Kamis, 24 November 2011

Keajaiban Yang Terdapat Di Mekkah

1. Ka'bah

Mekkah, merupakan kota yang paling banyak dikunjungi oleh ummat muslim untuk mengunjungi Ka'bah. Siapa yang tidak mengenal ka'bah ini. Bangunan yang dibangun langsung oleh nabi Ibrahim as dan menjadi kiblat bagi ummat muslim.

Istilah Ka'bah adalah bahasa al quran dari kata ka'bu yg berarti mata kaki atau tempat kaki berputar bergerak untuk melangkah. Ayat 5/6dalam Al-quran menjelaskan istilah itu dg Ka'bain yg berarti dua mata kaki dan ayat 5/95-96 mengandung istilah ka'bah yg artinya nyata mata bumi atau sumbu bumi atau kutub putaran utara bumi.

Dewasa ini, ka'bah tidak hanya menjadi sorotan keagamaan, akan tetapi juga penelitian secara ilmiah oleh para ilmuwan. Adanya penelitian yang dilakukan oleh para ilmuran ketika menemukan sebuah radiasi energi berwarna putih disekitar kota Makkah, yang berpusat di Ka'bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), hal ini terbuktikan ketika mereka mengambil foto planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus. Para peneliti Muslim mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’Bah di di planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.


Di tengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan, ada suatu area yang bernama ‘Zero Magnetism Area’, artinya adalah apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik yang sama besarnya antara kedua kutub. Dan Mekkah ternyata terletak pas ditengah pusat bumi, ditengah-tengah antara dua kutub tersebut.

Itulah sebabnya jika seseorang tinggal di Mekah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, dan tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi. Oleh sebab itu lah ketika kita mengelilingi Ka’Bah, maka seakan-akan diri kita di-charged ulang oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.


2. Hajar Aswad

merupakan 15 pecahan yang ditanam dalam sebuah matriks semen sebagai pengikatnya, yang dilakukan pada masa restorasi al-Utsmani tahun 1631. Dari 15 pecahan, hanya 8 yang nampak di permukaan matrik. Matriks semen selanjutnya dilindungi dengan lingkaran perak, kebiasaan sejak zaman Abdullah ibn Zubair di akhir kekhalifahan Khulafaur Rasyidin.

Hajar aswad diyakini merupakan bebatuan yang berasal dari surga yang anehnya, batu ini mempunyai bau harum yang khas yang masih bertahan sampai saat ini. Rasulullah pernah bersabda, bahwa warna asli dari hajar aswad adalah putih susu. Dosa anak manusialah yang membuatnya berubah menjadi hitam.

Yang pertama kali meletakkan Hajar Aswad adalah Nabi Ibrahim as. Dahulu kala, batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah arab. Namun semakin lama sinarnya semangkin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam. Batu ini memiliki aroma wangi yang unik dan ini merupakan aroma alami yang dimilikinya semenjak awal keberadaannya. Saat ini batu tersebut ditaruh di sisi luar Ka'bah.

Dahulu Hajar Aswad berupa batuan utuh yang diperkirakan berukuran 30 cm. Tapi batu ini sudah mengalami beberapa kali pencurian dan lalu dipecahkan. Salah satu pecahan hajar aswad ini terdapat di museum geologi Inggris yang dipergunakan sebagai bahan penelitian mengenai struktur batu tersebut.

Prior-Hey, seorang geolog, pada tahun 1953 mempublikasikan Catalog of Meteorites yang telah bertahun disusunnya. Hajar Aswad oleh Prior-Hey dianggap merupakan batu meteor (meteorit) sehingga turut dimasukkan ke dalam katalognya. Anggapan Prior-Hey rupanya berasal dari pendapat Kahn, seorang geolog lainnya, yang pada tahun 1936 memang berpendapat Hajar Aswad adalah meteorit aerolit, yakni meteorit yang tersusun oleh senyawa-senyawa penyusun batuan dan tidak didominasi oleh Besi dan Nikel yang berlimpah sebagaimana halnya meteorit besi (siderit)

de Hajar Aswad sebagai meteorit, terakhir kali diangkat Elsebeth Thomsen, seorang geolog dan palentolog Swedia pada tahun 1980. Kali ini Thomsen menggunakan pendekatan tak langsung, yakni dengan menegakkan dugaan bahwa Hajar Aswad kemungkinan besar merupakan batuan yang dibentuk akibat suatu proses tumbukan benda langit, yakni proses jatuhnya meteorit besar (boloid) dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga diikuti pelepasan energi kinetik yang sangat besar sehingga menyamai kuantitas energi yang dilepaskan dalam peristiwa ledakan nuklir.

persamaan dari berbagai penelitian tersebut adalah bahan-bahan yang terkandung didalam hajar aswad memang unik. Komposisinya tidak menyerupai bebatuan yang ada dibumi, sehingga dikategorikan sebagai batu meteorit oleh para peneliti. Akan tetapi anehnya, komposisi dari batu ini tetaplah berbeda dan unik jika dibandingkan dengan komposisi bebatuan meteorit lainnya. Sehingga saat ini disimpulkan, batu hajar aswad ini merupakan batu meteorid yang berasal dari luar tata surya kita karena keunikan komposisi yang dimilikinya yang tidak dimiliki oleh bebatuan baik yang ada dibumi ataupun batu meteor yang sudah pernah dikumpulkan.

Sampai saat ini, para peneliti baik peneliti muslim amupun barat, masih terus meneliti asal usul dari batu ini.

Pecahan hajar aswad yang terkumpul di ka'bah saat ini,

3. Air Zam zam yang tak pernah kering sepanjang masa


Keajaiban air zam-zam ini bermula disaat Siti Hajar yang kehausan ditengah gersangnya padang pasir bersama bayinya, Ismail, yang ditinggalkan oleh nabi Ibrahim atas perintah Allah.

Ditengah rasa haus yang menderanya tersebut, siti hajar berdoa untuk keselamatan dirinya dan bayinya kepada Allah. Allah pun menjabah doanya dengan mengirim malaikat Jibril. Kemudian Jibril menjejakkan kakinya ditempat siti hajar berada. Pijakan Jibril tersebut menimbulkan retakan, dan dicelah retakan tersebut, keluarlah aliran air yang jernih dan menyelamatkan siti hajar dan Ismail dari kehausan.

Dahulu kala, zamzam diambil dengan gayung atau timba, namun kemudian dibangunlah pompa air pada tahun 1373 H/1953 M. Pompa ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air, dan diantaranya juga ke kran-kran yang ada di sekitar sumur zamzam.

Sampai sekarang, aliran dari zam-zam ini masing mengalir tiada hentinya dari abad ke abad lamanya, bahkan sudah diminum berjuta-juta orang yang pergi berhaji kesana dan para penduduk disekitar Makkah. Ketika sumur-sumur sekitar kota Makkah mengalami kekeringan, hanya sumur Zam zam ini yang terus mengalir tiada henti dan dipakai para penduduk di Makkah ketika musim kekeringan melanda sumur-sumur mereka.

 

Sumur zam zam terletak kira-kira 20 meter sebelah timur dari Ka’bah. Sumur zam zam ini mempunyai kedalaman kedalaman sekitar 30.5 meter. Hingga kedalaman 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.Dibawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter (0.5 m) lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air-air di sumur Zam-zam.

Banyak hal yang sudah dikerjakan pemerintah Saudi untuk memelihara Sumur ini antara lain dengan membentuk badan khusus pada tahun 1415 H (1994). dan saat ini telah membangun saluran untuk menyalurkan air Zam-zam ke tangki penampungan yang berkapasitas 15.000 m3, bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram guna melayani para pejalan kaki dan musafir. Selain itu air Zam-zam juga diangkut ke tempat-tempat lain menggunakan truk tangki diantaranya ke Masjidil Nabawi di Madinah Al-Munawarrah. Dan diera modern ini, dipasang pompa listrik agar lebih memudahkan dalam pemakaian sumur zam-zam ini

Komposisi unik air zam zam


inilah yang menjadi pembeda air zam zam dengan air sumur lainnya disekitar Makkah. Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapa dikelompokkan menjadi :

Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).



sumber:
-http://rafiq-database.blogspot.com/2011/07/keajaiban-kabah-mengejutkan-nasa.html#!/2011/07/keajaiban-kabah-mengejutkan-nasa.html

-wikipedia

-http://rovicky.wordpress.com/2011/11/18/hajar-aswad-batu-apakah-kalau-bukan-batu-meteor/
Jejak kakiku pernah berada disini
Didalam kegelapan yang mengukung jiwa
menggeliat berusaha kembali melawan dunia

Kerinduan menggebu kembali mencoba menggenggam cahaya
Yang entah dimana, kapan dan siapa
Yang manakah untukku?
Berada dicahaya atau kembali kegelapan?

Ah... tersenyum luka untuk sang cahaya
Tidak menyadari diri, putih bukan tempatku
Jalan cahaya dan kegelapan tidak akan bisa bersama
Hitam tetaplah hitam

Putih tidak akan mencoreng dirinya dengan hitam
Karena putih tidak mau bercermin kembali kepada hitamnya dirinya dahulu
Sang hitam adalah sebuah cermin yang retak untuk sang cahaya
Yang akan menodai jalannya
Meninggalkan, tertinggalkan, terbuang, tersakiti

Kembali kuberada didalam buaian kenyamanan sang kegelapan
Ternyata itulah kebenaran diriku
Gelap yang dahulu tertinggalkan 
Tersenyum penuh kemenangan

Cinta, harapan, kepercayaan, harapan
Hal membuat manusia kuat tapi juga menghancurkan
Semuanya raib ketika topeng kepura-puraan memasungnya
Tapi sang gelap akan terus merindukan sang cahaya
Dibawah bayang-bayang diam


Minggu, 20 November 2011

Wanita dan Kesendiriannya

            "Setiap manusia mempunyai pasangan."

Begitulah yang dijanjikan oleh Tuhan. Akan tetapi, kenapa ada orang yang tidak mempunyai pasangan atau tidak pernah menikah? Atau kenapa ada perceraian dan tak jarang orang yang setelah bercerai masih tetap sendirian? atau ketika pasangannya pergi darinya atau meninggal, setelah itu ia tetap sendirian.

Terkadang, kesendirian itu adalah pilihan orang itu. Dan juga atas seizin Tuhan. Jika tuhan tidak mengizinkan, walau sekeras apapun tekad seseorang untuk memilih sendiri, tentu tidak akan bisa melawan kehendak Tuhan. 

Tetapi, Tuhan tidak akan merubah  suatu kaum jika bukan kaum itu yang merubahnya

Disini terlihat, bahwa manusia itu mempunyai hak dan kekuasaan untuk memilih takdirnya. Apakah ia akan memilih, mempertahankan, atau meninggalkan pasangannya. Atau ia memilih untuk hidup tanpa pasangannya. Kita bebas memilih jalan apa yang kita pilih, atas seizinNya. Tapi setiap pilihan, tentu mempunyai konsekwensi dan tanggungjawabnya.

Wanita dan Kesendiriannya

Jika  pria memilih untuk tetap sendiri, mungkin tidak akan seaneh wanita yang memilih untuk sendiri. Karena streotipe wanita itu lebih lemah daripada pria, sehingga ia memerlukan seseorang untuk menjaganya. dahulu, saya berpikir, kenapa ada wanita yang tetap memilih hidup dalam kesendiriannya. Apakah mereka tidak mempunyai jodoh? Atau itu adalah keputusannya sendiri?

Jawabannya bisa jadi kedua-duanya. Bisa jadi Allah tidak memberikan ia jodoh didunia ini tapi jodohnya berada di akhirat nanti, makanya hatinya tidak pernah terbuka untuk siapapun. Atau bisa jadi itu karena keputusannya sendiri yang biasanya disebabkan oleh trauma.

Disadari atau tidak. Ada kekuatan tersendiri didalam kesendirian yang dipilih oleh wanita. Walau rasa sepi pasti tidak akan terbantahkan, akan tetapi mereka setidaknya tidak mengalami luka yang diakibatkan oleh pasangannya. Toh, tanpa ada pasangan, mereka tetap bisa melanjutkan hidup mereka. Bahkan lebih aman tanpa ada resiko untuk disakiti lagi oleh pasangannya. 

Banyak wanita single, yang memutuskan tidak menikah, bisa melanjutkan hidupnya tanpa ada pasangan. Bahkan banyak diantaranya mereka wanita yang sukses dan memiliki kelebihan lainnya. Walau hidup dalam kesepian, tapi itu lebih baik daripada disakiti dan disia-siakan oleh orang yang dicintai. Ataupun wanita yang sendiri setelah ditinggal mati oleh pasangannya ataupun mungkin ditinggal pergi begitu saja. Setelah itu, dia memilih sendiri mungkin dikarenakan ia tidak bisa lagi mencintai orang lain setelah pasangan terakhirnya. Begitu juga dengan single mother. Mereka lebih bisa fokus dengan hidupnya sendiri dan anaknya. Tidak ada lagi air mata karena disakiti oleh suaminya. Karena sekuat-kuatnya wanita, mereka mempunyai kelemahan. Yaitu hatinya.

Setiap manusia mempunyai pilihan yang berbeda. Ada yang lebih memilih terluka daripada sendirian. Tetapi ada juga yang memilih jalan sendiri daripada terluka. Karena kebutuhan setiap manusia itu berbeda.

Saya mempunyai seorang teman. Yang walaupun ia berkali-kali disakiti, dikecewakan atau ditinggalkan oleh pasangannya, ia tetap tidak jera untuk terus mencari cinta yang baru. Bahkan, tak jarang tetap memilih bertahan dengan orang yang telah menyakitinya tersebut. Alasannya, ia tidak ingin sendirian.

Makanya tidak jarang, wanita yang sudah disakiti oleh orang yang dicintainya seperti kekasih atau suami, dia tetap bertahan didalam hubungan itu. Selama ia tidak ditinggalkan, ia akan bertahan. Orang lain yang melihatnya, tentu menyarankan untuk meninggalkan pasangan tersebut. Karena hanya banyak membawa keburukan daripada kebaikan. Tetapi, dia ternyata lebih memilih untuk tetap bertahan. Dengan alasan, sudah males mencari dan memulai cinta yang baru, belum tentu jika ia yang mencari yang baru akan memperlakukannya lebih baik dari yang sekarang, atau terlalu takut dengan kesendirian yang nanti akan ia hadapi karena sudah terbiasa menghadapi hari-harinya berdua dengan sang kekasih/suami. Atau ada juga yang bertahan dengan alasan materi (siapa yang akan mencari nafkah untuknya) dan anak. Hidup dimadu pun akan mereka terima, asalkan mereka tidak ditinggalkan.

Bagi mereka tipe ini, kesendirian itu lebih menyakitkan dari apapun.

Tetapi, ada juga beberapa teman yang saya kenal, yang lebih memilih sendiri setelah mengalami kegagalan dalam hubungan. Mereka yang biasanya mengalami trauma baik psikis atau fisik, kehancuran kepercayaan dirinya ataupun kepercayaannya terhadap orang lain, atau tidak bisa lagi mencintai orang yang baru, yang menjadi dasar mereka untuk memilih hidup sendiri.

Mungkin orang lain yang melihatnya akan menyuruhnya untuk mencari seseorang yang baru juga. Toh, masih banyak ikan dilaut. Sebelum menemukan yang tepat tentu akan bertemu dengan yang salah dahulu. Dan masih banyak alasan lainnya untuk menyuruh mereka tidak larut dengan traumanya. Akan tetapi, apa yang kita rasakan, hanya kitalah yang lebih mengetahuinya daripada orang lain yang hanya bisa memahami dan mengerti. Terlebih, kebutuhan setiap orang itu berbeda.

Akan tetapi, bagi mereka yang sudah kehilangan kepercayaan ini, lebih memilih untuk menyendiri dalam melanjutkan hidupnya daripada harus mengalami luka untuk disakiti, dikhianati dan ditinggalkan oleh orang yang mereka cintai lagi dan lagi.

Bagi mereka tipe ini, kepercayaan yang hancur itu lebih menyakitkan daripada kesendirian.

Bagi yang sudah menemukan seseorang yang baik, yang bisa menjaga kepercayaan kalian, yang bersedia melewati suka dan duka bersama kalian, maka hargai lah dan jaga lah dengan baik. Karena tidak semua orang bisa seberuntung dengan apa yang kalian miliki saat ini.

Bagi yang tersakiti, semuanya ada dipilihan kalian. Karena setiap kebutuhan orang berbeda. Ada yang tidak bisa hidup dengan kesepian, ada juga yang tidak bisa hidup dengan perasaan yang tersakiti. Semua itu, sesuai dengan apa kebutuhan kita masing-masing.

Bagaimanapun, hidup itu pilihan. Jadi bertanggungjawablah dengan pilihan yang telah anda putuskan. Jangan menyalahkan ”itu adalah takdir Tuhan”. Tidak, Tuhan menyediakan beragam pilihan untuk kita, yang nanti, kita lah yang memilihnya. Oleh karena itu, apa yang kita pilih, kita lah yang bertanggung jawab dengan resiko dan konsekwensi yang ada. Tidak ada pilihan yang tidak menanggung resiko dan dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan.


Sabtu, 19 November 2011

Balada sang Sampah

Sampah tetaplah sebuah sampah
Mau didaur ulang menjadi benda indah
hakikatnya, ia adalah tetap sebuah sampah
yang suatu hari nanti
akan berakhir untuk dibuang kembali

Terkadang, sampah yang sudah didaur ulang
Menjadi buta
tidak tahu diri
dengan berharap ia telah menjadi indah
jadi ia pantas untuk disimpan dan menjadi barang berharga
tetapi itu hanya permainan sang waktu
seiring berjalannya waktu
ia akan kembali menjadi sampah
sesuai takdirnya

Emas tetap lah emas
permata tetap lah permata
tetap bernilai sepanjang masa
tetapi sampah akan tetaplah sebuah sampah
hanya permasalahan sang waktu
sampai ia akan dibuang kembali

Itulah roda takdir sang sampah
Balada sang sampah yang terbuang