Selasa, 10 Maret 2009

Hobiku: NYASAR!!!!

Aku curiga otakku yang mengatur bagian 'pemetaan ruang' udah rusak berat T______T
buktinya, aku sering nyasar 27x selama di bandung. Begonya, dibeberapa tmp aku nyasar adalah tempat yg pernah aku kunjungi. Tapi entah kenapa, masih juga nyasar. Dan lebih anehnya, kok aku bisa nyampe disini??? What the hell am I doing here????

Peristiwa pertama kali Mia nyasar waktu nyari lokasi SPMB Mia and si Cuing (temen sebangku Mia waktu SMU yg ikut-ikutan terdampar di Bandung kayak Mia hehehehe). Lokasi SPMB mia di SMK 1 Bandung, sedangkan si Cuing di Saint Angela. Setelah kita cari2 info, ternyata letak lokasi SPMB kita berdekatan satu sama lainnya, cuma berjarak kira2 500 meter yang di pisahkan sama taman kota and bank BI aja. Nah, masalahnya, kita ga tau tempatnya itu dimana? yg kita tau cuma nama jalannya itu jalan wastu kencana.

berbekal modal nekat+ongkos angkot+tanya sana tanya sini= dapet informasi naik angkot dago-st.hall (waktu itu kita ngekost di dago barat). Ya udah, kita naik angkot yang dimaksud, sebelumnya udah di bilang ma sopirnya, kita mau turun di wastu kencana, di smu saint angela atau SMK 1. Si sopir ho-oh2 yg ngerti gitu. yaa kita naik tu angkot dg perasaan riang dan gembira. Mempercayakan perjalanan kita di tangan tu sopir dengan tampang cengok and lugu (lutung gunung). Eh... tak disangka tak di yana... niat hati mau turun diwastukencana, apa daya nyampe di stasiun kereta. Dengan tampang bloon kita celingak celinguk bingung. mungkin sekolah yg kita cari dideket sini kali yaa... Tapi kok perasaan rasa yang ga enak gini. Dengan jantung berdebar-debar dan harap-harap cemas (semoga ga nyasar), kita nanya ke sopirnya.

Mia : Pak, ini wastu kencana ya?
Si sopir dod*l: *lagi ngitung2 duitnya* ga neng, udah kelewat. ini di stasiun.
Cuing: Nah loh, kan kita tadi minta diturunin di wastu kencana
Si Sopir dod*l: Iya gitu? *dengan wajah ga bersalah*
Cuing: %!!!$#??!^*!%@&!?&%^*&#%!??! *rabiesnya kambuh pengen ngegigit tu sopir*
Mia : *narik si cuing jauh dari lokasi kejadian sebelum sifat liarnya lepas and kita berdua jadi masuk di acara buser*

Setelah nyabar2in si cuing, kita memutuskan buat kembali menjelajah nyari tu wastu kencana dengan jalan kaki. Yap, dengan jalan kaki. kepercayaan kita terhadap sopir angkot pupus sudah. jangan harap kami akan termakan dengan rayuan gombal untuk naik angkotmu lagi wahai supir angkot, setelah kau sesatkan kami di stasiun kereta api. Walo capek jalan kaki, tapi setidaknya bisa tanya-tanya dengan bebas disetiap orang dijalan untuk meluruskan jalan kami yang sesat *halahhh kesannya* Akhirnya, setelah perjuangan yang melelahkan akhirnya ketemu juga tmp lokasi SPMB kita dengan berjalan kaki. (kita berangkat dari jam 11 pagi, ketemu tmp yg dituju jam 3-4 siang)

Ga itu aja pengalaman yg mia alami gara-gara hobi nyasar mia satu ini. ceritanya, mau ke taman sari. Rencananya mau ketempat Anda, salah satu soulmate Mia selain si cuing. Mia waktu itu lagi jalan-jalan di kalapa, tau2 si anda calling, nyuruh main ke kostannya. Karena waktu lagi WTT (wanita tanpa tujuan) setelah dari Kalapa, ya ok2 aja ke kostan Anda. Di dalam otak dah buat rencana nih. Dari kalapa naik dago-kalapa, ntar turun disimpang dago trus nyambung lagi naek angkot menuju taman sari. beres deh. Karena masih baru disana, n jarang jalan2 keluar slain BIP-Dago-Kalapa, mia sangka asal angkot ijo itu jurusannya cuma dago kalapa dan dago st.hall. Kalo dago-st.hall ga bakalan nyampe di kalapa. makanya dengan cerdasnya (baca; begonya) mia memproklamirkan kalo angkot warna ijo yang berkeliaran di kalapa itu pasti angkot dago-kalapa semuanya. makanya, dengan rasa percaya diri yang yaqin seyaqin-yaqinnya (pake q karena saking yakinnya) maen naek aja pas ngeliat ujung hidung angkot berwarna ijo (angkot punya idung gitu? supirnya kale hehehehe).

Di perjalanan. seperti biasa, mempercayai nasib dan tujuan perjalanan ini ke sopirnya. ntar kalo dah ngeliat tempat yg di kenal alias tmp di tuju, baru berhenti. dah sekian lama perjalanan mia tempuh, tapi kok pemandangan sekitarnya makin lama serasa makin asing (maklum, dah mulai akrab ma pemandangan dari perjalanan kalapa-dago). Ini mana SMU 3-5 nya? ni mana BIP nya, ni mana planet dagonya? kok dari tadi pemandangnnya rumah-rumah doang. Trus pas ngeliat bangunan yg ada gapura cikal kalapa gitu (kayaknya tmp pramuka, tapi kok isinya kayak yang ABRI smua??? Pramuka buat anak ABRI kali yaaa) Baru mia dijalarin perasaan yang biasa mia alami kalo mia lagi kesasar. yaitu... perasaan; Kali-Ini-Gue-Pasti-Kesasar-Lagi.

DAn benar aja sodara2. Angkotnya berhenti ditempat pemberhentian terakhir. yaitu MAKAM PAHLAWAN. karena muka mia cengok dan menyadari kegoblokan sendiri, si sopirnya akhirnya inisiatif nanya.

Sopir : neng, ini pemberhentian terakhir. Neng mau kemana?
Mia : *mata memelas* pak... saya kayaknya kesasar deh
Sopir : *mata memandang kasian* mangnya neng mau kemana tujuannya?
Mia : Ke taman sari
Sopir : *Dari mata yang menyiratkan kasian, berubah jadi pandangan Bego-Banget-Sih-Lo* Ini kalapa-Aceh neng. Ga lewat taman sari
Mia : *shock. karena baru sekali itu tau ada angkot ijo yang jurusan Kalapa-Aceh* HAH!!! Bukan Kalapa-Dago ya pak?
Sopir : Ya engga lah neng. kan ada tulisannya di depan angkot *sambil nunjuk2 jidat angkotnya* Kalapa-Aceh. Mau naik Kalapa-dago kok bisa naek Kalapa-Aceh? *pandangan mata si sopir berubah jadi: Lo-Buta Huruf Ya?*
Mia : *tengsin abis* hehehehe tadi maen naek aja pak. kirain angkot warna ijo dikalapa semuanya jurusan Kalapa-Dago. Jadi saya harus naik apa dong pak kalo mau ke dago?
Sopir : *Stress. Berharap ini semua hanyalah lelucon atau candid camera* Wah, disini mana ada neng angkot yang langsung ke dago
Tak beberapa lama kemudian, sebnuah senyuman licik mengembang di wajah si sopir
Sopir : Ya udah, gini aja neng, gimana neng balik lagi ma angkot saya ke kalapa. Ntar dari sana naik angkot kalapa-dagonya
Mia : *Dengan polos (baca; bego) ngangguk2 patuh*

Akhirnya, balik lagilah, sikucingtengil bersama sopir yang menipunya kekelapa, tujuannya cuma nyari angkot kalapa-dago agar mia bisa ke dago. Pas nyampe dikalapa, si sopir minta ongkos double. Ya, mau gimana lagi. dibayar juga. Tapi, akhir2 ini mia baru tau. ga usah harus nyampe ke kalapa lagi kalo mau naek angkot kalapa-dago. di jalan Sumatra juga nemu tuh angkot. Dasar sopirnya aja yang licik, sengaja mia diturunin di kalapa, yang notabene jaraknya lebih jauh, biar dapet uang ongkosnya lebih banyak. UUUUUURRRRRRRRRRRRRRGGGGGGHHHHHHHHHHHHH......

Trus, yang lebih parahnya, adalah mia masih juga nyasar ditempat yang lumayan sering mia kunjungin. Ini terjadi ketika salah satu senior mia waktu di SMU dulu datang main ke Bandung. Trus dia ngajak mia nonton film ke BSM. Ya udah Mia ok-in aja daripada bengong aja di kostan karena anak2 pada pulang kampung smua. Kebetulan waktu itu ada satu anak kostan yang ga pulang kampung ke cililin, namanya Sifa. Jadi Mia ajak aja dia ikut daripada dia bengong sendirian di kostan. Nah... waktu kita pulang dari BSM, kan di anter ma senior Mia-nya. Waktu mobil kita keluar dr gerbang BSM menuju jalanan, si senior Mia ini nanya.

Senior : Mi, belok kanan, atau belok kiri?
Mia : Kanan *dengan pede, karena setiap pulang dari BSM, mia ngambil angkot yg arah pualngnya ke arah kanan)
Trus kami melaju lurus (karena jalanan mang lurus, belom ada belokan). Nah masalah mulai muncul, ketika kita nyampe di simpang tiga.
Senior : Mi, kita belok kiri apa lurus?
Mia : *mulai gelagapan* Etto... nggg... tunggu bentar bang
Senior : Kenapa?
Mia : Kita tungguin angkot lewat dulu, trus kita ikutin deh angkotnya.
Senior : *Heran* Eh??? Kok ngikutin angkot?
Mia : *cengengesan malu, ampe pengen ngegali tanah en benamin muka disana* Soalnya mia ga hafal jalannya hehehehehe
Senior : *Dengan muka cengok mandangin mia. pasti dalem hati dia dah teriak... ARE YOU KIDDING ME???* Masa udah tinggal lama di Bandung ga hapal2 jalannya?
Mia : Kan udah mia bilang, mia tuh ga hapal jalan. Biasanya ke BSM pake angkot. tinggal naek, duduk manis trus BSMnya dah keliatan, turun deh. pualng juga gitu, naek dari BSM, duduk amnis eh dah nyampe di lengkong. Makanya mari kita ikuti aja angkot *pembelaan diri*
Senior : Kan sekarang dah jam sebelas nih, angkot Bandung biasanya pada pulangkan jam segini? Ntar gimana kalo angkotnya malah menuju jalan pulang kerumahnya? masa kita ngikutin dia pulang menuju rumahnya.
Mia : Iya ya...
Senior : *Ngakak*
Mia : *pasrah di ketawain* Sifa, kamu tau ga, jalan pulang kita?
Sifa : Tau. Kita jalan lurus aja, ga belok
Mia : *gubraks* KENAPA DIEM AJA DARI TADIIIIIIIIIIIIIIIII ^^'
Sifa : Ga nanya sih...
Senior : *Tambah ngakak*

Waktu pergi ma my soulmate si hamdan anak kampret, lagi-lagi mia kesasar. Kali ini lebih memalukan nyasarnya. Gue nyasar di PASAR gara-gara GUE GA TAU JALAN PULANG LEWAT MANA........!!!!!!!!!!!

Waktu itu Hamdan lagi datang maen2 ke Bandung. Dia ngajak nemenin beli baju. Mia ajak aja ke pasar baru heheheeh murah booo', dari pada distro. Baju cowok2nya pada standar stylenya tapi harganya mahal banget. Bisa2 jadi gembel si Hamdan selama di Bandung. Mia lumayan sering ke pasar baru ma temen mia si Leny. Tapi setiap ke sana, Mia naik motornya Leny. Jadi belom pernah ke sana pake angkot. Makanya, pas mau ke pasar baru, Mia jadi bengong. Naiknya pake angkot yang mana ya? Gila... sumpe panas dingin gue karena Hamdan nanya, "Mi, kok bengong. Kita naik angkot mana nih?"

Gue pura-pura mau beli apa gitu ke warung di pinggir jalan. Sebenarnya gue diam-diam nelponin si Leny mo nanya naik angkot mana huakakakakak. Setelah dapet wangsit dari leny 9disertai dengan ejekan dia) akhirnya dapet juga angkot ke sana. Dan Alhamdullillah, cuma satu kali naek angkot, nyampe deh di pasar baru.

Nah, persoalannya. GUE GA TAU NAEK ANGKOT MANA BUAT JALAN PULANGNYA!!!!! Soalnya jalannya one way doang. Gue bingung. Pulangnya lewat mana. Akhirnya gue celingak celinguk kebingungan. Si Hamdan mungkin dah curiga juga liat gelagat gue yang gelisah kayak orang nahan pup. Akhirnya dia nebak juga.

"Mi... kamu ga tau jalan pulang ya?"

Gue bagai disambar geledek dengarnya. Akhirnya, dengan memutuskan urat malu gue and menebalkan muka. Gue mengangguk pasrah. Hamdan dengan sungguh pengertiannya ngomong gini ke mia

"BEGO LOOOO... HUAKAKAKAKAKAKAK"

Sungguh contoh temen yang baek lo Ndan. Akhirnya kita pulang ma taksi. Sepanjang perjalanan, dia ketawa ngakak terus tiap liat gue. Sialan... *tendang Hamdan ke klub homo*

Trus, yang terakhir ini nih, kejadian bulan desember 2008 kemaren, Mia nyasar di deket Hasan Sadikin. yang lebih tololnya, kenapa Mia bisa nyampe di situ??? Buego. Ceritanya, waktu itu temen minta di temenin ke stasiun bus. dia mo pulkam ke hometownnya, Boyolali. Kirain berangkatnya di stasiun leuwi panjang, ternyata engga. Di sebelum Cipaganti gitu deh kita turunnya. Mia baru pertama kali ke daerah itu. Mana jalan kakinya jauh banget menuju ke stasiunnya, en gelap (udah sore waktu itu). Dia berangkat jam stengah tujuh magrib. Nah mia bingung, pulangnya gimana, Mia ga tau jalannya. Temen mia bilang, kamu jangan ambil rute ke arah kiri (tempat kita datang tadi) tapi ambil kearah kanan. Nanti bakal nembus di dekat IP atau pasir kaliki (mia tau daerah IP, tempat studio kerja Mia disana). Walo rada jauh tapi jalannya ga gelap kayak jalan di rute sebelah kiri, tempat kita datang tadi (gelap tapi lebih dekat ke jalan raya Cipagantinya daripada rute menuju ke IP).
Nah, waktu bus temen mia dah pergi, Mia kan mau pulang tuh. Eh pas keluar dari stasiun, ada angkot yang menuju rute kesebelah kiri. Wah, mgkn angkot ini menuju ke jalan raya deket cipaganti, batin Mia. ya Mia stop tuh angkot.

Mia : Pak, ini ke arah kedepan ga? ke arah Cipaganti?
Sopir : Kedepan? iya neng ini kedepan

karena denger itu, ya mia naik tu angkot. tapi dah sekian laam kita jalan, kok jalan cipaganti yang mia kenal ga nongol2 ya. waktu jalan kaki tadi ga sejauh ini perasaan jaraknya.

Mia : pak, masih jauh ke cipaganti?
Sopir: Ini ga lewat cipaganti neng
Mia : Lah, tadi katanya ke depan, ke cipaganti
Sopir: Aduh neng, ke depan mananya dulu. Ni juga menuju ke depan
Mia : *perasaan mulai ga enak. nyasar lagi deh gue* Kan kata saya tadi ke depan ke jalan Cipaganti...
Sopir: *wajah bersalah* Aduh maaf ya neng, mgkn tadi bapak ga gitu denegr. maklum udah tua.
Mia : Jadi ini mau kemana gitu pak?
Sopir: *ngasih tau arah tujuannya. Mia ga ingat lagi nama daerahnya*
Mia : *hopeless* Pak, dimana saya bisa nemuin angkot yang emnuju setia budi, atau simpang dago atau kalapa?

Sopirnya juga ga gitu tau. dia hanya tau rute angkotnya aja, dia kurang tau ma rute angkot yang lain dan bagaimana nemuinnya. kebetulan waktu itu penumpangnya cuma satu juga, si penumpang ternyata pendatang dari sumdeang yang baru tinggal di arah jurusan angkot si bapak ini, jadi dia ga gitu tau. Mia hampir nangis, gimana neh caranya pulang. ah ntar kalo liat taksi ngetem, naik taksi aja rencananya. Biar bisa pulang. Si sopirnya kayak yg ngerasa bersalah juga. Dia berusaha berpikir keras menggali ingatannya, angkot mana aja bisa menuju ke tempat yang mia sebutin tadi. Nah, kebetulan kita lewat rumah sakit hasan sadikin. Mia pernah kesana tahun 2004 dulu sama si Anda. Dan di daerah sana ada angkot menuju daerah Setia Budi (tempat Anda tinggal setelah pindah dari taman sari). Mia minta turunin aja di sana. Pas mia bayar, si bapak sopirnya ga amu nerima duit mia. Biar buat ongkos naik angkot lain, katanya, hati-hati ya neng pualngnya. udah malam. kata si bapak. Hiks, mia jadi terharu *apus ingus*

Setelah turun di hasan sadikin, mia jadi bingung lagi, naek angkot apa nih. akhirnya Mia telpon si Anda. Nanya, naek angkot mana yang menuju arah setia budi. Bukannya simpati ma temennya yg imut ini nyasar, dia malah ketawa ngakak. And nyindir gitu, dah bertahun2 tinggal di Bandung kok masih bisa nyasar? Mana Hasan Sadikin sebenarnya deket kok ma lengkong, cuma ya, ga ada angkot yg langsung ke Lengkong sih. Akhirnya berkat petunjuk Anda dan pak polisi lalu lintas di perempatan jalan hasan sadikin and atas Izin Allah, Miaw bisa dapet angkot yang benar en nyampe di setia budi. Dari setia budi, nyambung lagi naek kalapa-ledeng yang nanti lewat lengkong. Akhirnya, sampelah kucingtengil ini dengan aman, nyaman sehat sentosa (cuma kantong jadi kempes gara2 3x naek angkot)

Ah... pokoknya banyak deh pengalaman mia nyasar ke sana sini gara2 otak yang mengatur pemetaan ruang dan dimensi mia yg kayaknya udah sejak mia bayi udah rusak. Makanya setiap ditanya orang, apa keahlian yang kamu kuasai. jawaban pertama yg mia isi ada: NYASAR. Malah keahlian ini tanpa harus dipelajari dan diasah terlebih dahulu. udah ada semenjak orok. hebat bukan???

Jadi, siapa yang ga hapal ma Bandung en punya hobi berpetualangan, silahkan hubungi mia jadi guide anda. Di jamin, bakal nyasar en jadi berpetualang nyari2 jalan yang benar ampe nyungsruk kesana-sini. Ada yang berminat buat nyasar? XDDD

8 komentar:

  1. uni miaw,,,,,,,saran wak sehhhh uni mesti beli GPS okehhhhhhhhhh
    mudah mudahan ga nyasar lageeeeee
    heheehehehee
    ato kalo lom punya,,misal nya uni nyasar lagi uni bisa menghubungi post policeeeeeeee terdekat
    hehehehehehehehe
    T_______T

    BalasHapus
  2. Wuakakakakakak... dasar Miaw

    Masih suka nyasar aja. Beli peta gih kalo ga ada duit buat beli GPRS XDDDDDDD

    BalasHapus
  3. hahaha.,., trnyta hobi qt jg sma.,.,

    ska' nyasar n' susah nghapal jlan.,.,

    hoohooo.,.

    BalasHapus
  4. mari nyasar bersama2 hahahaha

    BalasHapus
  5. hahaha..blogwalking nih..
    nyasar deh kesini..
    pengalamannya amazing hehe

    salam kenal ya miaw...
    nai

    BalasHapus
  6. Aish kirain cuma gw ato karakter di anime aja yang kaya begini... sampe jadi bully2 anak2 waktu masi di bandung karena rekor tersesat yang tinggi *toss*

    BTW,
    Sering nabrak tiang ato jatoh tiba2 ga pus?
    wkwkw :D

    Salam kenal BTW,

    BalasHapus
  7. burung onta mode on..wkakakakak
    pendemin tuh kepala lw mia,,yg dalem...
    wkakakakakakakaka
    *ngakak*

    BalasHapus
  8. miaaaaaaaaaaaa
    sumpahhh ngakak gilaaa
    HAHHAHAHAHHAHAHA
    HAHAHHAHAH
    WKWKWKKWKWKWKWKKWKWKWKWKWKKW
    NANGIS GW, NANGIS KARENA KEKONYLAN ELUHH HAHAHHA

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks