Rabu, 06 Juni 2012

Kenali Jadwal Kerja dan Sinyal Alami Tubuh Anda


BANYAK dari kita tidak mengetahui jadwal kerja dari tubuh kita sendiri. Kita menggunakan tubuh kita sesuai dengan keinginan kita dan terkadang mengabaikan kebutuhan tubuh untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki/regenerasi dirinya. Bisa jadi karena ketidaktahuan kita bisa jadi kita terlalu sibuk untuk mengejar keinginan sehingga mengindahkan kebutuhan tubuh sendiri. Tak jarang kondisi tubuh kita jadi menurun karena pola makan yang tidak teratur, memakan makanan yang tidak sehat sehingga tidak terpenuhinya gizi, pola hidup yang tidak sehat, dan istirahat yang tidak teratur. Jika hal tersebut terus berlangusng,tentu tidak pelak lagi akan mengundang penyakit untuk bersarang didalam tubuh karena ketidakpedulian kita memperhatikan kebutuhan dan kesehatan si tubuh.

Tubuh kita sendiri mempunyai kedisiplinan yang tinggi dalam melakukan jadwal intern mereka sendiri tanpa kita sadari. Terlepas kita sebagai sipemilik tubuh 'mau' membantu atau tidak situbuh untuk mengerjakan tugasnya dalam memenuhi kebutuhannya baik dari makanan ataupun dari istirahat. Mereka akan tetap terus bekerja sesuai dengan fungsinya.

Oleh karena itu, agar si tubuh dapat bekerja secara optimal, kenalilah jadwal kerja tubuh kita dan memperhatikan asupan gizi untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukannya untuk agar tetap fit, Dan tak jarang pada jam-jam tertentu tubuh kita mengirimkan sinyal-sinyal jika ada bagian tubuh yang sakit:

Pagi menjelang sore

Pukul 07.00-09.00 Lambung sedang bekerja optimal. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Minum jus saat perut kosong akan mudah diserap tubuh. Selaput jantung pada jam ini sedang bekerja secara minimal.

Pukul 09.00-11.00 Limpa sedang bekerja maksimal. Ia menyalurkan cairan nutrisi ke seluruh tubuh untuk energi pertumbuhan. Jika saat ini terasa mengantuk berarti fungsi limpa anda sedang lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Pukul 11.00-13.00 Jantung sedang bekerja maksimal. Sebaiknya gunakan waktu untuk beristirahat, hindari panas, olah fisik yang berat dan kegiatan yang menimbulkan emosi. Terutama bagi mereka yang mengalami gangguan pembuluh darah. Kandung empedu pada waktu ini sedang bekerja minimal. Bagi penderita penyakit jantung, dianjurkan minum obat jantung saat jam 11.00-15.00 karena jantung sedang bekerja optimal.

Pukul 13.00-15.00 Hati sedang bekerja minimal. Saat ini darah merah berkumpul di hati. Dan terjadi proses regenerasi sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal penyakit. Usus kecil sedang bekerja maksimal pada jam ini. Waktu yang tepat untuk makan siang.

Pukul 15.00-17.00 Fungsi paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh butuh istirahat untuk pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Pada jam ini kantong kemih juga bekerja maksimal.

Malam menjelang pagi

Pukul 17.00- 19.00 Ginjal sedang bekerja maksimal. Jam ini baik untuk belajar karena sedang terjadi proses pertumbuhan otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang. Organ usus besar sedang bekerja minimal.

Pukul 19.00-21.00 Lambung bekerja minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna. jangan mengonsumsi makanan berat namun jangan melewatkan makan malam karena lambung tetap bekerja meski ringan. Jadi pilihlah makanan ringan. Pada jam ini selaput jantung bekerja maksimal.

Pukul 21.00-23.00 Limpa sedang bekerja minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil dengar musik menenangkan jiwa atau mengaji untuk yang muslim. Jika tubuh berada dalam keadaan rileks disaat jam ini maka akan dapat meningkatkan imunitas tubuh (terjadi detoxifikasi tubuh di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening)secara alami saat badan dalam keadaan rileks)

Pukul 23.00-01.00 Jantung bekerja minimal.Sebaiknya sudah tidur. Begadang akan melemahkan fungsi jantung. Selain itu, kantung empedu juga sedang bekerja maksimal JIKA tubuh dalam kondisi tidur pulas. Jika belum dalam keadaan tertidur pulas, maka proses pengeluaran racun/detoksifikasi akan terganggu (tidak maksimal). Jika Anda memaksa tetap bekerja atau begadang, fungsi jantung dan hati akan melemah

Pukul 01.00-03.00 Hati/liver berkerja maksimal yang juga berlangsung jika dalam kondisi tertidur pulas. Terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Jika anda merasa bagian liver terasa nyeri atau sakit, maka kemungkinan ada luka atau kerusakan didaerah liver anda (dan sayangnya liver baru memberikan sinyal 'sakit' disaat keadaan liver sudah dalam kondisi rusak stadium 2 atau 3). Jam ini usus kecil bekerja minimal.

Pukul 03.00-05.00 Paru-paru bekerja maksimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila fungsi paru-paru terganggu akan memicu batuk dan bersin-bersin bagi penderita penyakit paru-paru atau batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran. Yang paling baik adalah pada waktu ini kita bangun dan menghirup udara pagi yang masih segar Lakukan olah nafas. Kandung kemih sedang bekerja minimal.

Pukul 05.00-07.00 Usus besar bekerja maksimal. Biasakan buang air besar teratur. Ginjal sedang bekerja minimal Untuk bekerja kita tentu butuh energi dari makanan.


Jadwal makan yang baik

Di pagi hari porsi makannya berat, siang hari ringan tak terlalu kenyang, malam boleh tidak makan. Sarapan di pagi hari sangat penting, untuk bekal energi sepanjang hari. Saat yang tepat untuk sarapan yaitu pukul 07.00-09.00 pagi ketika lambung sedang bekerja optimal. Waktu makan siang yang bagus pukul 01.00-03.00 siang. Untuk waktu makan malam sebaiknya pukul 7-9 malam, akan tetapi jangan mengonsumsi makanan berat. Jadi pilihlah makanan ringan karena lambung sedang tidak optimal bekerja.


Sinyal alami tubuh 

Untuk minum lebih baik yang hangat. Bagus untuk paru-paru karena organ ini sifatnya hangat, tak suka terlalu dingin atau terlalu panas. Tubuh kita ini sifatnya panas. selain itu, ikutilah sinyal tubuh yang disampaikan oleh tubuh anda. Manusia secara alamiah punya sinyal jika membutuhkan sesuatu untuk dimakan

Jika anda merasa SANGAT membutuhkan minuman dingin, berarti tubuh bagian dalam sedang dalam keadaan panas. Untuk mendinginkannya, tentu saja tubuh menginginkan minuman yang dingin. Akan tetapi, jika sekedar meminum minuman dingin tidak akan mendinginkan tubuh bagian dalam anda karena hanya bersifat sementara. Tubuh yang terasa sedang panas lebih baik banyak makan sayuran dan buah-buahan yang mempunyai kandungan banyak air seperti melon, semangka, brokoli, kubis, salada air, kembang kol dan lain-lain. Karena sayuran dan buah-buahan mempunyai sifat dingin, apalagi kerap disimpan di kulkas.

Kalau kita bekerja di lingkungan ber-AC, tentu tubuh menginginnya minum yang hangat. Ikuti saja naluri tersebut.

Begitu pula mengenai rasa makanan bisa menjadi sinyal apa yang terjadi didalam tubuh anda. Rasa manis fungsinya menguatkan limpa. Rasa asin menguatkan ginjal. Jika ingin merasakan pedas pertanda paru-paru sedang lemah. Ingin merasakan pahit, jantung sedang lemah. Ingin merasakan asam, pertanda hati sedang lemah.

Makanan yang sehat dan selaras, lima rasa (manis, asin, asam, pahit, pedas) harus seimbang





sumber: http://arumsekartaji.wordpress.com/2011/09/22/perhatikan-jadwal-makan-setiap-hari/
            http://fhanincredible.wordpress.com/2011/03/14/
            http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/04/15/aturlah-jadwal-dan-porsi-makan-anda-agar-tetap-langsing-dan-berenergi/

17 komentar:

  1. Subhanallah. Terima kasih. Sangat bermanfaat. O ya ada ga waktu2 yg cocok buat mellukan olahraga??

    BalasHapus
  2. Wah sangat bermanfaat banget. Terima kasih mia. Eh sekalian korelasinya dengan waktu2 yg tepat buat olahraga donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk olahraga lebih baik dipagi hari karena udara masih segar dan tubuh lagi fresh2 nya karena baru bangun tidur dan telah melalui proses detoks selama kita tidur terutama untuk paru2. kecuali jika ingin olahraga di malam harinya, sebaiknya dibawah jam 9 atau jangan melewati jam 9 karena organ dalam tubuh mulai menurun kinerjanya jadi untuk jam 9 malam ke atas tubuh lebih baik dalam keadaan rileks :)

      Hapus
  3. met pagi mba,,,postingannya bermamfaat bgt,, pas banget. karena aku kurang menjaga hal-hal yagn seperti diatas, makan gak teratus :)
    makasi ya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mie, sama aja kitanya hahaha... pantesan pencernaannya ga gitu bagus. ternyata lambungnya ada jam kerjanya jg :) mesti perbaiki jadwal makan dan istirahat nih^^

      Hapus
  4. ane catet dulu, sering terlewatkan hal penting seperti ini #ambilpensil,
    makasih sharenya;
    nah kalo lagi patah hati, biasanya penginnya makan yang asin apa pedes bu?
    #kabuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen makan alkatro wqwqwqwq

      Hapus
  5. Wah...kebetulan hobby makan malam ni, kurang bagus kayaknya ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama pak, kl udah begadang bawaannya pgn ngemil aja hahaha

      Hapus
  6. jadi efek begadang itu melemahkan jtg dan hati, hmmm harus dikurangi begadangnnya nih :) tq 4 share.

    BalasHapus
  7. Ternyata jadwal kerja tubuh lebih sibuk ketimbang jadwal kerja gue.
    Memang harus benar-benar diperhatikan dan mengenali betul bagaimana cara tubuh kita bekerja. wah mia, postingannya sangat mengingatkan sekali buat phonank, yang sudah cuek banget akan mengurus kesehatan diri sendiri. :)

    Mia apa kabar nih?? sekarang dah berjilbab yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat yg dah kuliah ma kerja suka bernatakan tuh jadwal nya :))

      alhamdulillah baik2 aja. pho kemana aja nih, sjk kerja sibuk bgt kyknya hehehe

      Hapus
  8. bisa di copas.. nih.. jam biologis..tubuh kita...

    BalasHapus
  9. bagus artikelnya...makasih udah share yaa...jadi tahu kondisi tubuh kita ya sekarang...:)

    BalasHapus
  10. pyrokinesis sepertinya juga keren ya :D

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks