Rabu, 12 Agustus 2009

Fenomena Crop Circle

Semalam Mia chat ma Hamdan. Berawal ngobrolin tentang cuaca di Inggris, ngalur ngidul tentang tugasnya dipengadilan di Southampton, akhirnya sampai ke topik fenomena alam yang akhir-akhir ini menghebohkan Inggris (lagi) pada tanggal 6 Agustus 2009 kemaren, yaitu CROP CIRCLE.

Mungkin ada diantara para sahabat bloggers yang udah lama berselancar di dunia maya merasa topik ini sudah basi, tapi fenomena ini merupakan fenomen yang menarik perhatian Mia. Maklum, baru tahu hehehehe. Hamdan was said to me, this phenomenomn was beginning since 1647, hampir 350 tahun yang lalu di Inggris dan sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti tentang fenomena ini. WOW...:galit:

Crop Circle adalah suatu bentuk lingkaran dan bentuk bentuk lain seperti geometri (dan kebayakan berukuran besar/luas ), bahkan ada juga yang yang biasa ditemui membentuk citra mahkluk hidup seperti kalajengking,bunga matahari,Lebah, burung, kupu-kupu, capung dll. Dan yang anehnya, citra ini hanya muncul diladang pertanian khususunya gandum dan fenomena ini biasanya muncul di musim panas saat ladang pertanian ditumbuhi dengan tanaman. Fenomena crop circle ini telah muncul dibeberapa negara seperti Inggris, Denmark, Spanyol, Jerman, Rusia, Canada, Amerika, Australia dan Jepang. Akan tetapi, di Inggrislah banyak ditemukan pemunculan fenomena crop circle ini, khususnya Ingrris Selatan. Hal ini dimungkinkan karena ladang pertanian gandum di Inggris Selatan memiliki hektar yang sangat luas malah mungkin melebihi luasnya stadium bola.

Pola-pola gambarnya yang sangat unik dan rumit sehingga peneliti menyimpulkan pembuatnya adalam makhluk yang cerdas. Tapi, crop circle ini bukan dibuat oleh manusia berdasarkan berbagai bukti yang telah diselidiki oleh para ilmuwan. Karena, gambar-gambar tersebut muncul di ladang gandum dalam waktu semalam saja. Karena, kebanyakan para pemilik ladang mengakhiri pengawasan terhadap ladangnya sampai tengah malam. Setelah lewat tengah malam, pemilik ladang baru bisa beristirahat untuk tidur dan kembali lagi untuk bekerja jam 5 pagi. Bagaimanakah manusia bisa membuat pola yang sangat rumit ini dan berukuran raksasa hanya dalam waktu 5 jam??? Dari angkasa, kita bisa melihat dengan jelas sebuah pola geometri yang sempurna, lingkaran-lingkaran raksasa dengan garis-garis yang terhubung. Diameter lingkaran bervariasi antara 5 hingga 25 meter. Malah katanya fenomena ini masuk didalam TVeducation di Inggris.

Biasanya, untuk memunculkan gambar ini 'sipembuat' merebahkan atau merobohkan batang-baatang gandum tersebut dan bahkan ada mencukur rapi tanaman gandum di dalam pola-pola tersebut.
Kemunculannya di Rusia beberapa tahun yang lalu sangatlah menakjubkan,dimana mereka bermunculan silih berganti.Masyarakat sekitar yang melihatnya sungguh tidak mengerti, bagaimana cara mereka bisa terbentuk secepat itu.dalam kurun semalam saja,sekitar 6-7 crop circle dengan ukuran yang besar telah terbentuk dihamparan ladang gandum mereka. 6 dari 7 pola crop circle yang muncul di rusia dalam semalam

Yang membuat mereka semakin berdecak kagum adalah macam-macam bentuk dari crop circle itu sendiri,ada yang membentuk citra bunga matahari yang luar biasa indahnya. Pada 24 Juni 2009, lagi-lagi muncul sebuah crop circle dengan pola piktogram misterius yang terdiri dari beberapa lingkaran muncul di sebuah ladang gandum di selatan Rusia, yang terletak di desa kecil bernama Dinskaya, wilayah Krasnodar, tepat di sebelah jalan layang yang ramai. Walaupun begitu, crop circle ini muncul hanya dalam semalam dan tidak ada seorangpun yang melihat pelakunya. Reporter lokal telah ramai membanjiri lokasi dan para penduduk lokal Rusia membawa keluarga mereka ke tempat itu untuk berfoto.

Menurut para penduduk lokal, malam saat kemunculan crop circle itu, mereka melihat bola-bola api yang bercahaya muncul di angkasa.Kosmopoisk ( kelompok peneliti angkasa ) yang biasa meneliti crop circle menemukan gejala-gejala aneh pada malam terjadi kemunculan crop circle dimanapun. Dimulai dengan hewan-hewan yang gelisah, terutama anjing dan sapi. Namun lima menit kemudian, semua hewan tersebut menjadi tenang. Lalu kesunyian total menyelimuti wilayah itu hingga radius 20 km, bahkan tidak terdengar suara jangkrik. Lalu esok paginya crop circle ditemukan di daerah itu.

Selain gejala-gejala diatas, kemunculan bola api di angkasa selama beberapa menit hingga beberapa jam adalah satu tanda yang paling sering dilaporkan muncul pada malam kemunculan crop circle. Kemunculan bola api itu disertai dengan matinya peralatan elektrik. Mobil tidak bisa menyala dan ponsel tidak mendapat sinyal.

Di Rusia, sebelumnya crop circle pernah muncul di wilayah Armavir. Namun petani pemilik ladang gandum takut pelanggannya yang percaya tahayul tidak mau membeli hasil ladangnya sehingga ia mengambil traktor dan meratakan crop circle tersebut. Para ufolog tidak sempat mempelajarinya.

Sampai saat ini,banyak spekulasi dan pandangan mengenai peroses terbentuknya Crop Circle. Spekulasi dan asumsi orang tentang crop circle Lingkaran aneh nan misterius di ladang gandum adalah fokus yang selalu menarik perhatian dan penelitian dari kalangan ilmuwan, dan hingga kini belum ada kesimpulan atas sebab terjadinya fenomena tersebut, saat ini terdapat 5 versi utama:
1.Perbuatan manusia …
Sebenernya sulit untuk percaya kalo ini perbuatan manusia. Cukup banyak yang beranggapan, bahwa apa yang disebut lingkaran ladang gandum itu tidak lebih dari perbuatan iseng seseorang. Menurut ilmuwan Anderro dari Inggris yang telah menyelidiki sekaligus meneliti fenomena tersebut selama 17 tahun lamanya, bahwa ada sekitar 80% lingkaran ladang gandum itu merupakan buatan manusia. Seorang warga Inggris pernah menuturkan kepada media massa, bahwa dia dan beberapa temannya adalah pembuat lingkaran ladang gandum di London, Inggris. Sebelumnya mereka telah mempersiapkan gambar desain, ketika gandum di ladang hampir matang, dengan sebuah paku panjang dipantakkan di ladang gandum, dan paku itu dijadikan sebagai pusatnya, selanjutnya, melingkari permukaan tanah dengan tali, lalu muncullah sebuah lingkaran ladang gandum. Masalahnya, apakah mungkin dia dapat membuat lingkaran tersebut dalam satu malam tanpa alat bantu yang memadai? lalu tujuan membuatnya untuk apa?

2.Medan magnet
Sebagian lingkaran aneh tersebut telah dikesampingkan kemungkinannya terjadi karena ulah manusia. Sebab struktur gambar mereka (lingkaran aneh) yang rumit, ukurannya yang besar, desain yang indah, sama sekali bukan hasil buatan manusia yang dapat dikerjakan dalam waktu semalam. Meskipun Anderro bersikeras mengatakan bahwa 80% lingkaran ladang gandum itu adalah buatan manusia, namun, dia juga yakin, bahwa 20% sisanya adalah pembentukan alami karena efek medan magnet bumi. Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang gaib, dapat menghasilkan suatu arus listrik, sehingga tanaman “berbaring datar” di atas permukaan tanah. Ahli terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi. Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, oleh karena di-airi, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh. Namun demikian mereka belum bisa memberikan seluruh jawaban dari pertanyaan bagaimana bentuk-bentuk aneh itu dapat terbentuk? Apakah mungkin energi dapat berbentuk bunga atau kelajengking?

3.Angin Tornado
Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS yakni Dr.Delon Smith, bahwa perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh itu. Melalui risetnya dia mendapati, bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, dimana tempat seperti ini adalah tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado. Tapi apakah angin tornado dapat membuat lingkaran dengan ketelitian tertentu tersebut?

4. Buatan makhluk luar angkasa Atau yang paling dikenal Aliens..
Banyak yang meyakini, bahwa sebagian besar lingkaran aneh di ladang gandum terbentuk dalam waktu satu malam, besar kemungkinan adalah hasil karya makhluk luar angkasa. Sejak 1990, fotografer Alexander mengatakan, dia melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum, cahaya itu terbang kesana-kemari di antara kedua lingkaran aneh. Keberadaan alien di perut bebek liar di San Franscisco AS barangkali memperkuat dugaan ini.

5.Heterodoxy (pandangan sumbang)
Sejumlah orang percaya, bahwa di balik lingkaran ladang gandum terdapat berbagai macam kekuatan gaib, kaya segitiga bermuda gitu. Menurut dugaan ini, ada yang lantas menyebut lingkaran aneh itu sebagai “pemberitahuan bencana”, agar supaya menyebarkan pandangan sumbang yang meyimpang dari ajaran ortodoks. Mengapa lingakaran aneh tersebut kerap muncul disitu? Dan kini, lingkaran itu pernah muncul di ladang bunga matahari, Rusia, lantas kenapa bisa demikian? Mungkin kita hanya dapat menunggu ilmuwan untuk menyingkapnya lebih lanjut. Atau ada teman-teman bloggers yang punya teori lainnya...?

Di dorong rasa penasaran, Mia terus mencari informasi mengenai circle crop terutama pola yang terbentuk baru-baru ini. Berikut, list kemunculan crop circle yang teranyar: (thanks to http://xfile-enigma.blogspot.com dan http://psychedelicadventure.blogspot.com yang telah memberikan banyak informasi)

1. Mei 2009

KLIK SPOILER DI BAWAH




- Pola Diagram yang rumit. Sebuah lingkaran ladang gandum (Crop Circle) yang muncul di pinggiran kota Wroughton, Wiltshire di Inggris. Lingkaran yang berdiameter 46 meter itu adalah satu dari ratusan lingkaran yang muncul secara tiba-tiba selama dua dekade ini dan dianggap sebagai pola lingkaran yang paling rumit dari seluruh lingkaran gandum yang ada di Inggris.


- Pola YinYang. Lingkaran gandum ini muncul di dekat pekuburan di Devizes, Wiltshire pada tanggal 25 Mei 2009. Wilayah ini memang dikenal sebagai Hot Spot bagi crop circle. Panjang Crop circle ini sekitar 350 kaki



2. Juni





- Pola burung phoenix api muncul dari dalam abu di Yatesbury, Inggris. Itulah kata para penduduk setelah pada pagi hari tanggal 12 Juni 2009

- Pola ubur-ubur, memiliki panjang 600 kaki dan muncul di ladang gandum Kingstone Coombes, Oxfordshire pada 1 Juni 2009. Pola ini dianggap sebagai yang terpanjang dari antara seluruh crop circle yang pernah muncul.

- Pola Capung. 3 Juni 2009, beberapa hari setelah munculnya crop circle berpola Yin Yang dan Ubur-ubur, muncul sebuah crop circle yang tidak kalah luar biasanya dibanding dua sebelumnya, seekor Capung dengan panjang 150 kaki. Crop circle ini muncul di sebuah ladang gandum di wilayah Yatesbury, Wiltshire, lokasi yang sama dengan Crop circle Yin Yang.

- di Wiltshire, tepatnya di wilayah Milk Hill, dekat Alton Barnes. Crop circle itu ditemukan pada tanggal 21 Juni 2009 pagi. Yang luar biasanya adalah, keesokan paginya, crop circle itu ditemukan telah berubah bentuk menjadi lebih besar. dan tanggal 26 Juni 2009 Ini adalah kejadian pertama di dunia crop circle.

21 Juni 22 Juni 26 Juni

- Pola Piktogram. 24 Juni 2009, sebuah crop circle dengan pola piktogram yang terdiri dari beberapa lingkaran muncul di sebuah ladang gandum di selatan Rusia, tepatnya di wilayah Krasnodar.

-Pola Alton Prior. Pada tanggal 26 Juni 2009, sebuah Crop circle kembali ditemukan di Wiltshire, tepatnya di South Fields, Alton Priors. Ini adalah Crop circle ke-6 yang ditemukan di Inggris sejak 25 Mei 2009.



3. Juli

Maaf jika tidak semua gambar bisa mia tampilkan karena SANGAT BANYAK. Jadi cuma circle crop di awal2 Juli aja yang akan Mia tampilkan. Tapi jika banyak request buat ditampilkan, ntar akan mia tambahkan.




-Pola Solar Storm. Crop circle pertama di bulan Juli 2009 ditemukan di Wadenhill, dekat Avebury, Witlshire pada tanggal 1 Juli 2009. Crop circle ini menimbulkan banyak pertanyaan menyangkut polanya yang menyerupai "Solar Storm". Sebuah peristiwa besar yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2012. Pola ini merupakan lambang dari "Somvarta" yang terdapat di suku maya. Dimana dijelaskan, ledakan galaktic (solar storm) berbentuk cahaya kosmik yang berasal dari Pusat galaksi Milky Way. Pembakaran Galaktic ini diperkirakan terbentuk pada tahun 2012 akibat dari pergerakan matahari yang bergerak langsung ke baris jajaran Galaktic. Lingkaran bintik matahari juga meningkat dalam intensitas sehingga mempengaruhi transformasi kehidupan di bumi. Perubahan ini, dengan spontan berevolusi didalam tekanan energi baru, yang juga terjadi terhadap seluruh sistem solar. Yang artinya, ga cuma bumi aja menjauh dari matahari dan 'menduduki' posisi baru. Di dalam waktu yang sama matahari juga siap menuju ke level yang baru sebagai sumber energi galaksi bimasakti.

- Pola burung Swallow. Kali ini, pesannya jelas. Salah satu simbol dari kalender Maya 2012. Sebuah crop circle berbentuk burung kolibri sepanjang 90 meter ditemukan di Nr Stanton, St Bernard, Wiltshire pada 2 Juli 2009. Para peneliti mengatakan bahwa burung biasanya melambangkan pembawa pesan dari Tuhan dan crop circle ini mungkin membawa pesan dari dunia lain. Kemunculan Crop circle ini menyusul kemunculan-kemunculan lainnya di Inggris dan Rusia. Karen Alexander, seorang peneliti crop circle yang ternama mengatakan : "Ini adalah crop circle pertama didunia yang memasukkan unsur elemen air, jadi ini sangat menarik." Karen mengatakan ini karena crop circle ini terbentuk di sekitar kolam di ladang gandum itu


- Pola Rope Strands. Crop circle ini ditemukan pada 4 Juli 2009 di wilayah Beckhampton, Wiltshire. Tidak ada banyak informasi yang didapat mengenai crop circle ini selain bentuk kepalanya yang mirip dengan crop circle Alton Prior. Dan pola ini mempunyai kaitan dengan pola Swallow. Dalam ukiran di sebuah salah satu patung artefak peninggalan suku maya yang menjadi perlambang waktu, Rope Strands yang artinya "dua hari perjalanan dari matahari dan bumi" dan pola burung swallow dikelompokkan dengan lambang bintang yang bermakna pembawa jiwa dari orang mati.


- Crop Circle di Honey Street Wiltshire tanggal 6 Juli 2009

-Pola Ukiran Suku Maya. 7 Juli 2009, sebuah crop circle berpola raksasa sepanjang 350 kaki (sekitar 105 meter) muncul di Silbury Hill, kali ini polanya membentuk motif tutup kepala suku Maya. Para komunitas Crop circle percaya bahwa pola mistik ini adalah sinyal akhir periode 5.126 tahun kalender Maya "Long count" yang akan berakhir pada 21 Desember 2012.



- Pola simbol The Cube Tetrahedron Pyramid. Muncul di Chesterton Windmill dekat Harbury Warwickshire.pada 9 Juli 2009

-Pola kalung Mutiara (The Ouroboros / String of Pearls) muncul di Radford Hill, dekat Radford Semele, Warwickshire. Pada tanggal 11 Juli 2009.
- Pada tanggal 14 Juli 2009 muncul dua buah crop circle. Yang satu berbentuk pola YinYang lagi didekat Temple Farm, Wiltshire. Dan satu lagi berbentuk Lensa mata yang terjalin-jalin sepanjang 170 kaki dan muncul di South Field, Alton barnes, Wiltshire. Merupakan crop circle paling rumit selain pola Julia's Set, karena posisi gandum yang membentuk pola sedetil tersebut. Apabila pola crop circle yang lain terbentuk dari gandum yang melengkung rata dengan tanah, kali ini tidak. Gandumnya secara ajaib mengelompok dan menindih kelompok gandum yang lain. Terlihat seperti pola mikro dari sebuah rajutan ombak.


- Pola Galaksi Kupu-kupu dekat Allington, Wiltshire, tanggal 27 Juni dan kemudian berubah bentuk tanggla 10 Juli 2009
- Pola Orientasi Kompas (The Compass Orientation Symbolism) Muncul di Hinton Admiral, dekat New Milton. Hampshire. Tanggal 14 Juli 2009.
- Pola The Julia Set Eclipses yang muncul di Martinsell Hill, dekat Wootton Rivers, Wiltshire. Reported 19 Juli 2009
- Pola Gerhana Total Tata Surya ( The Total Solar Eclipse ) Muncul di Liddington Castle, dekat, Wiltshire. Tanggal 19 July 2009, dimana pola circle crop ini terjadi di 'peta' tata surya kita pada tanggal 22 Juli 2009.

- Pola yang berhubungan lagi dengan peradaban Maya, muncul di perkebunan Smeathe dekat Ogbourne Down Gallop, Wiltshire tanggal 24 Juli 2009. Petani yang memiliki ladang ini mengatakan bahwa ia tidak pernah memberikan akses masuk bagi siapapun ke ladang gandumnya. Jadi ia begitu terkejut ketika menemukan crop circle itu pada 24 Juli Pagi.
- Pola seperti Comet (A Comet Like) yang di duga petunjuk penting mengenai arah bulan. Muncul di St Andrew, near Marlborough, Wiltshire. Tanggal 29 Juli 2009.

-Dua buah pola Crop Circle yang muncul saat bersamaan pada 31 Juli 2009. Yang satu di Winterbourne Bassett, didekat Avebury, Wiltshire. Dan satu lagi di Hackpen Hill dekat Broad Hilton, Wiltshire


4. Agustus




- muncul di Morgans hill, dekat Bishop Canning, Wiltshire. Crop circle ini dilaporkan muncul pada tanggal 2 Agustus. Beberapa peneliti yang melihat crop circle ini segera merujuknya ke "sacred geometry".

- muncul di dekat Chipping Norton, Oxfordshire, Inggris, tanggal 3 Agustus 2009. Ukurannya sekitar 300 kaki.

-Pola The another Solar. Crop circle terbaru muncul di Windmill Hill, dekat Avebury Trusloe, Wiltshire, tanggal 6 Agustus 2009. Kali ini polanya diyakini menyerupai sebuah sistem tata surya, yang jelas bukan tata surya planet kita



Mia setuju dengan pendapat dari para ilmuwan, bahwa siapapun yang membuat desain Crop Circle ini, adalah seorang yang jenius karena bisa membuat pola yang rumit dan unik di ladang gandum hanya dalam waktu semalam. Tapi sebenarnya, yang membuat fenomena ini menjadi sangat menarik buakanlah ART atau KARYA SENI yang indah dan memuaku ini, akan tetapi adalah misteri yang terselubung dibalik fenomena circle crop ini sendiri. Isn't it...:woooh:

13 komentar:

  1. kayanya hal yang biasa deh....masalahnya kan masih banyak lho hal hal yang nggak terjangkau ato belum terpecahkan oleh akal manusia....contohnya aja kita liat ama piramid, candi,juga tembok cina...sampe sekarang tuh belom tau deh jawabanya gimana teknologi pembuatanya.dan tentu ada lho peradaban pada masa itu..

    dan pernahkah miau mengamati foto pendaratan di bulan..???
    kayanya pada gambar nggak ada bintangnya deh...
    dan.....kok bisa ...bintang nggak keliatan di bulan.....sampe sekarang nih....kan belom ada tuh yang bahas....he...
    trims..

    BalasHapus
  2. semakin aneh saja dunia,tinggal menunggu waktu kapan "si ular besar" keluar dari dalam tanah.

    BalasHapus
  3. Mungkin menurut gw pelajari bentuk yang telah dibuat, kemudian analisa dan buat perbandingan dengan gambar apa yang udah ada tercetak, baik di skrip2 kuno, atau beberapa kepercayaan kebudayaan, atw suatu tempat yang juga dianggap misterius, contoh, di pyramid (baik di mesir, maya atw lainnya) kan bnyak gambar2 yang masih misteri.. kalo ada hubungan atw kemiripan, pelajari juga maksudnya,,

    *aduuuh kepanjangan,,, udah ah, ntar jadi boring,, hahahaha*

    BalasHapus
  4. saya tidak punya jawabannya.. *doh bahasannya terlalu ilmiah, gak ngerti. menyimak saja..

    tapi artikel ini sangat2 bagus buat nambah pengetahuan.. thank dah sharing.. :D

    BalasHapus
  5. ya... tapi siapapun yang membuatnya... dipastikan "dia" punya sense of art yg keren...:)

    BalasHapus
  6. intinya, muantaaaaffff, siapapun pembuatnya, dia hebat... in my opinion, that's one of God's creation :D...

    BalasHapus
  7. gila.. gw baca sampe habis... puas gw.. walau pun akhirnya tetep ga ketahuan siapa yang bikin..

    te ha ex ya miaw..

    BalasHapus
  8. bener...yang menarik dari Crop Circle ini adalah misteri yang terselubung...
    buatan manusia?? alam?? ato alien?? siapa ya yang tahu jawabannya...

    BalasHapus

  9. LAMUNAN
    By : Andromeda


    Kala malam berselimut sepi
    Kala hati dirundung sunyi
    diiringi bisikan sang bayu....

    Tercermin wajah sang rembulan
    Lamunan membayang diriku
    Namun tiba2 angan-ku terjaga

    Yang lalu biarlah berlalu
    Ditelan dingin malam
    Hidup ini penuh dengan na'as
    hidup ini adalah perjuangan...

    BalasHapus
  10. Lelah pikirin siapa yang create, tapi pasti semua terjadi ada yang mengatur. Mungkin saja DIA.
    Salam

    BalasHapus
  11. Lelah pikirin siapa yang create, tapi pasti semua terjadi ada yang mengatur. Mungkin saja DIA.
    Salam

    BalasHapus
  12. Subhanallah...ck..ck...ck..ijka ini suatu fenomena alam tapi mengapa selalu berubah-ubah crop circle nya unik dan menarik.tapi yang pasti ada yang membuatnya dengan maksud N tujuan tertentu.kalo Alien gak mungkin deh khan sudah mati ama predator,predator mati ama Arnold swazzeleger (suara petir) hik..hik..
    infonya bermanfaat juga nih..thanks bro

    BalasHapus
  13. menarik banget dibacanya apalagi ada gambarnya.....suerrr kerennn bangettt...

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks