 tahun dari kejahatan mereka yang tidak termaafkan dan sekarang berkeliaran bebas.


Kronologi Kejadian Menurut Catatan Sidang Dari Pengakuan Para Tersangka:

Hari 1: 25 november 1988:
- penculikan atas Furuta
- Dikurung sebagai tahanan dirumah, dan dipaksa berpose sebagai pacar salah satu cowok
- Diperkosa
- Dipaksa tlp orangtuanya dan mengatakan kalau dia kabur dan dia dalam situasi aman
- Kelaparan dan kekurangan gizi
- Diberi makan kecoak dan minum kencing
- Dibakar dengan korek api

Hari 16: 1 desember 1988:
- Menderita luka pukulan keras yang tak terhitung berapa ratus kali
- Muka terluka karena jatuh dari tempat tinggi ke permukaan keras
- Tangan diikat ke langit langit dan badannya digunakan sebagai sasak untuk ditinju
- Hidungnya dipenuhi sangat banyak darah sehingga dia cuma bisa bernafas lewat mulut
- Barbel sering dipukulkan ke perutnya
- Muntah darah ketika minum air (lambungnya ga bisa menerima air itu)
- Mencoba kabur dan dihukum dengan sundutan rokok di tangan
- Cairan seperti bensin dituang ke telapak kaki, dan betis hingga paha lalu dibakar
- Botol dipaksa masuk ke anusnya, sampe masuk, menyebabkan luka.

Hari 26: 10 desember 1989:
- Tidak bisa jalan dengan baik karena luka bakar dikaki
- Dipukuli dengan tongkat bamboo
- Petasan dimasukin ke anus, lalu disulut
- Tangan dipenyet (dipukul supaya gepeng) dengan sesuatu yang berat dan kukunya pecah
- Dipukulin dengan tongkat dan bola golf
- Memasukan rokok ke dalam kemaluan (atau mungkin maksudnya dijadiin asbak, dimatiin di kemaluan dan abunya dibuang ke dalam)
- Dipukulin dengan tongkat besi
- Saat itu musim dingin bersalju (dinginnya pasti dibawah 0 dejat alias minus) disuruh tidur di balkon
- Tusuk sate dimasukin ke dalam kemaluan dan anus menyebabkan pendarahan

Hari 30:
- cairan lilin panas diteteskan ke mukanya
- Lapisan mata dibakar korek api
- Dadanya ditusuk2 jarum
- Pentil kiri dihancurkan dan dipotong tang
- Bola lampu panas dimasukin kekemaluan
- Luka berat di kemaluan karena dimasukin gunting
- Ga bisa pipis dengan normal
- Luka sangat parah hingga membutuhkan sejam untuk merangkak turun tangga saja untuk menggunakan kamar mandi
- Gendang telinga rusak parah
- Ukuran otak yang menciut sangat sangat banyak

Hari 40:
- memohon sama para penyiksa untuk membunuhnya saja.

1 january 1989: tahun baru
- Sendirian di dalam gudang. Kedinginan dengan menahan nyeri di beebrapa bagian tubuh karena dimutilasi.
- ga bisa bangun dari lantai

hari ke 44:
- para cowok itu menyiksa badannya yang termutilasi dengan barbel besi, dengan menggunakan alasan kalah main mahyong.
- Furuta mengalami pendarahan di hidung dan mulut.
- Mereka menyiram mukanya dan matanya dengan cairan lilin yang dibakar.
- Cairan korek api dituang ke kaki tangan muka, perut dan dibakar. Penyiksaan akhir ini berlangsung sekitar 2 jam nonstop.
- Junko furuta meninggal hari itu dalam rasa nyeri sakit dan sendirian. Ga ada yang bisa ngalahin 44 hari penderitaan yang udah dia alamin.

Hari ke 45
- Mengisolasi mayat Furuta tanganya dan kakinya jadi satu, memasukan dalam drum lalu mengisinya dengan semen dan buang di tanah kosong.

Mungkin, kita sudah banyak mendengar kisah Furuta-furuta lainnya yang mengalami penyiksaan yang tidak kalah menyakitkannya (seperi penyiksaan terhadap TKW kita). Akan sampai kapankah, para wanita seperti Furuta dan Furuta-furuta lainnya akan mengalami penyiksaan seperti ini? Kepedulian dan keberanian kita semua dalam membela dan menyelamatkan Furuta-furuta lainnya, akan sangat berarti besar.

Kisah Furuta ini telah diangkat dua kali dalam sebuah film ditahun 1995 dan ditahun 2004.

Selain itu, seorang anggota band Gazette, Ruki, (ketika tahun 1989 masih berumur 7 tahun) tergerak untuk membuat sebuah lagu pada tahun 2006 (di album NIL) dimana lagu tersebut dipersembahkannya sebagai penghormatan dan tanda belasungkawanya yang terdalam terhadap hal yang dialami oleh Furuta. Dan berharap, tidak ada lagi siapapun, mengalami nasib serupa seperti Furuta.

Berikut, lirik lagu TAION, yang dipersembahkan untuk Furuta oleh The Gazzette (Lagu Taion bisa di dengar di musik box yang sedang diputar di blog ini, atau langsung aja download lagunya)

TAION
(Full of english translete)

A wintry sky and the broken
Streetlight cold wind.

Unknown shadow the footprint of desertion.
Freedom was taken.

An understanding is impossible

If it wakes up a gloomy ceiling.
A laughing voice sinks in the eardrum it is soiled.
And violence rapes me... rapes me... rapes me...

An understanding is impossible

Why was I chosen? Someone should answer…
Please answer me it is a horrible dream.
How much should I shout, writhe and suffer?
Please tell me it is a horrible dream.
I shouted many times with losing voice

There is no hand of preparing of the disordered hair.
A laughing voice sinks in the eardrum
a faint temperature is mixed in the midwinter.


An understanding is impossible


I persuaded myself, who had a dying voice and began writhing.
"Not to lose for living."
I was drowned in the night when I feared and had a dying voice.
Please forgive my dying breath.

Please answer me it is a horrible dream.
How much should I shout, writhe and suffer?
Please tell me it is a horrible dream.
I want to smile again at last.


source: - WIKIPEDIA : http://en.wikipedia .org/wiki/ Murder_of_ Junko_Furuta
- Blog Visual Kei : http://mcrbadchan.blogspot.com/2009/09/junko-furuta-storygadis-yang-disekap-44.html
- forum di indowebster: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=3898&highlight=gazette

Selasa, 27 Oktober 2009

Cuma Nulis Aja!!!

Karena bingung mau posting apaan, ya udah, kali ini session curhat aja nyahahahaha...

Curhat pertama:

My beloved GACKT-sama kemaren berada di Singapura selama 6 hari 4 malam. HUNYAAAAAAA~~~ Mittai... Mittai... hontou ni mittai >_<
This is my beloved Gackt fufufufu

Moga-moga nanti penyakit hobi nyasar Mia nular ke Gackt, jadinya pas Gackt mau balik ke Jepang eh malah nyasar ke Bandung mwahahahahaha (jauh amat nyasarnya). Gackt berada di Singapura selama 6 hari, dari tanggal 21 Oktober - 26 Oktober 2009, bersama fans-fans Dears-nya di Jepang. Ini dalam rangka "memanjakan" para fansnya yang tergabung dalam Dears. GACKT is bringing his Dears to Singapore in October 2009 for his fanclub tour. First flight is on 21st Oct 09, second flight on 22nd Oct 09,duration of stay is 6 days 4 nights. Sayangnya, acara ini hanya diperuntukkan Dears-nya di Jepang aja, jadi Dears dari overseas harus gigit jari liat ni berita (kenapa cuma dears di Jepang aja Gakun~ ::()

Gackt ngajak beberapa dari mereka, kalo ga salah 850 peserta dari Japan's Dears only buat jalan-jalan ke Singapura bareng Gackt. PENGEN IKUUUUUT:ayokona:, kan kesempatan buat nyulik Gackt terbuka lebar. Nyahahahahaha... lumayan buat jadi gantungan kunci dilemari *ditabok Gackt*

Curhat kedua

Bulan ini adalah bulan paling bikin bete. Mungkin ada ngaruh juga dengan kedatangan Gackt ke Singapura tapi ga nyasar ke Indonesia huhuhuhu. Akhir-akhir ini penyakit bosen alias suntuk mulai datang melanda (halah...). Makanya jadi jarang main ke blog atau cuma sekedar browsing. Padahal biasanya tiada hari tanpa browsing. Ada yang tau cara ngilangin masa-masa bosan ini biar cepat berlalu ga? soalnya Mia udah mulai bosan juga dengan kebosanan ini (nah loh!?!? jadi bingung:ha?:)

Curhat ketiga

Kemaren-kemaren malam, I have the silly conversation with Lady, salah satu teman blogger yang gilanya lebih menakutkan dari Mia mwahahahahah *digigit Lady ampe rabies*. Iseng-iseng kita saling tuker foto, jadi Mia liatin dia foto waktu Mia masih berambut pende, dimasa-masa Mia masih tomboi banget. Inilah conversationnya

Lady : MIAAA!!!!!
Mia : Ya?
Lady : Gila lo....
Mia : Lo yang gila marah
Lady : Maksud gue, gila lo... lebih pantes lo jadi cowok aja. Keren...
Mia : Mia amng keren kok encemsengihnampakgigi *narcis mode on*
Lady : Yeee... tapi beneran, Lo keren kalo jadi cowok. Jadi cowok aja lo Mi, operasi sono gih!!!
Mia : *gampar Lady bolak balik ke Mars*

Lad, kalo gua jadi cowok, ntar Gackt chan ama siapa dong? masa ama monyet...

Gackt : Nani??
Mia : hohohoho nani mo nai....siul

Curhat keempat

Kemaren malam Mia mendownload film dorama Jepang yang judulnya Mr. Brain, tentang kisah detektif yang menyingkap kasus pembunuhan (mirip cerita detektif Conan gitu deh). Nah, di episode dua nya, Gackt jadi guess starnya YEEEEEEEEEEEY... Disini Gackt mendapat peranan yang mungkin sangat di sukai oleh Gackt channya, yaitu jadi psikopat yang dijatuhi hukuman mati karena membunuh korbannya dengan kejam (Ini sesuai dengan keinginan Gackt, pengen mendapat peran sbg pembunuh. ckckckck). Disini Gackt ga hanya jadi psikopat biasa aja, tapi agak-agak psycho, dan jadi kayak Sumanto huhuhuhu (kurang ajar banget yg bikin naskha, Gackt dikasih peran kayak Sumanto). Tapi disini Gackt lebih parah dari Sumanto. Nonton aja sendiri, ga tega bilangnya hikshikshiks *belai2 Gackt pake golok*

Seneng liat Gackt disana, tapi jadi rada merinding liat dia ketawa-ketawa sycho gitu (tapi tetep cantik fufufufufu). Dan seperti biasa peran-peran yang udah dia mainkan sebelumnya, nongol bentar terus ujung-ujungnya mati deh nyahahahahaha kayak filmnya di Moonchild dan Kamen Rider Decade.

Oh ya, sekarang lagi cari film Kamen Rider Decade alias satria baja hitam Decade, disana Gackt (lagi-lagi) jadi penjahat, musuhnya si satria baja itam. Riderman. Tapi katanya sih akhirnya dia jadi temenan ma Kamen Ridernya dan mengorbankan nyawanya buat menolong si Kamen Rider Decade (tuhkan, mati lagi) ckckckckckc... doyan banget dapet peran dibunuh

Gackt In Kamen Rider Decade

Trus, film terbaru Gackt di Hollywood kabarnya baru tayang tahun 2010 besok. Hiks, semoga masuk di bioskop Indonesia.doa

Rabu, 21 Oktober 2009

Tips Memilih Makanan Yang Baik (Sekuel Dari "Makanan Yang Berbahaya")

JIIIIAAAAAAAAAAHHHHHHHHH

Soal postingan, "makanan yang berbahaya" sebelumnya, kebanyakan responden mengira, makanan tersebut 100% dah bahaya semuanya. Bukan begitu pak, buk... seperti yang udah mia jelaskan di sana (jika bacanya seksama hihihihi) ada beberapa oknum2 tidak bertanggungjawab yang memalsukan/memakai obat2an yang berbahaya terhadap makanan-makanan tersebut. Jadi, jika kita ga hati2, maka kita bisa aja beli makanan yg udah kecampur ma bahan2 berbahaya atau palsu. Tapi, ga berarti SEMUA pedagang kayak gitu. Hanya beberapa oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab kayak gitu.

Oleh karena itu jelilah memilih makanan untuk kesehatan kita. Karena efeknya ini memang tidak langsung terlihat pas kita selesai memakannya, akan tetapi efeknya akan terasa bertahap-tahap sampai akhirnya kita sadar, kita udah terjangkiti penyakit yang berbahaya akibat mengkonsumsi makanan ini. Karena efeknya ini bertahap, maka banyak dari kita yang lengah dan cuek aja mengkonsumsi suatu makanan tanpa cek dan ricek terlebih dahulu, dengan alasan males atau ribet amat. Yang penting enak dan kenyaaaaaang... jelir

Ok, sesuai janji Mia biar ga di cap kayak janji caleg yg cuma janji doang, postingan kali ini tentang tips-tips memilih mana makanan yang berbahaya mana yang masih alami. Tetapi, sebelumnya mia akan kasih tau secara ringkas bahaya akibat formalin. Akibat masuknya formalin pada tubuh bisa akut maupun kronis. Kondisi akut tampak dengan gejala alergi, mata berair, mual, muntah, seperti iritasi, kemerahan, rasa terbakar, sakit perut, dan pusing. Kondisi kronis tampak setelah dalam jangka lama dan berulang bahan ini masuk ke dalam tubuh. Gejalanya iritasi parah, mata berair, juga gangguan pencernaan, hati, ginjal, pankreas, sistem saraf pusat, menstruasi (buat cowok gimana ya???), dan memicu kanker.

Berikut beberapa tips-tips untuk memilih makanan yang masih alami atau setidaknya ciri2 makanan yang masih aman untuk di konsumsi, agar kita tau mana makanan yang masih alami mana makanan yg udah disabotase (Buat yang suka masak atau yang bagian belanja, di ingat ya atau di catat. Atau yang udah menikah, kasih tau istrinya sengihnampakgigi)

1. Daging Ayam, Sapi dan Ikan

Bagaimana membedakan mana daging berformalin atau daging gelonggongan atau daging celeng yang dicampur ma daging sapi?

Untuk test daging ayam atau sapi bebas formalin atau engganya, ada dua cara membedakannya

1. Gunakan senjata paling ampuh. YaituKUCING. Jika anda mempunyai kucing dirumah atau kebetulan ada kucing yg lewat ketika lagi makan bakso atau steak di warung atau di seafood, kasih secuil daging (kalo mau semuanya juga ga apa-apa, itung2 amal) ma si kucing dan liat reaksinya. Jika si kucing mengendus-ngendus tu daging lalu memaingkan mukanya dengan sombong dari tu daging, maka anda patut mencurigai kalo tu daging udah dicampur ma formalin. Karena kucing ogah memakan daging yg berformalin (ga tau jg kenapa, mgkn dari instingnya dia tau, ada bahan berbahaya didaging itu. Ga bagus buat kesehatan dan kecantikan bulu, pikirnya). Tetapi, jika si kucing menerima dengan senang hati dan melahap sesajen yang anda berikan tadi, alias daging tadi, maka anda bisa bernapas dengan lega. Daging itu aman dari bahan formalin.

2. Jika anda mau membeli daging dipasar tradisional, tetapi ga ada ketemu kucing untuk menguji coba tu daging aman atau tidaknya, maka gunakanlah senjata ultimate lainnya. Yaitu, LALAT! Seperti yang kita tau, setiap kios-kios daging, biasanya pasti langganan di santroni ma lalat. Nah... perhatikan aja, mana daging yang baunya menyengat, akan tetapi, si lalat ogah menghinggapinya. Biasanya, smakin menyengat bau si daging, maka akan mengundang perhatian para lalat. Akan tetapi, jika daging itu di cuekin ma lalat, maka daging itu ada kemungkinan di campur ma formalin. Paling lalatnya hinggap bentar lalu terbang pergi terbirit2 dari sana. Dont buy that meat!!! Akan tetapi, perhatikan juga, jika suatu daging terlalu banyak dihinggapi oleh lalat atau diincar oleh BANYAK lalat, maka jangan beli juga. Karena daging itu udah ga segar lagi, atau bisa jadi itu daging dari hewan TIREN alias mati kemaren. Tapi biasanya daging2 tiren inilah yang PALING banyak di beri formalin. Tapi tentu aja, daging tiren yg udah diberi formalin ini, meski baunya menyengat, lalat ogah menghinggapinya.

Berikut Tips-tips memilih daging ikan, ayam dan sapi yang baik dan ciri-ciri daging yang berbahaya alias berformalin







1. Daging sapi yang asli dan segar memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Dagingnya berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan,
- Tekstur dagingnya kenyal dan biasanya,
- Daging sapi asli dijual dengan cara digantung (karena gelonggongan jarang digantung, karena airnya akan menetes2 dari dagingnya)

2. Ciri-ciri daging gelonggongan baik ayam atau sapi :
- Daging sangat kenyal atau tidak elastis,
- Kulit berair, warna daging pucat,
- Daging cepat rusak dan pembuluh darah membesar.
- Teksturnya lembek dan cepat busuk karena kadar airnya sangat banyak. Jika dagingnya ditekan akan mengeluarkan air.
- Biasanya dijual dengan cara digeletakkan di atas meja (tidak digantung).
- Jika direbus, daging sapi gelonggong akan menyusut lebih banyak daripada daging sapi asli.

3. Ciri-ciri daging ayam dan sapi berformalin:
- Tidak dihinggapi lalat,
- Kulit sangat kenyal serta warna kulit mengkilap dan tampak mencolok
- menekan atau mendorongnya dengan jari telunjuk. Kalau keluar lendir atau air berarti pernah direndam dengan formalin
- Buat penggemar bakso, kita dihadapkan dua bahan berbahaya, yaitu boraks dan formalin. Ciri-ciri bakso berformalin dan boraks adalah memiliki struktur yang lebih kenyal dan lebih keras (karena bakso dari daging non formalin lebih mudah ancur, tidak sealot daging berformalin. Bakso mengandung boraks pasti memiliki daya tahan lebih lama. Mampu bertahan sampai lima hari.) Kalau kenyal atau mudah dipantulkan seperti memantulkan bola karet di tanah, maka berarti banyak mengandung boraks. Bisa juga dari tanda-tanda gigitan yang kembali ke bentuk semula setelah digigit

4. Ciri-ciri daging tiren (tanpa formalin) yang biasanya dijumpai pada daging ayam:
- Pembuluh darah kemerah-merahan dan cepat menimbulkan bau busuk sehingga mengundang banyak lalat untuk mendarat disana Karena, daging segar tanpa formalin, hanya dihinggapi BEBERAPA lalat. sekitar dua atau tiga lalat gitu deh. Pokoknya ga banyak lalatnya sengihnampakgigi
- beraroma agak amis. Selain itu, dagingnya berwarna kepucatan.
- Terdapat bercak-bercak darah di bagian kepala ataupun leher ayam tersebut. Biasanya si pedagang akan memercikkan darah dari ayam segar ke daging tiren, agar kesannya si ayam tiren terlihat segar.

5. Ciri-ciri ikan berformalin:
- Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar ( 25 derajat Celsius),
- Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar.
- Warna daging ikan putih bersih dan Bau menyengat dan berbau formalin.
- Badan ikan kaku, sulit dipotong,
- Warna daging putih bersih.
- Untuk ikan segar tanpa formalin memiliki insang berwarna merah segar, dan cepat busuk jika didiamkan lebih dari 1 hari.
- "dimusuhi" lalat
- Lebih amannya, belilah ikan yang masih dalam keadaan hidup.

6. Ciri-ciri daging celeng sebagai berikut.
- Dagingnya berwarna lebih pucat.
- Tekstur seratnya lebih halus.
- Lemaknya lebih tebal.
- Dagingnya lebih banyak mengandung air daripada daging sapi.
- Aroma daging celeng lebih amis daripada aroma daging sapi.
- Harganya lebih murah.

Akan tetapi, jika terlanjur membeli daging yang berformalin, good newsnya, formalin dalam daging dapat dihilangkan. Caranya, makanan yang mencurigakan itu direndam dengan air panas sekitar 30 menit atau dipanaskan dengan oven bersuhu 121 derajat tiga menit. Kalau ikan dapat direndam dengan air cuka 5 persen selama 15 menit atau direndam air garam selama 30 menit untuk ikan asin. Tapi buat yang terlanjur beli daging gelondongan dan ayam tiren. Mia cuma turut berbelasungkawa aja hehehehe *ditimpuk rame-rame*.




2. Buah-Buahan dan Sayur-sayuran

Sayur-sayuran dan buah-buahan sangat rentan dengan isu peptisida. Zat terkadnung dalam peptisida ini SANGAT berbahaya, karena akan mengendap dan tidak akan hilang dari tubuh. Bahkan, peptisida ini dapat tercampur dalam ASI atau air susu ibu jika si ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung peptisida. sehingga ASI itu akan mengandung sampai 20% racun peptisida dan terminum oleh si bayi dan akan berbahaya bagi kesehatan bayi itu sendiri dan peptisida itu akan mengendap ditubuh si bayi. Lalu anaknya itu akan menular­kan lagi pestisida lewat makanan atau ASI dan seterusnya. Kandungan pestisida akan berkurang dan hilang. Namun apabila si anak tetap mengonsumsi makanan berba­haya, selamanya pestisida tak akan lenyap secara turun-temurun. Bahaya pestisida bisa beragam. Mi­salnya asetat dari golongan insektisida sering ditemui pada cabe besar, seledri, buncis, dan kapas. Bila tertelan, dalam jang­ka panjang akan menimbulkan mutasi genetik, kanker, dan keracunan pada alat-­alat reproduksi manusia, dan cacat lahir. Beberapa bahkan polutan lain bila masuk ke tubuh ibu yang mengandung dan menyusui akan mempengaruhi perkembangan perilaku pada bayi, gangguan hormonal, clan kanker dll.

Tidak hanya berbahaya bagi manusia. Sedangkan tanah yang sudah terkontaminasi pestisida, dalam kurun waktu 15 tahun masih menyimpan kandungan pestisida sebanyak 40% walau penggunaan peptisida sudah dihentikan di tanah tersebut. Kalau tanah tersebut ditumbuhi tanaman­-tanaman yang dikonsumsi manusia, maka polutan akan terhisap pada tanaman tersebut dan dimakan olch manusia. Untuk menetralisir tanah yang telah terkena racun, perlu waktu hampir satu generasi umur manusia.

Ciri-ciri buah-buahan berformalin
• Kulit buah lebih mengkilat
• Ranting buah sudah layu, tapi buah masih tampak segar
• Buah tidak tampak kusam walaupun sudah beberapa hari

Sayur-sayuran memiliki kadar peptisida yang tinggi:
• Daun sayur tidak ada yang rusak sedikitpun atau bolong. Karena tidak dimakan oleh belalang atau serangga lainnya karena peptisida.
• Daun sayur terlihat mengkilap dan sempurna

Ciri-ciri tahu yang mengandung formalin
• Tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar (250 C) bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (100 C)
• Untuk tahu putih, terlampau keras alias tidak lembek,
• Bau agak mengengat, bau formalin
• Jangan pilih tahu yang berbau asam atau berlendir. Sedangkan ketika memilih tempe, pilih yang baunya segar dan kedelainya padat.

Tips-tips mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan
1. Cuci buah-buahan dengan cermat, kalo perlu, pake sabun khusus buah dan sayur (jangan sabun cuci piring atau deterjen yak)
2. Belilah sayuran organik. Karena sayuran organik tidak memakai peptisida yang dapat membahayakan kesehatan keluarga anda. Adapun ciri-ciri sayuran organik adalah:
· Produk organik segar (sayur dan buah) biasanya berpenampilan tak sempurna.
· Kadang ditemukan beberapa lubang bekas gigitan ulat, tapi berwarna lebih tajam.
· Lubang-lubang di antara lembar daun sayuran biasanya disebabkan pertanian organik tidak menggunakan pestisida untuk mengatasi hama. Namun meski dihiasi lubang-lubang, penampilan sayuran hijau organik umumnya berwarna lebih menarik, tajam, dan segar.

3. Seafood

Untuk masalah seafood, kita dihadapkan dengan permasalahan ikan yang sudah tidak segar lagi atau yang sudah dicampur dengan formalin. Untuk meminimalisir mengkonsumsi seafood berformalin, lebih baik pilih tempat seafood yang masih menjual ikan dalam keadaan hidup. Biasanya ikan-ikan itu di tarok disebuah aquarium kecil dan kemudian akan di masak jika ada pesanan. Atau jika seafood itu tidak menyediakan ikan-ikan yang hidup, anda dapat melihat segar tidaknya ikan-ikan tersebut itu sebagai berikut: (jgn asal makan aja. Teliti sebelum membeli)

ciri ikan segar:
Ciri-ciri ikan segar adalah sebagai berikut :
- Warna kulit terang dan cerah
- Daging ikan bila ditekan terasa keras.
- Mata jernih menonjol dan cembung
- Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.
- Insang berwarna merah
- Sirip kuat
- kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut dan tidak berbau busuk.

Ciri-ciri Udang segar :
- Warna udang segar berwarna jernih dan tidak terdapat bintik-bintik hitam.
- Udang segar terlihat kekar, bila ditekan, daging udang segar terasa keras.
- Kaki dan kulit serta kepalanya tidak mudah lepas.
- Bau udang segar khas amis udang tidak berbau busuk.

Ciri kerang segar:
- Jika membeli kerang dalam cangkang, pastikan cangkang banyak yang terbuka, ini menunjukkan kerang tersebut masih hidup.
- kalau membeli kerang yang lepas dari kulit cangkangnya pilihlah dagingnya masih padat dan terlihat utuh.
- Warna daging kerang belum berubah dari aslinya , daging kerang yang telah berubah warna menunjukkan bahwa kerang telah busuk.
- Beraroma amis yang khas bukan beraroma busuk.

Ciri-ciri cumi segar:
- Cumi-cumi segar badannya kenyal dan kokoh bila ditekan.
- Cumi-cumi kecil badannya berwarna keunguan dengan bintik-bintik hitam. Sedangkan cumi-cumi besar berukuran >20 cm ), badannya berwarna putih
dengan sedikit bintik hitam.
- Cumi segar di lapisi selaput lendir jernih.
- Mengeluarkan bau khas dan bukan bau busuk.

Ciri-ciri kepiting/rajungan segar:
- kepiting umumnya dijual dalam keadaan hidup karena itu biasanya diikat,sedangkan rajungan dijual dalam keadaan sudah mati.
- Untuk kepiting pilihlah yang matanya bergerak keluar-masuk, itu menandakan kepiting masih hidup.
-. Pilih kepiting/rajungan yang masih lengkap jari-jari termasuk capitnya.
- Tekan dengan jari pada bagian belakang bila terasa keras berarti
kepiting/rajungan itu gemuk dan sehat.
- Untuk membedakan kepiting / rajungan yang gemuk bisa juga dilakukan dengan cara mengangkat badannya. Bila terasa ringan berarti dagingnya kurang padat.

4. Ikan asin

Ciri-ciri ikan asin berformalin
- Badan ikan keras, kaku,
- Bagian dalam basah tapi bagian luar kering, tahan lama hampir 1 bulan dalam suhu kamar.
- Selama penyimpanan itu kita masih menemukan ikan dalam keadaan bersih dan cerah. Padahal untuk ukuran ikan asin normal akan menjadi bau dan busuk.

5. Kerupuk Kulit/ Kerupuk Jangat
ciri-cirinya :
• paling utama ---> YANG BERPENGAWET BAU AMISNYA SUDAH TIDAK ADA.
• Warnanya cerah dan bersih. bahan kimia yang dipakai sama dengan bahan kimia yang di pakai dalam proses penyamakan kulit.

6. Teh Celup
Semua bungkusan teh celup di dalam negeri atau import dari Cina, masih mengandung Clorin. Buat yang belom tau bahaya chlorin, baca aja postingan sebelumnya di poin nomor 7, ttg teh celup. Soo, gimana dong agar penggemar teh bisa menikmati teh dengan aman?

Simple. Kembalilah mengkonsumsi teh tradisional alias teh selain teh celup. Memang sih, tidak sepraktis ngebikin teh celup (kalo teh celup kan tinggal nyelupin kantung teh aja di gelas). Akan tetapi, teh tradisional lebih aman dan sehat dari teh celup. (masih pada ingetkan, cara bikin teh yang bukan teh celup hehehehe). Akan tetapi, jika masihhhh aja nyisa malasnya (hayoooo siapa, ngaku!!!) dan pengen praktis dengan memakai teh celup, anda bisa meminimalisir larutnya zat klorin dalam minuman anda. Yaitu dengan cara: Jangan menyeduh teh celup lebih dari 1 menit di air yang panas. (sampe 3-5 menit) karena, zat klorin diakntungb teh akan larut secara sempurna di minuman anda. Soo, untuk meminimalisirnya, cukup seduh teh celupnya selama 1 menit saja, lalu buang bungkusan teh celupnya dari dalam gelas anda.

7. Roti Kadarluwarsa
Hal ini pun cukup mudah, yaitu langsung beli ke toko bakery yang terpecaya. Karena toko bakery baisa menjual roti fresh from the oven. Memang sih, kasian juga melihat tukang jualan roti di kaki lima, akan tetapi demi menghindari resiko anda membeli roti kadarluarsa atau roti jamuran yang sudah didaur ulang, lebih baik membelinya di toko-toko bakery yang terpecaya (jangan di toko Bakrie, ga bakalan ada roti. adanya malah kartu perdana buat HP). Jika anda kasian sama tukang roti kaki lima yang jualnya anak-anak atau orang tua renta, ya lebih baik beri aja sedekah ma tukang rotinya (tapi jangan beri sedekah jika anda curiga tu tukangnya ngebikin roti daur ulang)
Selain itu, berhati-hati membeli ayam Crispy di jalanan. karena butiran krispinya bisa jadi dari roti kadaluarsa. Kalo mau lebih aman, bikin SENDIRI (hayooooo yang jangan malas masak sendiri!!!!)

8. Telur Palsu

Untuk kasus ini, anda jangan beli telur yang siap dimakan atau sudah matang. Karena telur palsu (telur dari bahan yang berbahaya) biasanya disajikan dalam keadaan matang. Karena telur palsu ini SANGAT sulit dibedakan dengan telur asli jika dalam keadaan sudah matang. Tetapi, ada juga yang nekad menjualnya dalam keadaan masih mentah atau belum dimasak.

Ciri-ciri telur palsu ini adalah:
• Saat mentah:
- Tekstur kulit telur agak kasar, bentuknya kadang-kadang ada beberapa benjolan (bukan kotoran ayam).
- Ada beberapa telur yang lekukannya tidak simetris.
- Cangkang telur dapat dikupas tanpa merobek lapisan tipis telur.
- Perbedaan yang sangat mencolok. Telur asli mempunyai lapisan tipis antara kulit telur dengan putih telur. Telur palsu, selain cangkangnya mudah pecah/ terasa tipis, telur palsu ini TIDAK punya lapisan tipis yang terdapat didalam telur tersebut.

• dipecahkan saat mentah:
- cairan kuning dan putih telur tidak berbau amis, yang asli biasanya ada bau2 amis.
- di salah satu sisi telur tidak ada rongga udara.Telur asli terdapat rongga udara atau bantalan udara yang biasanya dapat dilihat dibalik cangkang telur yang dibentuk oleh lapisan tipis didalam telur tersebut. (yang pernah masak, pasti tau yang Mia maksud hehehehe)
- Kuning telur agak kenyal sulit dipecahkan.

• Setelah melalui proses perebusan:
- Kuning telor tidak berbentuk bulat, bentuknya agak pipih seperti cetakan.
- Kuning telurnya mirip adonan kue,dan posisi kuning telurnya semua sama dan tidak bulat seperti kuning telur alami.
- Kuning telor berada dekat dinding cangkang telur (hampir nempel), telor asli biasanya agak ke tengah
- rasa putih telur seperti jelly agak kenyal (bagi yang tidak cermat tidak akan tau)
- Putih telurnya keras seperti Nata de Coco

Dan yang pasti: HARGANYA MURAH

9. Beras Palsu

Beras yang biasanya dipalsukan adalah beras pandan. Karena beras ini mempunyai harga jual yang lumayan mahal daripada beras biasa. Beras pandan memiliki warna putih dibandingkan beras-beras biasa, sehingga pemalsu memberikan pemutih kepada beras-beras biasa agar warnanya bisa putih seperti ciri yang dimiliki beras pandan. Selain berwarna putih, beras pandan wangi yang asli memiliki ciri utama pada corak atau garis putih memanjang di butiran beras yang bisa diamati dengan mata telanjang. Aroma wanginya juga khas dan bertahan lama meski sudah dicuci. Bila dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang lama, beras berklorin mengganggu fungsi pencernaan, hati, dan ginjal.

Ciri-ciri beras palsu atau memakai pemutih (klorin):
- Warnanya putih bersih dan 'cling'. Beras pandan asli walaupun putih tapi bewarna agak keabu-abuan dan terasa kesat
- Beras pemutih memiliki ciri khas tersendiri yaitu berbau klorin


Selain tips-tips diatas, Mia juga punya beberapa tips-tips untuk mengkonsumsi makanan lainnya
1. Mie Instan.
Makanan satu ini sangat akrab bagi anak kostan atau yang masih bujangan (kalo udah nikah masih juga sering makan mie, kasian de lo hihihihi) Udah bukan rahasia lagi, kalo mie sebenarnya mengandung bahan pengawet, pewarna, bumbu perasa dan mienya di lapisi zat lilin yang dapat memicu kanker lambung dan usus. Bagi pencinta mie, berikut tips untuk meminimalisir (bukan menghilangkan) dari zat-zat berbahay yang terkandung dari mie instan. yaitu, jika anda merebus mie, maka buanglah air rebusan mie tadi. Bersihkan mie yang sudah matang dengan cara membilasnya berkali-kali dengan air yang baru (3-5x bilas dengan air yang sudah diganti) atau sampai zat lilin dalam mie anda rasa cukup hilang dari mie. Hal ini bisa kita lihat dengan cara memperhatikan airnya, apakah sudah terlihat tidak berminyak. Minyak yang mengambang dipermukaan air ini adalah minyak dari zat lilin yang lepas dari permukaan mie.

Mang sih, cara ini rada boros air, tapi demi kesehatan coy. Jangan cuek atau malas jaga kesehatan, daripada menyesal kemudian. Dan ingat, jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan ini. Setidaknya, jika Anda akan mengkonsumsinya lagi, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3(tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi Mi Instan. Karena, menurut penelitian, mie instan baru akan dapat dihancurkan secara sempurna oleh usus, memerlukan waktu tiga hari. Bayangkan jika anda mengkonsumsinya ampir tiap hari, bisa-bisa numpuk tuh mie di perut. Dari Informasi kedokteran, zat lilin yang melapisi mi instan menyebabnya mengapa Mi Instan susah dicerna. Makanya, dengan cara 'membersihkan' mie dengan cara 'mencuci'nya berkali-kali dapat mengurangi kadar zat lilin yang terdapat di mie. Ingat, cara itu baru mengurangi zat lilin, bukan menghilangkannya scr sempurna. Konsumsi Mie Instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker terutama kanker usus.

2. Cincaw (ga pake Laura)
Cincau yang banyak dijumpai biasanya seperti agar-agar, warnanya hijau pekat, kandungan
airnya kelihatan sedikit. Boleh jadi saat pembuatannya, air perasan cincau dicampur bedak.
Bedak disebut sebagai 'bedak keong' karena bentuk bedak seperti keong-siput.Bedak ini termasuk kosmetik murahan yang mungkin juga berbahaya bagi kulit muka. Fungsi bedak membantu 'pembekuan' cincau; hingga hanya diperlukan waktu 2 jam, cincau sudah jadi-mengeras.
Sedangkan jika dibuat tanpa bedak, cincau menjadi keras bisa lebih dari 5 jam. Selain itu juga dari segi kebersihan pembuatan minuman cincau sangat diragukan. Kebanyakan cincau yang banyak dijual dibuat dengan air mentah. Kalaupun mempergunakan air matang harus dicampur dengan air mentah; karena begitulah 'kepercayaan' - Dengan air mentah cincau akan cepat jadi dan bagus bentuknya. Maksud hati mengobati 'panas dalam' malahan sakit perut yang mungkin didapat.

Selain cincau juga gula-sirup pemanis kemungkinan berbahaya. Sirup yang selalu berwarna
merah dibuat dari pewarna tekstil dan juga mungkin ditambahkan gula 'biang' (sakarin) untuk menghemat pemakaian gula murni. Sehingga rasa manisnya agak terasa pahit. Selain harganya lebih murah, pewarna tekstil tampak cemerlang, cerah penampilannya.

Menandai cincau yang berbedak adalah
- baunya yang beraroma daun pandan. Sedangkan cincau asli aroma yang tercium adalah bau daun cincau asli.
- Cincau yang asli bentuknya lembek (sangat berair), jika didiamkan dalam waktu sehari akan
berubah menjadi cairan kembali.
- Cincau berbedak lebih tahan lama dan bentuknya tetap bagus.
- Demikian juga sirup, jika warnanya sangat cerah cemerlang, 'blink-blink' kemungkinan menggunakan pewarna tekstil.

3. Es Batu
Mia pernah membahas tentang bahaya mengkonsumsi es batu di postingan terdahulu, berikut tips-tips perbedaan es batu dari air mentah dan air masak mudah aja.
- Es batu dari air mentah sangat keras dan tidak mudah mencair/ lama mencair diair yang dingin. Sedangkan es dari air masak tidak begitu keras (mudah di kunyah, dan renyah kayak kerupuk) dan mudah mencair/ cepat mencair dibandingkan es mentah di air yang dingin.
- dari segi warna, air es dari air mentah berwarna sedikit buram daripada air yang udah dimasak. Es dari air yg udah dimasak akan berwarna lebih bening seperti kristal. (Perbandingan ini jika air mentah dan air masaknya berasal dari air yang jernih, bukan air dari proses daur ulang dari got)
- Waspadai es yang agak berbau kaporit. Bisa aja es itu dari air dari hasil daur ulang dari air kotor yang dijernihkan dengan kaporit.

Dan lagi... lebih aman pakailah es batu BUATAN SENDIRI.

Fiiiuh.... panjang juga. Jadi keriting ni jari. Sekian dulu yak. Jika ada teman-teman punya tips-tips lainnya (berhubungan dengan perbedaan makanan sehat dengan yang udah di 'utak atik' ma bahan berbahaya) mohon sharingnya ya di bagian komentar.

Minggu, 18 Oktober 2009

Makanan Yang Berbahaya

Myooooo.... dunia semakin lama mang semakin ga aman.

Ini karena peputaran zaman yg makin hedon dan materialis, sehingga orang-orang sering menilai sesuatu dari segi materi. Kebahagiaan, kenyamanan, kesuksesan bahkan cinta pun semuanya di ukur dari segi materi. Maka ga heran, semua orang berlomba-lomba mengumpulkan duit bagaimanapun caranya. Baik secara halah bahkan haram pun dijabanin.

Daging di beri bahan pengawet yg berlebihan seperti formalin, bahkan buah-buahan pun di beri bahan pengawet agar tidak mudah busuk. Sehingga, buah-buahan yg seharusnya menyehatkan malah menajdi sumber penyakit. Roti yang udah kadarluwarsa didaur ulang lagi agar bisa di jual, dan banyak lainnya kasus kecurangan yang dilakukan oleh penjual terhadap konsumen, yg tidak hanya merugikan konsumen akan tetapi juga membahayakan kesehatan konsumen.

Gimana kata om Roma Irama... TER...LA...LUH...Annoyed

Yap... memang sungguh keterlaluan. Semua itu dilakukan hanya untuk satu tujuan yaitu mendapatkan UANG. Untuk benda yg bernama uang itu, mereka rela menggadaikan hati nurani mereka dengan cara membunuh orang lain perlahan-lahan dengan makanan dan minuman yang sudah mereka campur dengan zat yang merugikan bagi kesehatan agar makanan dan minuman itu bisa lebih tahan lama. Demi keuntungan rela melakukan apa aja, yg membahayakan jiwa orang lain RantingRantingRantingSebel bener denger yg kayak gini *pukul ma hammer Hammer Hammer*

Kita sebagai konsumen, harus melangkah dua kali lebih cerdik dari si penjual nakal, dengan cara mewaspadai makanan dan minuman alias ga jajan sembarangan. Walau PASTI, masih ada penjual yang baik, yang tidak mencampurkan jualan mereka dengan zat yang berbahaya, akan tetapi alangkah lebih baiknya kita juga harus terus tetap waspada dalam mengkonsumsi makanan demi kesehatan diri sendiri dan orang yang anda sayangi (ehem... ehem... iklan banget bahasanya)

Berikut daftar makanan yang harus di waspadai:

1. Daging Ayam dan Sapi

Sudah bukan rahasia umum lagi, sebagain besar pedagang sudah mencampurkan daging-daging ini dengan bahan formalin agar lebih awet. Sudah cukup repot kita dengan kasus formalin ini, seakan tidak kehabisan akal (atau EMANG TIDAK BERAKAL) para penjual melakukantrik lainnya demi keuntungan mereka. Tentu kita semua sudah mendengar dengan kata, daging gelonggongan.

Yap, daging gelonggongan ini bukan hanya merugikan konsumen, akan tetapi juga menyiksa si sapi sebelum si sapi akan di bunuh. Di dalam agama, hal ini tentu aja udah perbuatan dosa. Karena, kita melarang menyakiti hewan, bahkan untuk menyembelihnya harus menggunakan pisau tajam, bukan tumpul. Dan langsung memotong urat leher si hewan agar ia langsung mati dan tidak berlama-lama merasakan sakit ketika leher mereka di potong.

Akan tetapi, para oknum ini, malah dengan SENGAJA menyiksa si sapi dengan cara memaksa sapi ini minum sampi 20-30 liter air. Sehingga tubuh si sapi membengkak karena air. Bayangkana ja kita dipaksa minum tu air, apa ga kembung tuh. (oh sapiiii.... malang nian nasibmuuuuunangihnangihnangih). Dengan daging si sai yg penuh air itu, sehingga oknum itu bisa memperoleh keuntungan beberapa gram karena 50-60% daging tersebut isinya pada air smua. Jadi ketika si konsumen memasak daging gelonggongan ini, maka si daging yg tadinya keliatan tebel, jadi kisut dan mengkerut. Selain itu, daging gelonggongan ini mudah busuk dibandingkan daging bukan gelonggongan, makanya tak ayal, peran formalin akan kembali berperan disini, agar daging gelonggongan tsb lebih tahan lama. Double dirugikan kitanya yak...

Selain daging gelonggongan, konsumen juga di henyakkan dengan kasus daging celeng. Yaitu daging babi di samarkan menajdi daging sapi. Rakyat kita yg mayoritas berpenduduk muslim tentu akan sangat dirugikan. Karena daging babi adalah haram bagi umat muslim. Selain itu, daging celeng banyak terdapat penyakit yang merugikan dibandingkan daging sapi.

2. Buah-buhan dan sayur-sayuran
Pestisida adalah racun yang tidak ramah lingkungan karena dapat membunuh makhluk hidup sekaligus mencemari tanah, udara, dan air. Akibatnya, zat kimia yang terkandung dalam pestisida sangat mungkin meracuni orang lain yang tidak bersinggungan secara langsung dengan pestisida. Peptisida disempotkan ke sayuran dan buah-buahan dengan tujuan tidak di makan oleh hama atau membunuh hama yg lagi hinggap disana. ketika petani menyemprotkan pestisida untuk memberantas hama, residu zat kimia akan mengendap pada tanaman dan tanah pertanian. Bila petani memegang tanaman setelah disemprot atau mencampur larutan pestisida tanpa sarung tangan petani dapat terkena iritasi kulit. Udara di sekitarnya pun turut terkontaminasi dan dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan.

Ga cuma dihadapi oleh problema bahaya peptisida. Masalah kebersihan sayuran dan buah-buahn yang akan kita dikonsumsi pun sangat diragukan. Kebanyakan sayur mayur mentah (pernah diselidiki) di supermarket mengandung telur cacing perut karena konon sebelum dibawa ke kota, dibersihkan memakai air selokan di gunung. Air selokan umumnya sudah tercemar tinja berpenyakit (penderita penyakit cacing perut).

3. Seafood.
Hasil tangkapan laut yang umumnya telah mati (ikan, cumi, udang) dimasukkan ke air tawar yang telah dicampur formalin. (ya, sampai sekarang masih terjadi) yang dapat bertahan 2 hari dibanding dengan menggunakan es yang hanya sampai 3 jam. Setelah di darat, seafood tersebut diolah lebih lanjut dengan di cuci dengan H2O2 (peroksida) yang merupakan bahan dasar pembersih lantai. Setelah itu masuk ke pencucian kedua yaitu dengan sabun colek (B29) dan disikat. Hasilnya, seafood tersebut akan terlihat lebih fresh, mengkilap, bersih mengkinclong (bahasa apaan tuh???)

4. Kerang hijau.
Kerang hijau hidup di delta (muara antara sungai / laut). Pada waktu ditangkap umumnya kerang hijau ada di tengah gundukan delta. Gundukan tersebut terjadi karena kotoran yang tersangkut. Sebagian besar terdiri dari tinja manusia dan limbah industri. Kalaupun Kerang hijau dicuci secara benar (tanpa bahan kimia), kerang ini tidak layak santap. Departemen Lingkungan Hidup mencari kerang hijau ini sebagai bahan indikasi kontaminasi logam berat di
sungai. Dan untuk wilayah Jakarta, kerang hijau sangat sarat dengan logam berat. Jadi, sama aja kita makan logam. Mangnya kita kuda lumping apa....

5. Ikan asin / terasi
Sama dengan proses pencucian seafood. Ditambah dengan penggaraman yang dicampur dengan formalin. Jambal roti adalah jenis yang paling banyak diberi formalin karena harganya yang lebih mahal maka jalur distribusi / penjualan nya juga memerlukan waktu lebih panjang.
Bahan dasar ikan asin adalah ikan yang tidak laku dijual. Sebagian besar telah mulai membusuk. Anda seharusnya curiga (kalo engga, perbaiki alarm curiganya deh) kenapa trasi tahan sampai ber hari2. Tentu saja tahan karena pengawet yang ditambahkan cukup banyak.

6. Krupuk
Krupuk putih yang banyak kita jumpai di rumah makan umumnya berwarna putih bersih. Bila proses pembuatan krupuk tidak melibatkan pewarna buatan, maka warna natural krupuk adalah putih jelek, sangat tidak menarik. Celakanya, produsen memilih pewarna yang kuat dan murah. Dan pilihan jatuh pada pewarna textile yang sangat beracun sehingga warna si kerupuk jadi putuh mulus. Seputih Shinzui... (loh???)

Dan yang lebih mengerikannya, tentu teman-teman tahu dengan kerupuk kulitkan? Kerupuk kulit yang renyah, garing dan memiliki rasa yang khas terbuat dari kulit sapi ini telah disabotase oleh oknum2 yang tidak bertanggungjawab. Can U imagine, demi memangkas biaya produksi, mereka tega mengganti bahan dasar pembuat kerupuk kulit ini, dari kulit sapi segar menjadi kulit bekas sepatu kulit , tas kulit atau sendal kulit. Terlebih lagi kulit yg dipakai adalah hasil dr limbah pabrik sepatu, tas dll yang berkulit2 pokoknya, kemudian diproses ulang alias didaur ulang jadi kerupuk kulit trus di jual ke pasar. HIEEEEEEKHHHH.. pliss deh...kebayang kan bau jempolnya busukbusukbusuk.

7. Teh Celup
chlorine adalah senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia, khususnya dapat menyerang syaraf dsb. Chlorine ini banyak dicampur ke bahan baku kertas atau pembungkus makanan. Kertas terbuat dari bubur pulp (kertas) berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pengelantang (sejenis rinso/baycline) senyawa chlorine yang kekuatan sangat keras sekali!Kertas sama dengan kain karena memiliki serat. Kalau anda mau uji benar apa tidaknya, silahkan coba nanti malam bawa tissue ke ruang diskotek atau ke studio foto, lihatlah tissue akan mengeluarkan cahaya saat kena sinar ultraviolet dari lampu disco! Berarti masih mengandung chlorine tinggi. Kertas dengan klorin memang tampak lebih bersih. Karena disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu berbahaya. Tak jauh beda dari racun serangga.

Kalau di negara maju, produk ini harus melakukan proses neutralization dengan biaya cukup mahal agar terbebas dari chlorine dan dapet label kesehatan. Tissue atau kertas makanan dari negara maju yang dapet label Depkesnya tidak bakalan mengeluarkan cahaya tersebut saat terkena UV. Kertas rokok, bahkan ada calsium carbonat agar daya bakarnya sama dengan tembakau dan akan terurai jadi CO saat dibakar. Di Indonesia tidak ada yang kontrol, jadi harap berhati-hati.

Tentu kita semua mengenal teh celup. Nah... kertas pembungkus teh celup inilah yang berbahaya karena mengadnung Chlorine. Apalagi jika teh celupnya kita seduh dalam air panas dalam jangka waktu 3-5 menit, maka zat Chlorine yang ada di kertas pembungkus akan menyebar dalam minuman kita. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker.

8. Roti Kadaluarsa Yang di Daur Ulang Kembali
Dari judulnya aja kita dah merinding. Masak sih, roti yang udah jamuran masih di jual? Hal ini biasanya terjadi pada roti tawardan sejenisnya. Emang sih, ngejualnya ga langsung dipajang gitu. Mana mau pembeli beli roti jamuran. Makanya, si roti mengalami proses make over dulu biar lebih cakep dan ganteng. Dengan cara, roti di sisir dengan cara mengikis sisi yang yang udah jamuran. Setelah itu, si roti akan diolah menjadi roti kering dengan cara memanggangnya lalu dikasih mentega, gula, dibungkus rapi, jadi cantik kembali deh. Atau roti tersebut digiling halus sehingga menjadi bubuk roti. Bubuk roti itu juga sering dijadikan bahan campuran goreng ayam tepung krispi. Dan bahayanya, para pedagang ayam krispi tahu bahwa itu adalah bubuk roti yg udah kadarluwarsa. Tetapi oknum2 penjual ini masih juga membeli bubuk roti kadarluwarsa itu karena harganya biasanya dijual jauh lebih murah.

9. Telur Palsu
Nah... ini dia yang bikin kaget. Bahkan telor yang telah dibikin Tuhan cangkang pelindung yang sempurnapun bisa dipalsukan??? Tau nggak, kalau mengkonsumsi telur palsu tersebut secara terus menerus bakal mengalami penurunan daya ingat, bahkan ginjal dan lever pun jadi korban. Jadi hati-hatilah. 'Putih telur’ palsu ini dibuat dengan melarutkan sodium alginate, tawas, dalam air. Larutan tersebut akan terlihat seperti cairan bening yang kental dan sulit membedakannya dengan putih telur yang sebenarnya. Dan ‘Kuning telur’-nya dibuat dengan bubuk berwarna kuning jeruk yang telah diberi larutan kalsium klorida. Ini akan membuat selaput tipis di luar ‘kuning telur,’ yang akan mengikatnya dengan kuat. Setelah dituangkan ke dalam cetakan plastic yang berbentuk bulat.

Jika ditambahkan tepung kanji atau bubuk kuning telur pada ‘kuning telur’ tersebut, tekstur dari sebuah telur buatan setelah dimasak hampir identik dengan telur yang sebenarnya.Lalu telur tersebut dibentuk dengan sebuah cetakan. Tidak lupa kulit telur juga dibuat. Parafin dan sejenis cairan putih dituang ke dalam telur palsu itu, lalu didiamkan agar kering.Telur buatan ini dapat dijemur dengan sinar matahari atau dikukus. Meskipun muncul gelembung-gelumbung dari telur putih, tapi rasanya sangat mirip dengan telur asli. Kebanyakan telur palsu ini berasal dari Cina, akan tetapi ya ituuuu.... ada beberapa bangsa kita yang ikut2an niru buat ngebunuh bangsanya sendiri secara perlahan demi UANG.

10. Beras Palsu
Udah lauk pauknya disabotase, sekarang giliran makanan pokok kita. Beras. Hiks... Palsunya disini, bukan berarti berasnya dibikin dari bahan buatan kayak telur. Akan tetapi, pemalsuan beras organik. yang harganya lebih mahal karena mempunyai warna yang putih bersih. Beras palsu ini di buat dari beras berkualitas rendah (beras yang berwarna coklat atau kekuningan) lalu beras ini di cuci dengan memakai pemutih atau zat pewarna sehingga tampilan beras menjadi putih bersih layaknya beras mahal. Nah, zat pemutihnya inilah yang berbahya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kanker.

Ya Allah... banyak banget makanan yang berbahaya untuk kita konsumsi ya. Manusia sekarang mang makin edan. Demi mengejar materi, mereka membutakan hati nuarni mereka dengan meracuni makanan-makanan yang merupakan kebutuhan vital bagi semuanya.

Jangankan buat mengganjal perut kelaparan, sehat aja susah...

minum susu pengen sehat eh ada melamin
makan sayur biar sehat, eh kena pestisida, di kasi pengawet
makan tahu, eh ada formalin
makan buah biar sehat, eh di karbit, di kasi pewarna, disuntik pemanis
minuman dicampur pewarna pakaian, air mentah, es buah busuk
makan bakso, baksonya daging tikus... mana saosnya dari pepaya busuk, belum lagi vetsin berlebih...
makan gorengan, eh ada sterofoamnya, atau malahan makanan sisa...
makan daging, eh adanya daging sapi glonggongan
air mineral pake kaporit...
Makan cincaw biar panas dalam diperut adem, malah dicampur pake bedak tabur...

UGYAAAAAA.... lama-lama bisa parno. Soo... masih pantaskah kita menilai materi adalah sumber dari kebahagiaan, keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan?xpastixpastixpasti

Postingan berikutnya, akan mia share tips2 untuk memilih makanan yang aman dan pembeda antara yang palsu dan yang asli. InsyaAllah. See ya...




Sumber: searching di om google

Sabtu, 17 Oktober 2009

ADA BERANI MAKAN NI DUREN???


mau bikin apa ya nyooo~~~

Mmm... berhubung akhir2 ini missband alias kangen band (tulisan bandnya di ilangin aja hehehehe) ma atashi no ototo chan alias my father *hiks nangihnangihnangih* jadi mau ngebahas something silly about duren deh. (lah apa hubungan duren ma my pap coba?)

Jadi begene sodara-sodara. Berhubung, my family especially my father likes duren, and my pap was introducing me with duren alias duda keren hehehe ga lah... (digampar ma bokap bolak balik ke mars). Jadi begini, waktu kecil mia ga suka ma buah durian. Mia ga tau deh kenapa, soalnya seingat Mia, Mia dah cinta banget ma buah satu ini. Tapi menurut saksi hidup alias abang mia, katanya sih waktu kecil, Mia ogah banget ma durian. Jadilah, karena andil si papa, Mia ditularin deh ma hobby beliau satu itu ke Mianya. Makan Durian.

Nah, tadi siang, kebetulan iseng2 pergi kebagian buah di Hypermart, en ketemu deh ma durian Monthong. Jadi keinget si papa. Soalnya beliau belom pernah nyobain durian asal Thailand ini. Mau dibawa pulang sbg oleh2 buat bokap tercinta, pasti bakalan di tendang keluar ma pramugari deh. Kan ga boleh bawa duren (apalagi jengkol and pete) didalam pesawat.

Tapi, kalo boleh jujur (boong juga ga apa2) sebenarnya lebih enak rasa durian kampung atau asli Indonesia dr pada durian Monthong ini. Kayak durian kamang yg terkenal banget di Sumbar. Bijinya kecil, dagingnya tebelllll. rasanya... maknyoooosssss deh. Terus soal bau dan rasanya durian Monthong agak aneh bagi Mia. Tapi ukurannya tentu aja duren kita kalah gede dibandingin Monthong. Yep, setiap ciptaan mang ada kekurangan dan ada kelebihannya.

Nah... Mia keingat ma cerita si papa waktu Mia kecil dulu, kata si papa, ada durian yg lebih enak dibandingin ma durian Kamang nan selalu bikin iler Mia netes itu (ssslllrrrrppp) yaitu Durian Lampung. Si papa sewaktu muda dulu dah banyak mengarungi berbagai daerah di Indonesia (maklum, orang logistik. Jadi ketendang kesana kemari). Kebetulan si papa sempat "ketendang" ngurusin alat2 logistik di daerah Lampung selama seminggu. Disana, ada kejadian yang menarik and rada gross juga. Orang disana makan durian dari pup-nya gajah. HOEEEEEKHHHH

Eits.. jgn throw-out or muntah dulu deh. Gini cerita lengkapnya. Durian lampung, sangat terkenal dengan kelezatan cita rasa duriannya melebihi dari durian-durian lainnya. Bahkan konon, blm ada yg bisa ngalahin rasa durian asal lampung ini baik dr duren daerah manapun dan bahkan dari durian luar negeri sekalipun. Sayangnya, durian asal lampung ini jarang bahkan mungkin ga ada di ekspor keluar daerah lampung (ga tau sekarang gimana deh). Jadilah si papa sbg penggemar durian, tentu aja smangat buat nyicipin durian Lampung saat ditugasin di sana. BEner ga sih, nih durian raja dari rajanya durian? And bener aja, beliau kaget saat nyobainnya, kok duriannya bisa enak banget yaks. Enaknya kerasa bedaaaaa dibandingin ma durian yg selama ini udah dia makan. (kedengarannya mang lebbay, but it's true)

Awalnya, papa mengira mgkn kondisi tanah dan cuaca disana mendukung pertumbuhan durian jadi mantaps. Ternyata, tidak saudara-saudara. Salah satu teman papa di sana ngasih bocoran rahasia kelezatan durian lampung tersebut. Dia mengajak papa pergi ke hutan Lampung, tempat penangkaran gajah Lampung. Dan disana, si papa kaget dan takjub saat tahu rahasianya.

Ternyata, duren yang akan matang (bukan yg matang2 banget) dikasih ke gajah (jangan salah loh, gajah disana doyan duren. dikasih ga dikasih, si gajah bakal tetap 'nyuri' si duren dari po'onnya). Akan tetapi, untuk memakan ni duren, si gajah tentu aja ga memakai metode yg sama kayak kita memakannya, yaitu membelah si duren. Si gajah akan memakan durennya bulet-bulet, seutuhnya, tanpa dibelah terlebih dahulu. Tapi, secara naluri, si gajah tau, kalo memakan duren bulet2 kayak gitu bakal ga bagus buat pencernaannya. Bisa-bisa duri si duren ngelukain ususnya. Maka, si gajah akan menggelindingkan buah durian tersebut diatas rerumputan, sampai rerumputan itu menutupi seluruh permukaan duren secara sempurna. Setelah lapisan rerumputan terasa cukup tebal melapisi si buah duren, baru si gajah melahap bulet2 tu duren yg udah terbungkus sama bola2 rerumputan tadi. Si gajah memakannya tanpa kunyah. langsung main 'Glek' alias langsung telan aja (hebat, ga kecekek gajahnya).

Nah... setelah itu, para manusia (jiaaaaaah....) hanya tinggal menunggu si gajah itu PUP secepatnya dalam jangka waktu tiga hari or paling lama lima hari kemudian, lalu keluar deh tu 'bungkusan' durennya, dan durennya mang UTUH keluar dari perut sigajah tadi (tapi tentu aja rumputnya dah ga utuh lagi. U know become jadi apa... YIEEEEKHHH), terus di cuci kulitnya, terus dibelah, siap disantaph:sweaty:.

Nah... duren yg telah "dierami" dalam perut gajah itulah, yang menyebabkan si duren jadi lezaaaaaaaaaaat banget. Karena tu duren matangnya dalam perut si gajah yang hangat, sehingga membuat si duren lebih lezat dibandingkan dengan duren yg tidak 'dierami' si gajah.

Cukup gross sih, tapi bagi orang-orang lampung yg udah biasa memakan ini, bagi mereka udah biasa2 aja. Dan malahan, bagi yg udah pernah nyicipin nih duren, biasanya dah bisa (atau dengan susah payah melupakan) memakan duren hasil proses si gajah ini n try not to think this duren is come from fresh from the oven alias from the Elephant pup nyahahahaha:scream:

Tapi kata si papa, is worth it to try it. Soalnya, dijamin rasa kelezatannya sangat berbeda dengan durian yg mengalami proses tadi, walau yaaaaa rada gross :sweaty:

soo... Durian's lovers ada yang berani nyoba ga???

Silahkan aja langsung ke TKP ke Lampung, cause biasanya tu duren ga di eksport keluar sih atau siapa yg punya temen di Lampung, minta kirim aja lewat TIKI, siapa tau bisa dikirim tu duren lewat TIKI hehehehe... oh iya, turis2 mancanegara yang berkunjung di Lampung pada doyan loh makan duren hasil dari 'fregmentasi' si gajah ini :please:

Sabtu, 10 Oktober 2009

Kisah Persahabatan Mengharukan Antara Manusia dengan Christian, Sang Singa

Apa yang ada dipikiranmu saat menyebut nama: SINGA.

Kalo di Mia sih, hewan yang cute, gemesin, manis and mempesona (abisnya mirip kucing sih hehehehehe) walaupun begitu, tak jarang banyak manusia yang tidak menghormati dan menganiaya sanga kucing besar ini. Sama dengan nasib hewan buas lainnya, para singa dijadikan sebagai HOBI untuk berburu atau membunuh mereka hanya untuk kesenangan para pemburu yang ingin memacu adrenalinnya. Atau sekedar mengambil anak singa untuk diperjual belikan dipasar gelap atau black market dan induknya dijadikan sebagai pajangan karpet untuk kalangan jetset. Jadi, jangan salahkan jika singa sangat terusik dengan kedatangan manusia yang serakah mengambil wilayah mereka bahkan membunuh mereka.

They are just wild animal. Mungkin begitu banyak orang menilai sang raja hutan atau binatang buas lainnya. Seekor binatang pembunuh, liar, ganas dan suka menyerang manusia (remember the rule of jungle, they WILL NOT attack you, if you not disturb them) Tetapi dengan keegoisan manusia, selalu menyalahkan makhluk lain jika posisi mereka yang disakiti akan tetapi mereka membenarkan tindakan mereka sendiri untuk menyakiti makhluk yang lain.

Christian The Lion, membuktikan bahwa singa mempunyai perasaan yang sama seperti manusia. Mempunyai memory, kasih sayang, cinta, rasa rindu, dan kesetiaan. Fenomena ini sempat menghebohkan para pakar hewan ditahun 70-an. Mereka tidak pernah menyangka bahwa hewan ganas yang dilengkapi dengan insting membunuh, bisa mempunyai ingatan akan masa lalunya dan bisa mengendalikan insting membunuhnya terhadap manusia, yang notabene dianggap musuh oleh hampir segala makhluk buas.

Christian, adalah seekor singa yang menjadi korban kejahatan pemburu gelap yang kemudian diperdagangkan di blackmarket. Sedangkan ansib ibu ata saudara Christian tidak diketahui, apakah mereka juga ikut tertangkap, mati terbunuh atau sudah terjual.

Pada taun 1969, Anthony Bourke dan John Rendall, dua orang sahabat, terkejut ketika menemukan seekor anak singa berusia 6 bulan di toko binatang Harrods yang sedang kesepian. Kondisi bayi singa itu sungguh menyedihkan. Si singa kecil dikurung didalam sebuah jeruji yang sangat kecil. Suara parau sang singa kecil menyentuh hati kedua pemuda ini dan lalu mereka membelinya dan memberikan nama Christian pada bayi singa itu. Mereka bertiga akhirnya tinggal disebuah rumah di London. Mereka pun memperlakukan Christian seperti layaknya sahabat. Mereka bermain bola bersama, makan bersama, nonton bersama dan jalan-jalan bersama. Mereka menjadi tiga sosok sahabat yang tidak terpisahkan.

John, Anthony dan Christian. Saat-saat Bersama

Sampai akhirnya, 9 bulan telah berlalu. Christian telah menjelma menjadi singa dewasa dan lingkungan rumah mereka yang kecil tidak cocok lagi untuk Christian untuk berlari-lari bebas seperti halnya waktu ia kecil dahulu. Ditambah lagi dengan tetangga yang resah dan ketakutan melihat sosok seekor singa jantan besar berlarian dilingkungan mereka. Walaupun sedih, Anthony dan John memutuskan untuk mengembalikan Christian ke Kenya, Afrika, di bawah pengawasan ahli hewan buas untuk mengembalikan sifat alami Christian dari “sahabat manusia” menjadi hewan buas. Jika tidak, Christian tidak akan dapat bertahan di alam liar.

John Dan Anthony Menemani Christian, Saat-saat Akan Berpisah

Selama beberapa bulan Christian di karantina di Afrika, para ahli meminimalisir kontak Christian dengan manusia terutama dengan pemiliknya. Selama itu, kata pengawas, Christian tampak murung dan sedih. Berkali-kali ia mengaum parau, mungkin memanggil kedua majikan sekaligus sahabatnya, John dan Anthony. Meski John dan Anthony ingin menemui Christian, akan tetapi para pakar melarangnya, karena dikhawatirkan dengan keahdiran mereka berdua akan menghambat proses pengembalian insting alamiah singa sebagai hewan liar yang bebas dan ganas.

Akhirnya, Christian berhasil menemukan jati dirinya sebagai seekor singa jantan. Ia pun dilepaskan kealam bebas walaupun masih dipantau oleh para ahli. Awalnya, Christian mendapat kesulitan untuk menentukan wilayah kekuasaannya dan membuat kawanan, karena beberapa wilayah tersebut sudah dikuasai oleh singa jantan lainnya dan tentu saja para singa betina sudah dikuasai oleh para singa jantan tersebut. Christian memerlukan kawanan. Karena seekor singa tidak akan bisa bertahan tanpa kawanan. Biasanya, dalam satu kawanan sedikitnya terdiri dari 3 ekor singa, satu jantan dua betina. Karena dalam kawanan hanya boleh dipimpin oleh satu singa jantan. Semakin kuat sang singa jantan tersebut maka akan makin banyak singa betina lainnya yang bergabung dalam kawanan tersebut. Oleh karena itu, para singa jantan muda akan keluar dari kelompok mereka lalu membentuk kelompok sendiri diwilayah lain.

Inilah masalah pertama yang harus dihadapi oleh Christian. Ia harus membentuk kelompok agar bisa bertahan hidup. Karena, singa tidak akan bisa berburu jika hanya sendirian. Perburuan yang mereka lakukan selalu dalam bentuk kerjasama kelompok yang kompak. Para singa betina bertugas untuk mengejar dan membuat lelah si mangsa, jika mangsa sudah lelah maka sang singa jantan akan melakukan tindakan final untuk mengakhiri nyawa si mangsa dengan menggigit leher si mangsa sampai mati atau istilahnya “finishing touch”. Semakin besar jumlah singa dalam satu kawanan, maka semakin besar ukuran mangsa mereka. Seperti badak, gajah, banteng dan lain-lain.

Oleh karena itu, John dan Anthony sangat mencemaskan keadaan Christian. Karena tidak jarang para singa jantan akan mati dalam perkelahian untuk mendapatkan atau mempertahankan wilayah atau kawanan dengan singa jantan lainnya, atau mati terbunuh oleh mangsa buruan mereka. Jika singa jantan tidak hati-hati dan menyerang si mangsa tidak tepat pada waktunya (si mangsa belum kelelahan) maka tak ayal lagi singa jantan akan mati di banting ke batu ketika mangsanya memberontak saat lehernya digigit oleh si singa jantan, diinjak atau bahkan diserang balik oleh sang mangsa.

Akan tetapi, laporan-laporan yang mereka dapatkan dari si pengawas menunjukkan perkembangan positif yang berhasil dicapai oleh Christian. Christian berhasil mendapatkan kawanan dan bahkan ia berhasil menjadi ketua kawanan yang dalam jumlah yang besar. Perkembangan Christian ini sedikit melegakan hati John dan Anthony. Akan tetapi, mereka tidak bisa membendung rasa rindu mereka terhadap sahabat mereka ini.

Setalah satu tahun lebih mereka berpisah, akhirnya John dan Anthony memutuskan untuk mengunjungi Christian di Afrika. Ahli singa dan pengurus hutan lindung di Afrika mengatakan bahwa Christian sudah hidup bersama singa-singa lainnya dan menjadi liar. Dan pengurus hutan lindung itu juga mengatakan kalau Christian tidak akan mengenali John Rendall dan Anthony. Mereka semua melarang mereka untuk menemui Christian, Karena singa itu tidak akan mengingat mereka lagi dan tentu saja akan mengakibatkan kematian terhadap mereka berdua. Akan tetapi Anthony dan John tidak perduli. Mereka percaya, ikatan persahabatan yang terjalin diantara mereka bertiga sangat dalam. Christian tidak akan menyerang mereka. Christian pasti tetap mengingat mereka berdua.

Akhirnya John dan Anthony berangkat ke hutan Afrika dan berjam-jam mencari Christian. Salah satu orang teman mereka tertarik dengan kejadian ini dan ikut bersama mereka untuk merekam pertemuan ini. Akankah pertemuan ini akan menajdi malapetaka bagi Anthony dan John ataukah Christian memang masih dapat mengingat mereka?

Setelah berjam-jam pencarian, akhirnya mereka menemukan Christian di dekat daerah pegunungan. Teman John dan Anthony yang merekam kejadian ini menahan nafas tegang ketika ia melihat sesosok singa jantan besar yang berlari menuruni batu-batuan disana dan berlari kearah mereka. Hanya John dan Anthony saja yang bersikap santai dan tersenyum lebar seolah-olah menyambut teman lama mereka.

Sesuai dengan dugaan John dan Anthony, Christian tidak melupakan mereka. Christian terlihat sangat gembira melihat dua wajah manusia yang sangat ia cintai itu. Christian bergantian memeluk dan mencium wajah John dan Anthony bertubi-tubi sebagaimana kebiasaannya ketika ia kecil dahulu. Ketiga sahabat dekat itu akhirnya bertemu kembali dan mereka bercengkerama satu sama lainnya selama berjam-jam dan kemudian berpisah lagi.

Melepaskan Rindu, Saat Bertemu Kembali

Ketika John dan Anthony kembali mengunjungi Christian beberapa bulan kemudian, Christian bahkan membawa salah satu istrinya dan memperkenalkannya kepada mereka berdua. Dan ajaibnya, pasangan Christian yang memang sudah terlahir sebagai singa sejati yang tidak pernah berhubungan dengan manusia terlihat tenang dan bahkan ikut bermanja-manja kepada Anthony dan John seperti yang dilakukan oleh Christian.

Hal ini membuat para ahli dan masyarakt Inggris terhenyak takjub. Melihat emosi dan reaksi Christian ini. Mereka sama sekali tidak menyangka seekor singa yang sudah terpisah setahun lebih dan telah menjadi singa liar dan ganas sesuai sifat alaminya akan dapat bersikap “hangat” dan penuh kerinduan terhadap dua orang manusia, mantan majikannya yang hanya menghabiskan waktu 9 bulan bersamanya.

Di bawah ini tag video reunion pertama kali antara John, Anthony dan Christian setelah terpisah setahun lebih. Jika misalnya ga kebuka, liat aja alamat ini (1 menit 17 detik) atau ini (3 menit 5 detik). Jangan lupa, buat cewek siapkan tissue, krn adegan ini sangat menharukan nangihnangihnangihdan banyak bikin cewek-cewek menangis liatnya hehehehe


video
nangihnangihnangih