Minggu, 17 Januari 2010

Final Fantasy Crystallis Project: FFXIII, XIII versus dan XIII Agito


WOOOOOOOOOOHOOOOOOOOOOOOOOOO....

Ada berita gembira buat penggemar RPG khususnya penggemar game Final Fantasy. Mungkin para penggemar FF udah pada tau ttg proyek FF terbaru dari square enix. Ga nanggung-nanggung ngeluarin seri ke XIII (13) sekaligus 3 versi berbeda.

Awalnya Mia kira ni game ceritanya bakal berkaitan satu sama lainnya (alias sekuel spt Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2) tapi ternyata ketiga versi ini benar-benar versi yang independen alias ga ada kaitannya satu sama lainnya. Kabar-kabarnya sih ini serial Final Fantasy yang terakhir *hiks... semoga gosip ini ga benar:puppyeyes:*

Ketiga versi Final Fantasy XIII ini merupakan salah satu dari proyek besar Square Enix yang bernama Fabula Nova Crystallis. Dalam bahasa latin, Fabula Nova Crystallis berarti, “The New Tale of The Crystall”. Fabula Nova Crystallis ini terbagi menjadi tiga game: yaitu FF XIII, FF VS XIII, dan FF Agito XIII.
Logo proyek Final Fantasy Crystallis

Karakter dan ceritanya berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, tapi semua game tersebut masih berhubungan erat dengan elemen kristal.Ok, kita kupas satu-satu:

1. FINAL FANTASY XIII (release maret 2010 untuk ps3 dan Xbox)

Tokoh

LIGHTNING

"Merupakan heroine yang terkuat di bandingkan heroine di serial final fantasy sebelumnya." Kata Motomu Toriyama, Director dari FF XIII.


Wah... mendengar pernyataan dari Motomu ini langsung membuat Mia penasaran. She is the the most powerful woman in entire FF series. Wow... Mungkin hal itu bisa kita lihat dari guratan wajah sang Heroine, Lightning, yang berwajah lebih tegas, perpaduan cantik + gagah (agak masculine) di bandingkan para heroine Final Fantasy lainnya seperti Yuna yang lembut, Garneth yang cantik, Rinoa yang imut dan Tifa yang manis.

cantik tapi sekaligus gagah^^

Lightning merupakan tokoh utama di sekuel ini. Namun Lightning ini hanyalah sebuah code name. Dengan dipersenjatai sebuah pedang unik yang dapat berubah bentuk menjadi sebuah senapan mematikan.

And she ready to kicking the enemy ASS so hard. YEAHHH... LIGHTNING RULE!!!


HOPE
Si imut Hope^^ (ni cowok loh) perkiraan umurnya kayak masih 15-17 tahun gitu deh. Sifatnya sensitif. Biasanya tokoh seperti inilah nanti yang menjadi 'bumbu humor' di dalam cerita. (objek bully sama tkoh lainnya. Tapi ini baru perkiraan Mia sih. Soalnya, Hope ini yang termuda dari 3 tokoh lainnya. Biasalah, yang muda biasanya suka di bully ma yang tua T_T)

SNOW

Salah satu team Lightning yang mempunyai sifat bertemperamen dan emosional (hot blooded-guy)

VANILLE

Nah, ini tokoh cewek yang bisa menjadi 'penyegar' mata buat cowok di seri XIII ini. Karakternya imut (like the most of girl in FF series sebelumnya) and of course, sexy^^' tapi bersifat sedikit rapuh (vulnerable). Kayaknya bakal kebalikan dari sifat tokohnya Lightning deh.
Dari penampilannya, Mia nebak ni tokoh yang berperan besar dalam serangan berbentuk magic. Fisik yang weak but make a great deal damage in magic. Its just my opinion, bisa aja hope yg mgkn berperan sbg magical attack di team lightning hehehehe kita liat aja nanti pas gamenya keluar.
Cute kan Vanille-nya^^
Story

Ga banyak yang bisa Mia ceritakan karena belom mainin (ya iyalah releasenya aja baru bulan maret besok). berikut cuplikan story line (hasil contekan) yang mia dapat dari berbagai sumber:

Final Fantasy XIII mengisahkan sebuah dunia yang terdiri dari dua tempat yang berbeda, yakni Cocoan dan Pulse. Cocoan merupakan tempat tinggal ras manusia yang melayang di udara, tempat ini diciptakan oleh sebuah kristal yang superkuat, yang digunakan Fal’Cie (sebuah ras yang bukan dari ras manusia).

Namun, seiring waktu berputar, manusia mulai khawatir dengan keselamatan tempat mereka dari ancaman dunia bawah, yang dihuni oleh para monster raksasa, serangga, mutan, dsb. Tempat tersebut dinamakan Pulse.

Gejala kekhawatiran manusia ini mulai bermunculan, saat beberapa manusia mulai tertular virus yang diyakini berasal dari Pulse. Maka kelompok Holy Government of Cocoon mengkarantina manusia yang telah tertular.

Melihat kecemasan dan kekhawatiran para penghuni Cocoan, Fal’Cie mengutus seorang wanita yang merupakan mantan prajurit terlatih, yang bernama Lightning untuk mengemban tugas menyelidiki kejadian ini.

System Battle

Untuk sistem pertarungannya, FF XIII masih menggunakan sistem pertarungan RPG. Disamping itu, sistem ATB (Active Time Battle) juga bakal ditemukan dalam sekuel ini. Secara keseluruhan, system pertarungannya boleh dikatakan gabungan dari system battle FF VIII, FF X dan Chrono Cross tapi dengan battle motion yang lebih detail. Pertarungan di sekuel ini juga dipoles agar berjalan dengan halus dan cepat, sehingga gamer serasa sedang menonton animasi.

Sebenarnya game Final Fantasy XIII hanya dirilis untuk PS3. Namun kemudian Square Enix mengatakan bahwa FF XIII juga akan dirilis untuk Xbox360. Trailernya bisa di youtube (ketik aja final fantasy XIII trailer). Sorry mia ga bisa tampilin trailernya di sini, soalnya inet lelet euy T____T

pokoknya trailernya KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN banget. Apalagi pas ada adegan airship yang WOW:okay:

2. FINAL FANTASY XIII VERSUS (just for PS 3)


Pembukaan di trailernya, di sambut dengan tulisan dari William Shakespeare

"There is nothing either good or bad but thingkin its makes it so"

Yang ini juga hanya bisa sedikit info yang di dapat. Karena kapan releasenya juga belum pasti. Tokoh yang bisa kita mainkan (APC atau Active Player Character) yang diketahui sejauh ini baru dua tokoh aja. Pihak Final Fantasy Developer dan Square Enix menjanjikan, seri FF XIII versus ini akan sangat MEMUASKAN dengan sungguhan storyline, battle system, motion capture and gameplay yang bener2 keren di bandingkan dengan FF seri lainnya. Makanya ni game bener2 di bikin sesempurna mungkin, dimana penggarapan gamenya sudah di mulai semenjak tahun 2003 (WOW!!! lama banget) hingga sekarang masih dalam tahap penyempurnaan.

TOKOH (yang baru diberitahu oleh pihak square enix ke media)

NOCTIS LUCIS CAELUM ( artinya light of the night sky )

Inilah sang jagoan utama kita, yang mempunyai status sebagai seorang pangeran (hmmm... jabatan yang sangat langka untuk tokoh utama di sepanjang cerita FF lainnya). Keunikan karakter ini, dia mempunyai berbagai 12 pedang yang bisa 'disembunyikan' di dalam tubuhnya (jadi ingat tokoh Ashura dari komik RG VEDA-nya CLAMP) Senjata-senjata itu bukan hanya untuk menyerang, tetapi juga dapat berfungsi sebagai perisai.

Stella nox fleuret' ( artinya star darkness rapier )

Ini adalah heroine-nya. Tapi gimana karakternya dan perannya di game ini, masih belum diketahui.

Battle system

Gameplay game ini adalah action-RPG seperti battle system Kingdom Hearts dan beberapa elemen battle shooting seperti yg terrdapat di Final Fantasy VII : Dirge of Cerberus. Kalo belom ada yang main FFVII: dirge n cerberus ini (yang tokoh utamanya Vincent Valentine), tau game counter strike atau CS yang nembak2 gitu kan? nah mirip2 gitu deh. Jadi ga cuma RPG aja tapia da action (shooting) nya.

Story line

Just like I said, masih sedikit info mengenai story nya. Tapi dari trailer resminya, ada sedikit contekan yang di beberkan di sana.

An isolated nation protected by an ancient line of kings. A modern civilation alive with the Crystal's songs of sword and sorcery.

A lone kingdom fighting to forestallthe outerworld from imposing its heretic order: the strugle for the final crystal is merely a prologue to the chronicles of a new era

Intinya berkisah tentang seorang pangeran yangberasal dari garis keturunan raja kuno (the ancient line of kings) diharuskan menjaga Kristal terakhir di kerajaannya dari kerajaan lain yang ingin menguasainya. Nama karakter utama game ini (pangeran) adalah Noctis Lucis Caelum, dari Kerajaan Caelum. Dalam bahasa Latin namanya memiliki arti “Light of The Night Sky”.

Kehebatan tokoh utama ini bisa di lihat dalam trailer resminya (silahkan liat di youtube lagi^^) yang dimana sang pangeran di serang dengan senapan (gun) oleh puluhan tentara ketika sang pangeran melangkah dengan gagahnya keluar dari kastilnya yang suram. Kemudian para tentara tersebut menembak sang pangeran dengan ratusan peluru. Tapi peluru-peluru ini tertahan oleh 'invisible barrier' yang melindungi sang pangeran. Dengan pandangan dingin, sang pangeran 'men-summon' (memerintahkan) 12 macam jenis pedang yang berada didalam dirinya untuk keluar dan membunuh puluhan tentara itu tanpa ampun. Soo dark opening trailer yet very cool^^.

Berikut screen shoot dari trailernya itu:



3. Final Fantasy XIII Agito (Just for PSP)

Ini juga sedikiiiiiiiiiiiiiiiit banget infonya. Lebih dikit dari yang versus malahan. Nama-nama tokoh utamanya masih belum di beritahu oleh pihak square enix. Tapi pihak square memberikan sedikit bocoran, bahwa di seri Agito ini, kita di beri pilihan satu tokoh utama dari 12 tokoh yang bisa di mainkan nanti (banyak banget).
Inilah ke-12 tokoh yang tersedia yang nanti harus kita pilih salah satunya untuk dimainkan. Senjata setiap tokoh berbeda satu sama lainnya. Ada yang menggunakan pedang, panah,pistol, bare hands alias tangan kosong aja (pure martial arts), double stick, tombak, sihir, bahkan adapula yang menggunakan kartu (mirip ma tokoh Gambit dari X-man yg menggunakan kartu sbg senjatanya^^)

Di antara semua tokoh, tokoh yang mempunyai senjata kartulah yang baru beredar wajahnya secara 3D di internet (dan merupakan tokoh yang diceritakan di dalam trailer resminya. Mungkin dia yang tokoh utamanya di Agito ini)

Namanya ga tau euy... belum dipublikasikan ma square enix-nya^^'

Gameplay-nya mirip dengan FF VII : Crisis Core, tetapi juga menggunakan sistem ATB (Action Time Battle)

Antara excited dan sedih menyambut game-game keren ini. Excitednya, krn ni game kayaknya game yang paling keren di seluruh seri Final Fantasy lainnya (nyiapin ketiga game ini dari tahun 2003 boooo). Sedihnya, ga punya PS3, maupun Xbox dan PSP huhuhuhu ada yang mau minjemin? *di lempar ke laut*

34 komentar:

  1. PERTAMAX! (yeah, gantian) :P

    wah, dah liat trailerx satu2 d YouTube, menurutku kerenan yang FF XIII: versus ah. Why? Alasannya simpel, tokoh utamanya cowok, haha. Kalo FF XIII biasa kn cewe...tp ini kali pertama ya, cewe jd jagoan utamax d FF series. Pasti Mia loncat2 kaya kucing kesenengan :P

    *langsung teleport, bkn kabur lagi. ntar ketangkep bs jadi daging cincang*

    BalasHapus
  2. eh bukan ding, masih ad FF X-2, spin-off dari FF X. Yah, tp kerenan FF X tetep...

    BalasHapus
  3. wah gagal pertamax gan.. paling bagus itu FF VII beneran deh.. itu benar2 hampir menjadi sejarah akhir dari final fantasy.. ehhh ternyata sukses n menghadirkan FF FF yang lainnya.. hehe

    BalasHapus
  4. Raxen>>> setujuh... mang lebih keren FF X daripada FF X-2. imej Yuna berubah hiks T___T

    Aprilins>>> FFVII bukan merupakan akhir dari serial final fantasy. tapi FF yg pertama di bikin movienya dan FF pertama yg punya 6 sekuel kisahnya. ntar mia mau bahas ttg FFVII kok^^

    BalasHapus
  5. Ah kalo liat game gini cuma bikin ngiler, PC yg 1 baru jebol RAM nya huhu sisa 256 buat idup aja dah sukur

    Yang 1 lg dah kepenuhan hardisknya kebanyakan OS yang dipasang ~x(

    BalasHapus
  6. wuih...mantap2 animasinya, kaya manusia beneran aja. gimana yak buatnya???ajari dunk..klu ada yang tahu...

    BalasHapus
  7. saya sempat nonton yang FFIV, rame juga sih filmnya

    BalasHapus
  8. ehhehe siipp tell me if you got finished the FFVII review.. ehhehe

    eeeeeee postingan baru kan ada dibagian intermezzo di halaman depan di tempatku..

    BalasHapus
  9. wah, sayangnya saya gak suka..hehe

    salam

    BalasHapus
  10. weleh2,keren-keren nih miaw..
    hehehehe

    BalasHapus
  11. Walah--walaha....

    ini sih amazing banget..
    ptut ditungtun... eh ditunggu...

    ternyata si miaw maniak game RPG juga yah..
    wakakakaka

    BalasHapus
  12. gambar nya makin kayak manusia asli,, perfect banget...

    ini sih ngalahin pamor Lineage,, wah2...

    Miaw2...

    cobain phonank rasa baru deh..

    udah gak yang dikomplain miaw kemarin,hehehehe

    BalasHapus
  13. ulasannnyaaa panjang sekali
    3D nya canggih amat

    BalasHapus
  14. yang paling aku suka itu gambar-gambarnya mbak... keren abissss....

    BalasHapus
  15. terus-terang saya kurang gerti nih Miaw sama film ini. Eniwei tapi kamu kalo ngulas sesuatu pasti detil. Keren.
    Dan gambar-gambarnya nampak hidup.

    BalasHapus
  16. Dibaca kok Miaw. Cuma keknya ada kan film ff juga. Saya pikir game ini merupakan adaptasinya (apa gamenya dulu baru film). Soalnya kurang paham amayang beginian.
    Lebih nyambung waktu yang ngulas para pemimpin dunia ini. :)

    BalasHapus
  17. kebetulan aku g seneng main game heheheh tapi aku suka loh OST nya hehehe

    BalasHapus
  18. @ Rumah ide>>> Yang film itu, cerita dari Final fantasy VII. dan film itu merupakan cerita lanjutan dri gamenya (gamenya rilis tahun 1997 di ps1. lanjutan kisahnya di jadiin film FFVII:advent children rilis tahun 2006) yg mia bahas itu FF XIII yang cerita dan tokohnya beda dari FFVII. setiap seri Final Fantasy mempunyai cerita dan tokoh berbeda (bukan sekuel) makanya di beri label 1-13 untuk membedakan serinya^^

    BalasHapus
  19. waaaah games lagee nech.... ga punya PS nya cukup baca ceritanya aja dari sini oce.
    Makasih yaa dah mo bercerita tentang games Final Fantasy.
    Sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  20. Wow......lengkap banget infonya ,hehehe...aq suka nich gambar2 Final Fantasi ,tapi klo gamenya lom pernah nyaba :D

    BalasHapus
  21. mampir nih...

    dulu pas di kimochi fest jogja, saya sempet cosplay yang final fantasy XIII agito

    sempet main di PSP juga. game-play nya agak ribet ya. kaya action-RPG nya kingdom hearts...

    *maen ke blog saya di http://theprass.japanesia.org

    BalasHapus
  22. lum pernah main sebelumnya...
    kira2 bisa g y? :D
    graphic keren banget

    BalasHapus
  23. infonya cukup lengkap..makasih yaa

    BalasHapus
  24. meaen game taopi gak kebagian sama anak hehehhe rebutan truss...!infonya harus di tutup nih biar anak saya gak merengek2 minta di belikan games terbaruu...huhuuhhu

    BalasHapus
  25. wahh.. seru neh game yang satu ni :D

    BalasHapus
  26. waaa.. final fantaaasy xiii..
    dah lama banget neh nunggunya.. hehe..
    makasi bangedh buat infonya mia..
    eh lupa, salam kenal ya.. :)

    BalasHapus
  27. Ah, buat PS3,SSSSIAAAAALLLLLLAAAAAANNNNNNNNN...., ngiler doank deh.... GRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR...

    BalasHapus
  28. wahhh mantabbb neh kayanya emang pencinta berat FF ya?????kapan2 coba akh,,,,,

    BalasHapus
  29. eaaaa.....
    final fantasy 13 tokoh utamanya lightning
    di setiap final fantasy....
    sedikit skali tokoh laki2 yg berbadan kekar
    dan bersenjata berat dan mematikan.....
    dan di setiap film final fantasy...
    gaya rambut laki2nya kaya gitu terus....
    gak ada hairstyle yg baru....
    yg paling ku seneng si snow yg di final fantasy 13
    tpi yg gk ku seneng dari snow,sifatnya yg emosional.....

    BalasHapus
  30. wow final fantasy 13
    sedikit sekali tokoh yg posturnya kaya snow di final fantasy....
    tpi setidaknya adalah he he!!!

    BalasHapus
  31. ceweknya cakep2 choooyyy....

    kira2 kalo gw nembak, bakalan ada yang nerima nggak yach...????

    hehehehehehe.....

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks