Rabu, 11 Maret 2009

Tanda-Tanda Kiamat (Part 2)

Sekarang Tanda Kiamat Besar


Sebenarnya, ada beberapa versi tentang kiamat besarnya. Maksud mia versi ini, bukan jumlah atau perbedaan cerita. Tapi perbedaaan urutan. Dan perbedaan urutan ini pada urutan keluarnya asap/ Dukhan, tetntang terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang/ Al-jassasah dari perut bumi.

Ada yang mengatakan, awal dari kiamat adalah munculnya asap/ Dukhan selama 40 hari. Dan asap ini hanya menyebabkan flu saja bagi kaum muslimin tapi mematikan bagi kaum kafir. Tapi, ada juga yang mengatakan, bahwa munculnya asap/ dukhan ini adalah sebagai tanda ke enam. Di mana asap ini mengakibatkan kematian bagi seluruh kaum muslimin. hal ini sesuai dengan janji Allah, bahwa para umat muslim tidak akan menjadi saksi terjadinya peristiwa yang paling mengerikan yaitu kiamat. Hany orang kafirlah yang di berikan Allah pemandangan yang mengerikan waktu kiamat. Berpijak dari sinilah, ada yang berpendapat, bahwa Allah mematikan semua umat muslim melalui Dukhan ini.

Ada juga pendapat lain, bahwa bukan dukhanlah yang menjadi awal tanda kiamat besar (dengan meletakkan dukhan ini menjadi tanda ke enam). Tanda pertama adalah terjadinya terbit matahari dari barat. Dan saat peristiwa ini terjadi, pintu tobat manusia di tutup oleh Allah/ Allah tidak menerima manusia yang meminta tobat lagi. Na'udzubillah mindzalik.

Nah, kalo terbitnya matahari dari barat, tentu dengan sendirinya munculnya binatang dari perut bumi yg bisa bicara, menggunaakn tongkat nabi Musa dan cincin nabi SUlaiman, muncul memperingati manusia bahwa klamat sudah dekat. Karena kemunculan binatang ini adalah di hari ketika terjadinya matahari terbit dari barat ini. kejadian ini hanya berlangsung satu hari, kemudian biantang ini kembali amsuk ke dalam perut bumi dan tidak muncul kembali. Nah, ada yang berpendapat munculnya makhluk ini ada di tanda ke tiga( dengan urutan Dukhan yang pertama). Tapi bagi yang berpendapat Dukhan urutan keenam, dengan sendirinya matahri terbit dari barat dan munculnya bianatang ini jadi tanda 1 dan 2.

Wallahu alam. Bagi ada yang punya pendapat mengenai hal ini, mohon pendapatnya. Bagi2 ilmunya hehehehe.

Untuk saat ini, Mia berpedoman urutannya berdasarkan dari riwayat HR. Muslim no. 2901, Abu Dawud no.4311 dan at-Tirmidzi no. 2184:

Adapun sunnah maka hadis riwayat Muslim dan lainnya dari hadits Hudzaefah bin Usaid Al-Ghifari berkata, “Rasulullah saw melewati kami, sementara kami sedang berbincang-bincang. Beliau bertanya, ‘Apa yang kalian perbincangkan?’ Kami menjawab, ‘Kiamat’. Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya ia tidak akan datang sehingga kalian melihat sepuluh tanda sebelumnya’. Lalu beliau menyebutkan dukhan (kabut), Dajjal, binatang bumi, terbitnya matahari dari arah barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga pembenaman: pembenaman di timur, pembenaman di barat dan pembenaman di jazirah Arab, dan yang terakhir adalah api yang menggiring manusia ke Mahsyar mereka.” (HR. Muslim no. 2901, Abu Dawud no.4311 dan at-Tirmidzi no. 2184).

1.Keluarnya Asap/kabut
ini bukan asap sembarang asap. Bukan sulap bukan sihir dan bukan juga hasil dari pembakaran hutan. ingat, kiamat besar ini bukan peristiwa ecek2 yang bisa dikaitkan dengan peristiwa biasa terjadi, tapi peristiwa besar dan bersifat luar biasa (jangan nyamainnya dengan tanda kiamat kecil yang bisa diartikan dengan pemahaman akal)
Firman Allah “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata.”
Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim berkata, “Sabdanya saw tentang tanda-tanda Kiamat, ‘Kiamat tidak datang sehingga sebelumnya kalian melihat sepuluh tanda, di antaranya dukhan dan Dajjal.” Hadits ini mendukung pendapat yang mengatakan bahwa dukhan adalah dukhan yang menyerang nafas orang-orang kafir dan menyerang orang mukmin dalam bentuk influensa dan bahwa ia belum tiba, ia akan terjadi menjelang hari Kiamat. Sementara pendapat yang lain dinyatakan oleh Hudzaefah, Ibnu Umar dan Hasan. Dan Hudzaefah meriwayatkan dari Nabi saw bahwa dukhan ini berlangsung selama 40 hari

2 Munculnya dajjal

Sabda Rasulullah saw :
“Tiada akan datang hari kiamat hingga dimunculkan dajjjal dajjal pendusta, sekitar tiga puluh jumlahnya, kesemuanya mengaku sebagai utusan Allah, dan hingga tercabutnya ilmu, dan kerap kalinya gempa bumi, dan semakin dekatnya waktu, dan munculnuya fitnah fitnah, dan banyaknya pembunuhan, dan kemudian berlimpahnya harta pada kalian”
(Shahih Bukhari)

Maksudnya jumlahnya kira – kira bisa lebih atau kurang dari 30, kata Rasul Saw. Disini menunjukkan ada ikhtilaf mengenai jumlah dajjal - dajjal yang akan datang ke muka bumi. Tadi apa ciri – ciri mereka?
semuanya itu mengaku Rasul, mereka itu mengaku Nabi bahkan tuhan, itu ciri dajjal - dajjal pendusta. Itu kalau kita hitung jumlahnya kata Rasul Saw kira - kira 30. Demikian sabda Nabi Muhammad Saw. Kita sudah lihat sekarang, walaupun kita belum menghitungnya di Indonesia sudah sedemikian banyaknya ada di India, Pakistan, Yordan, Saudi dan dimanapun banyak yang mulai mengaku sebagai Nabi dan ini tanda – tanda hari kiamat.mereka digelari dajjal – dajjal pendusta. Dan Dajjal yang paling besar kelak yang muncul di akhir zaman. dajjal2 kecil ini merupakan pembuka jalan bagi kemunculan Dajjal yang sesungguhnya.

Sebelum munculnya Dajjal besar ini, Imam Mahdi sebagai keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW, (Imam Mahdi ini dari beberapa hadist yang shahih adalah merupakan anak dari cucu nabi Muhammad. Al Hussain, yang sampai saat ini masih hidup. Tapi Allah belum memberikan izin baginya untuk muncul kecuali sampai waktu yang telah ditetapkan Allah), muncul untuk memerangi dajjal-dajjal kecil, dan membaiat atau meluruskan kembali akidah-akidah para muslim yang sudah mulai terhasut fitnah dajjal kecil, untuk kembali ke ajaran islam yang sesungguhnya. Ajaran islam yang disampaikan oleh Allah melalui anbi Muhammadn. Setelah munculnya Imam Mahdi, barulah muncul Dajjal yang sesungguhnya yang kelak, akan mati terbunuh di tangan nabi Isa As.

Dajjal adalah seorang manusia juga dan merupakan keturunan Bani Adam. Ia keturunan Adam, tubuhnya gemuk, kulitnya merah, rambutnya keriting dan lebat, matanya buta sebelah, seperti buah anggur yang tersembul. Di antara kedua matanya terdapat tulisan ka fa ra. Sifat sifat inilah yang sangat nampak, sehingga jika ia muncul maka setiap orang yang beriman akan mengenalinya dan tidak terfitnah olehnya.

Ia merupakan fitnah terbesar yang akan dihadapi kaum muslimin. Tidak ada fitnah yang lebih dahsyat darinya. Masa hidup Dajjal di bumi untuk menyebar fitnah adalah 40 hari. Satu hari pertama seperti setahun, satu hari kedua seperti satu bulan dan satu hari ketiga seperti satu pekan, hari berikutnya sama seperti hari-hari biasanya.

Dajjal tampil di hadapan manusia diakhir zaman nanti dengan mengaku bahawa dirinya adalah “Tuhan”. Ia berusaha menyebarkan fitnah di kalangan seluruh umat manusia agar meninggalkan agama mereka yang benar, iaitu ajaran Islam yang telah disebarkan kembali oleh Imam al-Mahdi a.s.. Cara penampilannya ialah dengan menunjukkan peristiwa-peristiwa yang luar biasa yang dapat dilakukan olehnya dan banyak sekali keajaiban-keajaiban yang dipertontonkan melalui kedua tangannya. Sebahagian orang ada yang terpikat, tetapi orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya, pasti akan ditetapkan oleh Allah Ta’ala hati-hatinya, sehingga tidak akan terpikat sama sekali oleh ajakannya yang sesat itu dan tidak akan terpesona oleh keistimewaannya yang menggiurkan. Ringkasnya orang-orang mukminin tidak akan tertipu sehingga sanggup mengikuti kesesatan-kesesatan yang dipropagandakan.

Dajjal akan keluar dari arah Timur, dari Khurasan kampung Yahudiyah kota Ashbahan, ia akan keluar mengembara ke seluruh penjuru dunia. Ia akan keluar bersama 70.000 Yahudi yang menggunakan pakaian jubah tidak berjahit. Maka tidak ada satupun negri yang tidak dimasukinya kecuali Makkah dan Madinah, kerana kedua kota itu selalu dijaga oleh Malaikat.

Sampai disini Rasul Saw berkata maka akan berguncang Madinah dengan 3 kali gempa. Madinah tidak pernah gempa,sepanjang Rasul Saw masuk ke Madinah Al Munawwarah di hari hijrah sampai akhir zaman Madinah tidak pernah gempa terkecuali saat itu, saat datangnya dajjal ke depan Madinah Al Munawwarah. Disaat itu Madinah gempa dengan 3 kali guncangan maka keluarlah semua orang kafir dan munafik. Maka berkata Imam Ibn Hajar di dalam kitabnya Fathul Baari bi Syarah Shahih Bukhari bahwa di saat itu semua Rasul mengatakan munafik, fasiq, kafir, semua keluar dari Madinah kecuali orang – orang mukhlisin, orang – orang yang mencintai Rasul Saw tidak bergeming dari Madinah Al Munawwarah. Sebagaimana kita ketahui, sampai saat ini banyak orang musyrik, fasiq, ada di Madinah dan mereka akan keluar di saat guncangan 3 kali sehingga mereka keluar diikuti dajjal,

3. Keluarnya binatang bumi (Al Jassasah)
“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82)

Binatang melata yang dikenali sebagai Dabatul Ard ini akan keluar di kota Mekah dekat gunung Shafa, ia akan berbicara dengan kata-kata yang fasih dan jelas. Dabatul Ard ini akan membawa tongkat Nabi Musa A.S dan cincin Nabi Sulaiman A.S.
Apabila binatang ini memukulkan tongkatnya ke dahi orang yang beriman, maka akan tertulislah di dahi orang itu ‘Ini adalah orang yang beriman’. Apabila tongkat itu dipukul ke dahi orang yang kafir, maka akan tertulislah ‘Ini adalah orang kafir’.

Menariknya, binatang ini diperkirakan keluar disaat waktu dhuha menjelang dzuhur dihari ketika peristiwa matahari terbit dari barat. Setelahmakhluk ini keluar dari perut bumi dan memperingati manusia tentang kiamat akan datang dan mencap kening orang2 dengan tanda kafir dan beriman, maka makhluk ini kembali masuk kedalam perut bumi (kala menjelang senja) dan tidak pernha keluar lagi.

Kehadiran binatang ini hanya muncul sekali aja dan ga pernah keluar lagi. dan munculnya hanya pada waktu matahari terbit dari barat. Jadi peristiwa matahari terbit dari barat ini hanya terjadi sekali saja, lalu besok2nya matahari kembali terbit dari arah Timur. Wallahu alam. Semuanya itu hanya Allah yang tahu.

4. Terbitnya matahari dari tempat terbenamnya
Terbitnya matahari dari barat –sama dengan tanda-tanda Kiamat yang lain– adalah perkara yang telah ditetapkan oleh al-Kitab, sunnah dan ijma’.

Firman Allah, “Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelumnya atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” (QS. Al-An’am: 158)

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw bersabda, “Kiamat tidak datang sehingga matahari terbit dari barat. Jika manusia melihatnya maka mereka semua beriman.”

Allamah Al-Qurtubi dalam at-Tadzkirah menjelaskan alasan ditolaknya iman pada hari itu, dia berkata, “Para ulama berkata, ‘Iman tidak berguna bagi pemiliknya pada waktu matahari terbit dari barat karena ketakutan hebat yang menyelimuti hatinya. Di mana ketakutan ini memadamkan semua syahwat jiwa dan meluruhkan seluruh kekuatan tubuh. Maka seluruh manusia –karena mereka telah yakin Kiamat di ambang pintu– menjadi seperti orang di mana kematian telah berada di pelupuk mata. Dalam kondisi demikian dorongan-dorongan kepada kemaksiyatan telah hilang dan luruh dari mereka. Maka barangsiapa bertaubat dalam kondisi ini maka taubatnya tidak diterima sebagaimana taubat orang yang maut telah berada di pelupuk matanya’.”

Ada yang bertanya, ga mungkin matahari terbit dari barat. Kan bisa menyebabkan kacaunya sistem peredaran seluruh planet. kok bisa matahari terbit dari Barat??? Jawabannya mudah, apa sih yang ga bisa ma Tuhan. Ngebikin langit beserta seisinya aja Tuhan bisa, apalagi cuma membalikkan peputaran dunia. KUN FA YAKUN. Kekuasaan Tuhan jangan dipahamin dengan akal dan science, ga akan bisa otak kita menjawabnya. akal dan science hanya bisa menjawab sebagian keciiiiiiil dari kekuasaan Allah. Apalgi, inilah yang dijadikan oleh Allah sebagai pertanda kiamat besar. Hal yang ga mungkin, jadi mungkin oleh Allah. Bukankah sudah banyak hal-hal yang ga masuk akal yang dijanjikan oleh Allah sebagai pertanda kiamat besar? Hal ini menunujukkan kekuasaan Allah kepada kaum-kaum kafir. Seolah-olah Allah berfirman kepada kita, "Inilah pertanda yang telah Aku peringatkan kepada kamu, tetapi kamu mengingkarinya". Dan ketika janji Allah ini terjadi, sayangnya, pintu taubat sudah ditutup oleh Allah. Makanya, bertobatlah sebelum pintu taubat di tutup oleh Allah

5. Turunnya Nabi ‘Isa bin Maryam (setelah “40” hari dajjal di bumi)
Setelah 40 hari ad-dajjal sesungguhnya muncul di bumi, maka nabi Isa pun turun untuk memenuhi janji Allah, yaitu membunuh Dajjal.

Tatkala Dajjal melihat Isa, maka tubuhnya meleleh seperti melelehnya garam dalam air, kemudian ia terbunuh oleh nabi Isa dengan pedangnya di pintu Lodd. (Majma?u Zawaid: 7:344)

Begitu ‘Isa dilihat oleh dajjal, dajjal pun melele seperti garam yang meleleh di di air. Kemudian dajjal melarikan diri, akan tetapi ia dihadang oleh Isa di pintu kota Lud di Palestina. Nabi Isa berkata kepadanya :”Sesungguhnya aku berhak untuk menghajar kamu dengan satu pukulan.” Lalu Isa as. menombak dan membunuhnya, maka Isa as. memperlihatkan kepada semua orang darah dajjal di tombaknya. Maka tahu dan sadarlah para pengikut dajjal dari kalangan Yahudi , bahwa dajjal bukanlah Allah. Jika benar apa yang didakwakan dajjal(dajjal mengaku sebagai tuhan) tentulah dajjal tidak akan dapat dibunuh oleh Nabi ‘Isa.

6. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Yakjuj dan Makjuj ini merupakan dua bangsa bukan individu. Sejarah bangsa Yakjuj dan Makjuj ini ada dua versi. Versi pertama, bangsa ini merupakan keturunan Adam AS dan hidup di zaman nabi Adam (kebayang banyaknya anak cucu nabi Adam dan panjangnya umur beliau sehingga sewaktu beliau aamsih hidup, manusia sudah banyak sehingga bisa membentuk suku-suku bahkan bangsa-bangsa). Versi kedua; mengatakan bahwa bangsa ya'juj dan Ma'juj ini adalah keturunan dari nabi Nuh As. Nabi Nuh AS mempunyai tiga anak, Sam, Ham, Syis/At-Turk. Ada lagi yang menyebut keturunan dari Yafuts Bin Nuh. Menurut Al-Maraghi, Ya-juj dan Ma-juj berasal dari satu ayah yaitu Turk, Ya-juj adalah At-Tatar (Tartar) dan Ma-juj adalah Al-Maghul (Mongol), namun keterangan ini tidak kuat. Mereka tinggal di Asia bagian Timur dan menguasai dari Tibet, China sampai Turkistan Barat dan Tamujin. Ciri2 mereka berwajah lebar seperti tameng yang menonjol dengan rambut merah kecoklatan, mata sipit, datang dengan cepat dari tempat yang tinggi.

Mereka dikurung karena membuat kezaliman dan kerusakan di muka bumi. Jika mereka melewati perkampungan, membabad semua yang menghalangi dan merusak atau bila perlu membunuh penduduk. Karenya, ketika Dzulkarnain datang, para penduduk meminta dibuatkan benteng agar mereka tidak dapat menembus dan mengusik ketenangan penduduk.

“Mereka berkata; “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka ?” (QS. Al-Kahfi: 94)

Sepertinya tembok ini dijadikan Allah Ghoib alias ga kasat mata sehingga tidak ditemukan oleh manusia) dan tembok ini tidak akan dapat dipanjat atau dilobangi oleh bangsa ini. Karena Allah hanya akan mengeluarkan mereka sebagai pertanda kiamat besar. Apabila keluarnya mereka ini, bilangannya tidak terhitung banyaknya, sehingga kalau air laut Thahatiah diminum niscaya tidak akan tinggal walau pun setitik. (kebayang ga banyaknya mereka T___T) dan mereka akan menyebar kesegala penjuru akan membuat keonaran,kezaliman dan kejahatan di muka bumi.

Firman Allah, “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): ‘Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zhalim.” (Al-Anbiya’: 96-97).

Yang lebih mengerikannya, mereka tidak akan bisa dibunuh oleh siapapun atau dari bangsa apapun didunia ini. Bahkan nabi Isa dan Imam mahdi pun tidak bisa membunuh mereka. Itulah Janji Allah.

Jadi bagaimana dong? apakah kita akan mati di bantai begitu aja?

Rasulullah bersabda, “Ketika Isa dalam kondisi demikian, Allah mewahyukan kepada Isa bin Maryam, ‘Sesungguhnya Aku telah mengeluarkan hamba-hambaKu, tak seorang pun mampu memerangi mereka, maka bawalah hamba-hamba-Ku berlindung di At-Thur’. Lalu Allah mengeluarkan Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka mengalir dari segala penjuru. Rombongan pertama melewati danau Thabariyah dan meminum airnya. Rombongan terakhir menyusul sementara air danau telah mengering, mereka berkata, ‘Sepertinya dulu di sini pernah ada air’. Nabi Isa AS dan teman-temannya dikepung sehingga kepala sapi bagi mereka lebih berharga daripada 100 dinar, lalu Nabi Isa AS dan pengikutnya berdoa kepada Allah. Lalu Allah mengirim ulat di leher mereka, maka mereka mati bergelimpangan seperti matinya jiwa yang satu. Kemudian Allah menurunkan Nabi Isa dan kawan-kawannya ke bumi, maka tidak ada sejengkal tempat pun di bumi kecuali dipenuhi oleh bau busuk mereka. Lalu Nabiyullah Isa AS dan teman-temannya berdoa kepada Allah, kemudian Allah menurunkan hujan deras yang mengguyur seluruh rumah, baik yang terbuat dari tanah atau kulit binatang. Hujan itu membasuh bumi sehingga ia seperti cermin yang berkilauan.”

Bangsa yang kuat dan tidak bisa dibunuh oleh siapapun ini akhirnya mati oleh ulat yang dikirim oleh Allah. Aneh bukan? Tapi begitulah Allah menunjukkan kekuasaanNya.

7.Pembenaman bumi di Timur, (8) Barat, (9) dan semenanjung Arabia.
yang ini mia belum bisa komentar, soalnya dari beberapa referensi ada yang bilang ciri2nya itu terjadi gempa, ada yang bilang terjadi gerhana, dan yang ini, terjadinya pembenaman bumi. Wallahualam. masih terbatas ilmu mianya mana yang benar dari ketiga pendapat itu. ada di antara sahabat yang punya pendapat???

8.Keluarnya apiyang menggiring manusia ke Mashyar
Rasulullah bersabda: Dan yang terakhir adalah api yang keluar dari Yaman dan menggiring manusia ke tempat berkumpul mereka (HR. Muslim, Kitabul Fitan wa Asyratus Saah: 18:27-29)

Api tersebut tidak akan membiarkan seorang kafirpun, akan tetapi ia akan menggiring manusia menuju Mahsyar menurut keadaan masing-masing. Maka barang siapa yang terlambat di belakang, ia akan terbakar. Api tersebut akan menggiring mereka ke bumi Mahsyar di Syam. Dalam hal ini manusia menjadi tiga kelompok, ada yang penuh harapan, mereka makan dan berpakaian, satu lagi berjalan dan berlari, dan satu lagi akan terseret mukanya dan digiring ke api. (HR. Ahmad:5/164-165)

itulah ciri2 tanda kiamat besar, yang dimana bumi ini, alam semesta ini akan hancur semuanya setelah ditiupnya sangkal oleh malaikat Israfil

Pada tiupan pertama, hancurlah seluruh alam semesta inii dengan seluruh isinya. Allah berfirman, Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa saja yang ada di langit dan di bumi kecuali siapa-siapa yang dikehendaki oleh Allah. (QS. Az Zumar: 6

KESIMPULAN

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar adalah :
1. Tanda-tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.
2. Tanda-tanda kiamat kecil sebagiannya sudah terjadi, sebagiannya sedang terjadi dan sebagiannya akan terjadi. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.
3. Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan tanda kiamat besar bersifat luar biasa.
4. Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan bertaubat. Sedangkan kiamat besar jika sudah datang, maka tertutup pintu taubat.
5. Tanda-tanda kiamat besar jika muncul satu tanda, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya.



–OWARI–

1 komentar:

  1. Artkelnya sangat bermanfaat, semoga menambah keimanan kita pada Allah, dan mempersiapkan diri kita dengan beraman shalih.

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks