Selasa, 08 September 2009

Film TV series Bahela

Akhir-akhir ini, ga tau kenapa mendadak keingat ma film lama serial TV favorit Mia waktu kecil dulu. Kangen nonton tu film huhuhuhu walaupun ada beberapa diantaranya udah ditayangin ulang lagi, tapi sayangnya ga gitu dikomersialkan sehingga telat nontonnya, taunya pas udah di episode akhir. Mana tengah malam lagi tayangnya. Huh.

Anyways…. Inilah daftar film-film oldiest tersebut.

1. Friday the 13th
Pertama kali nonton ni film waktu diputer di TVRI tiap malam jumaat. Waktu itu Mia masih kecil banget. Umur 3 tahunan kalo ga salah. Jadinya ga gitu ngerti ceritanya. Dulu suka ngumpet pas denger musik openingnya. Syereeeeeem… apalagi pas ada boneka monyet pake drum. Tambah nyeremin deh. (Mia takut ma monyet soalnya hahahahaha).

Ceritanya tentang dua orang (cewek dan cowok. Mia lupa namanya jelir) pemburu benda-benda klasik yang mempunyai kekuatan mistikal atau gaib yang jahat, yang dimana barang-barang itu bisa mencelakakan pemiliknya bahkan bisa membunuh pemiliknya dengan cara misterius. Gitu deh cerita garis besarnya. Mama Mia suka banget nonton film ini, jadi mau ga mau Mia ma abang juga ikutan nonton film ini walo kitanya takut ma ni film hahahaha.
Tokoh Hero dan Heroine bersama profesor ahli barang antik

Tapi dari semua seri Friday ini, cuma satu episode aja yang bisa Mia ingat samar-samar. Yaitu ketika si tokoh heroine terlempar ke masa lalu karena memegang sebuah lampu (kayak lampion) gaib, yang dimana lampu tersebut mempunyai kekuatan membawa pemiliknya jauh ke masa lampau. Yang ternyata di masa itu hidup seorang vampire yang telah banyak memakan banyak korban di masa itu. Tokoh heronya desperate banget buat menyelamatkan si tokoh heroine yang udah dua kali terkena gigitan si vampire yang tertarik dengannya (tokoh heroinenya dah hampir berubah menjadi vampire jika terkena gigitan yang ketiga). Lumayan serem juga yang ini. Tapi Mia ga ingat gimana endingnya hahahaha

Film serial Friday ini, kalo ga salah pernah diadaptasi menjadi film bioskop. Akan tetapi, versi bioskopnya ga sesukses versi serial televisinya.

2. White Snake Legend
Pai Su Chen dan Han Wen

Ini film kolosal yang paling Mia sukai. Apa ada yang tau ma ni film ga? Hehehehe… film ini dah lama banget. Kabar-kabarnya di bikin di tahun 80-an, dan pertama kali ditayangkan di Indonesia di stasiun SCTV kira-kira tahun 1994 atau 1995 (dah lupa… Mia masih SD dulunya). Kalo ga salah ditayangkan setiap hari selasa jam 8 malam. I so fond of with this movie. Apalagi soundtrack lagunya bagus-bagus, ampe skrg Mia masih hapal ma lagunya karena saking sukanya hahahaha. Apalagi tokoh heroinenya, si ular putih alias Pai Su Chen (bener ga tulisannya?) bener-bener cantik. Waktu ngeliat ni film dulu, tersepona eh maksudnya terpesona pas ngeliat tokoh Pai Su Chen. Cantik bangeeeeeeeeeeeeeet>_< Cantikkan, Pai Su Chennya >_<

Dari segi story, ni film bagus banget. Walau efeknya masih ecek-ecek dan wujud ularnya kayak boneka banget (yaaa.. namanya juga film tempo doeloe) dan settingnya keseringan diatas panggung yang ditata seolah-olah dipegunungan, tapi ga mengurangi keindahan isi ceritanya. Ditambah dengan acting para pemain yang natural. Meski rada geli aja tiap denger panggilan antara Pai Su Chen dengan She Han Wen, suaminya.
Han Wen : “Istriku…”
Pai Su Chen: “Suamikuuu…”

Wuakakakakkak…gelakguling
Oh iya, pemeran She Hanowennya yg jadi suaminya Pai Su Chen sebenarnya adalah cewek juga. What the hell is that...hah Kata produsernya sih, ga ada cowok yang cocok meranin tokoh She Han Wen yang ditulis sesuai dengan novelnya. Didalam novelnya, Han Wen di deskripsikan sebagai cowok yang berwajah lembut, penakut, rada gemulai karena badannya kecil tetapi ia mempunyai hati yang baik dan pintar. Makanya dipilih pemeran cewek buat memeranin tokoh She Han Wen ini. Ukhhh… jadi rada aneh deh.

Berceritakan kisah seekor siluman ular putih yang berusia seribu tahun menjelma menjadi manusia untuk membalas budi reinkarnasi seorang bocah penggembala yang pernah menyelamatkan nyawanya dahulu. Demi misi membalas budi ini, ia bersama adik angkatnya, si ular hijau, mati-matian mencari reinkarnasi si bocah penggembala itu. Jika mereka bisa membalas budi penolongnya, maka baru mereka bisa mencapai tingkatan menjadi seorang dewi. Akhirnya si ular putih yang menjelma menjadi manusia bernama Pai Su Chen untuk menemukan reinkarnasi dari bocah penggembala itu.

Akan tetapi, diluar rencananya, Pai Su Chen malah jatuh cinta kepada reinkarnasi bocah penggembala yang terlahir kembali dengan nama She Han Wen. Akhirnya, Pai Su Chen mengundurkan niatnya untuk menjadi seorang dewi demi cintanya kepada Han Wen. Ia bertekad untuk hidup bersama Han Wen dan menjaganya dengan baik sampai ajal menjemput Han Wen. Setelah semua budi baik Han Wen telah bisa ia balas, barulah ia akan melanjutkan pertapaannya untuk menjadi seorang dewi. Kehidupan Pai Su Chen dan Han Wen yang penuh cinta dan kedamaian ini terusik dengan kedatangan Biksu Pa Hai, yang terobsesi untuk memusnahkan segala bentuk siluman. Ketika ia mengetahui, adanya siluman yang menikah dengan manusia, Pa Hai berusaha memisahkan Han Wen -yang tidak mengetahui bahwa istri tercintanya adalah seekor siluman-,dengan berbagai cara. Bahkan Pa Hai sengaja menculik Han Wen dan mengurungnya di wihara agar Pai Su Chen datang kesana menyelamatkan suaminya dan memaksa Pai Su Chen untuk menampakkan wujud aslinya -seekor ular besar- di depan suaminya.

Ah... pengen nonton ni film lagiiiiii >_<

3. The Incredible Hulk


Pemeran Huluk eh... Hulk!!!


Satu lagi film serial televisi yang mendapatkan kesuksesan yang besar daripada versi layar lebarnya. Huluk… ups, Hulk maksudnya. Secara personal, Mia lebih suka cerita dari versi serial televisinya daripada versi layar lebarnya. Cerita di layar lebarnya, rada bertele-tele dan kerasa awkward aja dibandingin ma serial televisinya. Dan apalagi, Hulk di layar lebarnya berupa animasi 3D. Sedangkan pemeran Hulk di serial televise adalah orang beneran. Yang jadi Hulknya itu adalah bintang wrestling 70-an dari WWF (World Wrestling Federation, induk pusat dari Smackdown dan Wrestlemania). Oh ya, pertama kali tayang di RCTI, setiap hari jumaat. Jamnya kalo ga salah jam 9 malam. Mia lupa tahun berapa, tapi Mia sekitar kelas satu-dua SD waktu itu.

4. Macgyver
Film ini juga ditayangkan pertama kalinya di RCTI, hari jumaat jam setengah sepuluh kalo ga salah (sehabis film Hulk). Ini film favoritnya si papa. Tokohnya pinter banget (kayak kancil jelir) memanfaatkan alat-alat yang ada disekitarnya untuk menyelamatkan dirinya. (walo terkadang suka aneh juga, kok kebetulan alat-alat yang ia butuhkan ada disana hahahaha namanya juga film). Tapi siapapun yang membuat naskah filmnya, itulah orang yang paling pinter dalam merancang kepandaian yang dimiliki oleh tokoh MacGyver ini.

5. The Knight Rider

Nah… yang ini Mia doyan banget filmnya. Tayang pertama kali di RCTI juga, tiap hari rabu jam 8 malam. Tahunnya lupa. Mia masih SD juga pokoknya. Yang bikin Mia kesengsem berat ma ni film karena KIT, mobil yang mendampingi si tokoh utama. Gimana ga kesengsem berat ma mobilnya coba. Mobil yang bernama Kit ini bisa ngomong, nyanyi, bahkan bisa mengomel dan menyindir si pemiliknya tetapi ia juga sering menghibur pemiliknya dengan selera humor yang agak garing tapi lucu. Michael Knight (dimainkan oleh David Hasselhof).
Kit yang keren abiessss

Terkadang Kit juga suka ganjen, dengan MPO (Menarik Perhatian Orang) terutama MPO ma cewek-cewek hahahaha mobil bisa playboy juga rupanya. Yaitu dengan cara nyuitin cewek yang lewat dekat dia. Tentu aja cewek yang disiutinnya suka bingung sendiri. Ga ada orang tapi kok ada yang bersuit. Ga ngeh ceweknya yang nyiutin itu si mobil ganjen hahahaha.
Kit dilengkapi dengan computer tercanggih, alat pelacak, perekam, rudal, kendali otomatis, invisible mode, dan booster (mempercepat lajunya seperti roket). Tapi diantara yang tercanggih, ya kemampuan Kitnya bisa ngomong dan meanggapi ocehan pemiliknya dengan kata-kata yang cerdas dan luwes.

Kit punya saudara kembar (hebat ga tuh. Mobil punya sodara kembar) namanya Kat. Kat mirip banget ma Kit, baik penampilan dan teknologinya. Akan tetapi Kat mempunyai sifat yang jahat dan bisa membahayakan keselamatan orang lain dan pemiliknya. Oleh karena itu,a da disatu episodenya, Michael hampir mati dibunuh oleh Kat (dengan cara dilindesnya. Dikiranya Linbad kali ya, main lindes aja) dan di saat-saat detik yang genting itu, Kit datang menghadang saudaranya dan menyelamatkan Michael dengan mengorbankan dirinya sampai hancur.

6. The Flash
Nah... ni film waktu Mia TK kalo ga salah. Ga gitu ingat banget ma jalan ceritanya. Yang Mia ingat si tokoh utamanya yaitu si Flash, bisa berlari secepat kilat. Jadi penasaran ma cerita ni film... kata abang Mia sih, seru banget. Pas Mia nemuin gambar Flash ini, kostumnya keliatan banget banyak ditombokin ma gabus buat bentukin bagian otot-ototnya. Apalagi bagian dadanya. Itu dada diisiin ma bantal apa basket ya hahahaha.

Pertama kali tayang di RCTI, tapi Mia lupa hari apa dan jam berapa T_T

7. Kungfu Shaolin

Gara-gara ni film, mengilhami si abang untuk belajar beladiri atau martial art. Dan gara-gara ini juga, hidupku menderita huhuhuhu gimana ga menderita coba. Mia dijadiin boneka latihan si abang buat kelahi. Bonyok-bonyok deh eike....

Film ini tayang di RCTI setiap hari sabtu (jamnya lupa. Kalo ga salah 21.30 deh) pada tahun.... 1995 atau 1996 kali ya? Pokoknya eike masih SD juga neh. Berceritakan seorang biksu shaolin asal Amerika yang biasa dipanggil biksu Caine (diperankan oleh David Carradine, pemeran Bill di film Kill Bill) mencari anak angkatnya yang tak sengaja terpisah dengannya karena insiden kebakaran di kuil shaolin. Awalnya ia mengira anak angkatnya itu sudah meninggal di peristiwa kebakaran itu. Akan tetapi, kemudian mulai terkuak bahwa anaknya itu berhasil diselamatkan oleh seseorang dan dibawa ke Amerika. Jadilah ia “merantau” balik kembali ketanah kelahirannya, Amerika, untuk mencari keberadaan anaknya.

Diperjalannya, Caine banyak menemui berbagai macam konflik dengan penjahat lokal yang mengganggu ketentraman orang-orang yang ditemuinya diperjalanan. Jadilah ia sebagai hero yang memberantas kejahatan (tanpa topeng of course) dengan membantu yang lemah. Sungguh pahlawan yang baik hati, tidak sombong dan gemar menabung (halahh...)

David Carradine di masa film Kill Bill

Btw, film inilah yang telah sukses mengangkat nama David Carradine didalam jagat per-Hollywood-an. Tetapi setelah itu, namanya tidak pernah muncul lagi sampai film Kill Bill sukses mengangkat namanya kembali. Akan tetapi, akhir hayat David Carradine yang telah berumur 72 tahun ini, sungguhlah tragis. Berita kematiannya tidak begitu terekspos karena tertutupi oleh berita kematian sang Raja Pop, Michael Jackson, yang berjarak hanya beberapa minggu sebelum kematiannya. Dikabarkan, David mati terbunuh di sebuah kamar hotel. Di duga ia mati dibunuh oleh pelacur yang ia sewa. Ckckckckck... Busyet dah, dah tua masih juga flamboyan.


Ada yang tau ma film-film di atas ga???

35 komentar:

  1. Tau banget, soalnya saya kan sudah termasuk 'jadul', usia remaja tahun 80-an. Friday the13th dan MacGyver termasuk favorit saya tuh. Favorit saya juga yang ngga di sini : Hunter.

    BalasHapus
  2. Weh, hari gini Legenda Ular Putih masih juga di puter? Wah, wah, jadu banget..jadi inget masa-masa kecil ni...

    BalasHapus
  3. He he he ... jadi inget waktu jaman dulu masih SD... nonton TV nya di Pos RW. Sebagian filmnya koq sama ya... dengan kesenanganku juga.

    BalasHapus
  4. film Yoko (Andy Lau) .. msh inget gak..? , yg tentang burung rajawali..
    dlu aq seneng nonton ntu.hehe..

    BalasHapus
  5. wah, jadu banget ya. jd keinget masa kecil dulu. iya tuh, ular putih saya demen banget. friday the 13th en mcgyver jg. yg laen gak terlalu sih. mungkin film anak2, ksatria baja hitam rx? hehe,, jadi malu.

    BalasHapus
  6. aku tahu..... tapi ada yg kurang tuch.... kaya air walk, return of the condor heroes, si doel anak skolahan.... heheheu...skalian revisi judul hurang "u" tuch....BEHEULA..... :d

    BalasHapus
  7. ACI : Aku Cinta Indonesia... sempet ngefans waktu SD tuh...

    BalasHapus
  8. emang nih film g ada matinya di hati kita semua..buktinya kita ingat semua film2 jadul yang bro mia posting.. mantap,blog kucingtengil bikin ingat masa lalu..heheh

    BalasHapus
  9. wew...hebat2 sampe2 masih hafal jam tayangnya...

    btw Friday the 13th itu buka cerita si jason (laki2 pake topeng+parang) yg memburu orang2 di perkemahan...wah rada lupa juga...atau ca-nya yg ngelindur...>_<,
    yg ca kenal cuma : White Snake Legend,Macgyver, The Knight Rider lainya blm tau.. mungkin gara2 waktu kecil belum ada TV...waaaa T_T

    BalasHapus
  10. panji manusia meilenium lupa tuh non.......request......he

    BalasHapus
  11. Ralat sedikit non, Hulk pertama kali tayang di RCTI, setiap hari jumaat. Jamnya kalo ga salah jam 9 malam. <<< Perasaan jaman itu setiap jam 9 malam seluruh televisi nasional menayangkan relay "Dunia dalam Berita" dari TVRI.

    Trus untuk Knight Rider perasaan soreh deh bukan malam, tepatnya abis Satria Baja Hitam hihihi Satria Baja Hitam bok, tapi itu perasaan kita aja kali

    BalasHapus
  12. Nemu aja bt bahan postingan nih...respnya apa sich..aku suka friday 13th film horor yang terkenal di taon 90an, macgyver and knigt rider juga..sru tuch oh ya ada yang ketingalan miaw pelem BA Team kalo ga salah namanya di post juga dunk..

    BalasHapus
  13. tauuu,,
    si ular putih alias pai su chen,, mcgyver, kungfu...heheheh jadi pengen nonton lagiiiii :D

    BalasHapus
  14. Beuh! gw masi inget semua tuh pelemnya.haha!

    BalasHapus
  15. haha pilem lama2 tu, dulu masih inget banget ngomong hulek maklum anak2 ga bisa baca inggris kwkwk

    BalasHapus
  16. hadohhh... oshin kesayanganku mana?!?!?

    BalasHapus
  17. bener..bener...smuanya emang filem jaman bahela...jadi inget waktu dulu kalo film no. 1 diputer...liatnya sambil ngumpet...he...he..he..

    BalasHapus
  18. Han Wen : “Istriku…”
    Pai Su Chen: “Suamikuuu…”
    wkokokwowkwokwowkwow..

    geli banget kalo ngebayangin film knight rider.. ehueheueueheue.. apalagi lagunya yang jadul abis itu.. akowkoakwoakwaokwao

    tapi memang waktu zaman itu terlihat keren banget..

    tapi kalo saya lebih suka the flash tuuhhh.

    maaf yaaa miawwwkuu.. aku jarang berkunjuunngg.. :)

    BalasHapus
  19. hkhkhk...

    suamikuuu...

    istrikuu...

    jadi geli sendiri kalo inget wkwkwk...

    BalasHapus
  20. yang paling favorit tuh Macgyer kali ya.. keren banget rasa nya dulu pas liat dia beraksi pake pisau lipat..
    White snake legend jg g pernah ketinggalan nonton..
    yg bagus2 jg, film seri jepang tuh.. Ordinary Love, Tokyo Love Story (top markotop satu ini).. wes, apik dah..

    btw, salam kenal (^^,)*

    BalasHapus
  21. unik banget nich topiknya, jadi inget masa kanak kanak...
    wekekekek

    BalasHapus
  22. ia nih gw dulu jga sering bgt nntonn....! jadi inget dlu hehhehe :D
    btw film Yoko ga di masukin hehehe

    BalasHapus
  23. saya taunya macgyver aja..
    dulu sering ngikutin karena si mac itu sangat banyak akalnya.. :)

    BalasHapus
  24. macgyver, knight rider, sama kungfu shaolin ntu Shin-kun paling suka, hehehe...

    BalasHapus
  25. hehe...,memang ini filem-filem waktu saya masih sekolah. saya suka...

    terima kasih sobat.

    BalasHapus
  26. eduardo wibowo31 Mei 2010 17.57

    iya tuh film2nya seru2 semua, kira2 kapan lagi yach tu film bisa diputer lagi di tv...
    aq jadi kangeeeen sama mereka....
    huuhuuhuu....

    BalasHapus
  27. bagai mana cara mendapatkan lagu lagu soundtrack film siluman ular putri????

    BalasHapus
  28. Ane penggemar berat film Mac Gyver, Hulk, Knight Rider, Air Wolf, My Idendity, Beverly Hills 90210, The Flash, Tom Cruise...hehehehehe.... Ane Professor Tawbah....

    BalasHapus
  29. Waaahhh...Waktu film Mac Gyver dari tahun 1992 s.d 1996, ane umur belasan tahun (kira2 20 tahunan, dehhh).... sekarang ya umur 35...

    BalasHapus
  30. Aku pengin liat film Mac Gyver berduet dengan Bill Bixby yang meranin David di film Hulk...

    BalasHapus
  31. Ada yg tau film Oshin?

    BalasHapus
  32. Knight rider keren banget akhirnya jadi juga buat replika mobilnya dari kertas

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks