Selasa, 24 Mei 2011

Sang Pecinta Kematian -Necrofilia-

Hear,,, the song of the death,,,
Dah lama ga bahas tentang psikologi lagi. Well,, kali ini mau bahas tentang salah satu penyakit kelainan jiwa -yang mungkin cukup mengerikan-, yaitu Necrofilia

mungkin istilah penyakit satu ini, jarang didengar oleh orang-orang kebanyakan. Mia pertama kali 'berkenalan' dg istilah Necrofilia ini saat lagi penasaran-penasarannya tentang kisah-kisah para serial killer didunia. Tepatnya dua tahun yang lalu. Ada disebuah situs menarik luar negeri, yang dimana 'menampung' file-file dari kisah-kisah pembunuhan sadistis yang ditenggarai pelakunya seorang mempunyai penyakit kelainan jiwa. (lupa euy nama situs itu, entah FBI case entah x-files case. lupa~~)

disana, banyak 'berkenalan' dengan penyakit-penyakit yang pada umumnya diidap oleh pelaku-pelaku pembunuhan ini. Di antara lain seperti psikopat, schizofrenia, MPD (multiple Personality Disorder), pedofil, kanibal,  bipolar, dan masih banyak lagi. Sampai bertemulah sebuah sebuah istilah yang bisa dibilang baru mia dengar kala itu. ya itu Necrofilia.


APA ITU NECROFILIA?

Necrofilia (juga disebut thanatophilia atau necrolagnia) adalah sebuah penyakit kelainan jiwa, yang dimana si individu mempunyai ketertarikan sekesual terhadap mayat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani: νεκρός (nekros; "mayat" atau "mati") dan φιλία (philia; "persahabatan"). Istilah ini berasal[1] dari karya Krafft-Ebing tahun 1886, Psychopathia Sexualis

Lawan dari necrofilia ini adalah necrophobia, yaitu ketakutan berlebihan terhadap mayat, dan biofilia yaitu pecinta kepada kehidupan.

Ada 3 tipe penderita nekrofilia secara umum.
1.. Necrophilic homicide, penderitanya harus membunuh terlebih dahulu untuk mendapatkan mayat dan memperoleh kepuasan seksual.
Faktor pertama ini, banyak terdapat dikasus-kasus pembunuhan berantai. Sebut saja contohnya, Jeffrey Dahmer, Ted Bundy, Nico Claux Luis, Alredo Garavito, Andrei Chikatilo dan masih banyak lainnya. Dari Indonesia bisa kita lihat pada kasus Robot gedeg, Babe dan Ryan jombang. Kebanyakan, para pelakunya serial killer ini tidak murni mengidap necrofilia semata. tetapi juga mengidap salah satu atau beberapa kelainan jiwa lainnya seperti pedofilia, gay, psikopat, kanibal dan lain-lainnya.

Jeffery dahmer dan beberapa korbannya
2. Regular necrophilia, si penderita hanya menggunakan mayat yang sudah mati untuk memperoleh kesenangan seksual. 
Penderita ini, pada banyak kasus ditemui oleh petugas pengurus pemakaman, Seperti tukang rias mayat, tukang penggali kubur atau kremasi, bahkan para petugas bagian kamar mayat dirumah sakit. Ada beberapa kasus, para pengidap ini kedapatan melakukan tindak perkosaan kepada si mayat. bahkan, tidak jarang, para pelakunya akan membongkar kembali kuburan mayat yang disukainya untuk disetubuhi. bahkan simayat dicuri dan disimpan didalam rumahnya sampai menjadi kerangka atau dilapisi dengan lilin agar simayat tidak mengalami pembusukan.

Sejarah mencatat hal serupa terjadi di Mesir ribuan tahun lalu. Para suami yang takut mayat istrinya diperlakukan tak senonoh oleh pembalsem, menyimpan mayat istrinya di rumah sampai benar-benar membusuk.Salah satu yang menjadi legenda hingga kini adalah Raja Herod yang membunuh istrinya, kemudian berhubungan seks dengan mayatnya selama lebih dari 7 tahun.

3. Necrophilic fantasy, si penderita berfantasi berhubungan seks dengan mayat, tetapi tidak melakukannya.
Teori tentang motif seseorang melakukan penyimpangan seks yang pertama disebabkan ia takut berhubungan dengan normal. Ia takut terjadi penolakan yang otomatis mempengaruhi psikologis dan aktivitas seksualnya. Mayat adalah objek seksual yang dianggap tidak akan dapat melawan atau menolak keinginannya dalam berhubungan seksual.
Jenis kelamin penderita necrophilia, 90 persen laki-laki. Hanya sebagian kecil yang pelakunya seorang wanita


CIRI-CIRI PENGIDAP NECROFILIA

Terkadang, pengidap necrofilia tidak hanya menyukai mayat untuk dijadikan sebagai objek seksual. Akan tetapi, juga sebagai pemuasan ego atau kesenangan berlebihan melihat mayat yang menimbulkan euforia didalam dirinya. Atau kata lainnya, sang pengagum kematian. Orang pengidap necrofilia biasanya amat suka tentang kesakitan (penyiksaan), pemakaman, dan kematian. sebut saja contohnya, pangeran Vlad Tepes IV, seorang pahlawan salib yang dikenal dengan nama Dracul (naga) atau Dracula (anak naga) the impaler. Hitler juga dijadikan sebagai sosok pengidap nekrofilia, selain Eichmann dan Stalin. Mereka adalah para penguasa negara yang menyebabkan kematian dan penderitaan bagi jutaan rakyat. 

Namun, kalangan penderita nekrofilia tidak selalu menampilkan sikap terbuka dan menunjukkan sifat sadis dan kesenangannya dalam membunuh seperti Dracula, Hitler, Stalin dan Eichman. Adapun para pengidap kaum pengagum dan penderita nekrofilia bisa bersikap tertutup atau menunjukkan keramahan terhadap sesama. Wajahnya menyunggingkan senyuman, sikap tubuhnya bersahabat, parfum pewangi menghiasi, dan cara bicaranya mudah memancing keakraban. Manusia-manusia nekrofilik bisa menjalani kehidupannya di antara orang biasa. Kesadisannya tidak perlu dipamerkan dalam bentuk ekuasaan yang serba memerintah atau sikap badan yang menumbuhkan ketakutan. Seperti Tomohiro Kato di Jepang, dengan menyatakan bosan hidup dan bertindak bengis terhadap orang- orang tanpa dosa. Jeffrey Dahmer juga dikenal sebagai orang simpatik dan pandai berbicara. Begitupun dengan ryan Jombang yang ramah dan sopan santun dalam bertutur.

Adapun menurut Anil Aggrawal MBBS, MD, Professor of Forensic Medicine, Necrophilia dibagi menjadi 10 jenis, yaitu:
  1. Role players
  2. Romantic necrophiles
  3. People having a necrophilic fantasy – necrophilic fantasizers
  4. Tactile necrophiles
  5. People having a fetishistic necrophilia – fetishistic necrophiles
  6. People having a necromutilomania – necromutilomaniacs
  7. Opportunistic necrophiles
  8. Regular necrophiles
  9. Homicidal necrophiles
  10. Exclusive necrophiles.

PENYEBAB NECROFILIA

Sama dengan hal pemicu kelainan jiwa lainnya, kebanyakan para pengidap necrofilia yang akhirnya menjadi serial killer, mempunyai latar masa kecil yang suram. Mereka adalah korban kekerasan fisik dan seksualketika masih kanak-kanak. kehidupan mereka yang keras, tanpa disadari membentuk sebuah kepribadian sadistis didalam diri mereka.

Akan tetapi, adapun pengidap necrofilia ini berasal dari kalangan keluarga bahagia atau setidaknya tidak pernah mengalami pengalaman traumatik didalam hidupnya. hal ini, biasanya dipengaruhi oleh lingkungan tempat ia bekerja (seperti petugas pemakaman yang terbiasa berinteraksi dengan mayat), ataupun adanya kekecewaan seksual yang dialami dengan partner atau pasangannya, ataupun orang orang yang yang selalu gagal untuk mendapatkan pasangan,  dimana si mayat tidak bisa 'melawan' sehingga sipelaku merasa lebih menemukan kepuasan ego dan seksual dimana ia mendapat kendali dominasi sesuai keinginannya.

Atau rasa cinta yang teramat sangat terhadap orang dicintainya, bisa membuat orang menjadi necrofilia. Dimana, ia tidak menerima ditinggalkan oleh orang dicintainya, sehingga membuatnya nekat untuk tetap tinggal bersama mayat sang kekasih bahkan bercinta dengan mayat tersebut. Kasus ini bisa kita lihat disalah satu kasus baru-baru ini di Vietnam, dimana seorang laki-laki paruh baya bernama Le Van, yang kehilangan istrinya pada tahun 2003. Karena dia tidak bisa tidur di malam hari tanpa memeluk pasangan tercinta, dia tidur di atas kuburnya selama 20 bulan. Ketika ia tidak tahan hujan dan angin lagi, ia memutuskan untuk menggali terowongan ke dalam kubur, sehingga ia bisa tidur dengan istrinya. Sampai saat ini, ia selalu menemani 'tidur' sang istri selama 6 tahun.

cinta sehidup semati dengan sang istri
Selain itu, adanya kelainan jiwa yang memang diidap oleh individu semenjak kecil, yang dipercaya 'warisan' dari nenek moyang sipelaku yang dimungkinkan mengidap penyakit kelainan jiwa seperti psikopat (adanya penelitian dari para ahli, bahwa penyakit psikopat dalam diwarisi melalui gen). Sehingga, sifat sadistis sudah tertanam didalam gen-nya dan menemukan kepuasan dan kesenangan terhadap hal-hal berbau kematian dengan cara yang sadis tanpa ada rasa bersalah.
Adapun,  penyebab-penyebab seseorang melakukan Necrophilia secara umum sebagai berikut:

- 68 persen itu didorong oleh keinginan untuk tidak ditolak dalam berhubungan;
- 21 persen oleh sebuah keinginan untuk reuni dengan mitra yang hilang;
- 15 persen oleh ketertarikan seksual dengan orang mati;
- 15 persen oleh keinginan untuk kenyamanan atau untuk mengatasi perasaan isolasi dan
- 11 persen oleh keinginan untuk memperbaiki harga diri yang rendah dengan mengekspresikan kekuasaan atas mayat.




(sumber - wikipedia dan beberapa forum yg udah lama disave lupa linknya >.<)

42 komentar:

  1. pengidap necrofilia serem juga yaahh sampae bercinta dengan mayatt...pelaku sadis nihh.
    apakah sama juga tuh pengidap necrof yg melampiaskan nafsu sesama jenis kemudian baru di bunuhnya..?

    BalasHapus
  2. @bang ipin: kalo pecinta sesama jenis itu Homo. Yg menyukai mayat itu Necrofilia. Jadi necrofilia ini, bisa aja diidap oleh orang heteroseksual ataupun homoseksual. Seperti kasus Ryan Jombang, kebetulan dia seorang gay yang juga mengidap kelainan necrofilia dan psikopat (gangguan emosional yang tidak merasakan empati).

    Sedangkan utk kasus Le Van, adalah seorg heteroseksual yg menjadi necrofilia karena disebabkan perasaannya yg sangat mencintai istrinya.

    BalasHapus
  3. wuaa setahun ane gak kesini :D
    necrofilia ngeri banged bayanginnya.. cinta yang mendalam ternyata bisa menggiring seseorang jadi seperti itu
    secara emosional, cinta yang luar biasa..
    secara normal -mengerikan zuga he he

    BalasHapus
  4. kalau saya sih paling ngomongnya, orang2 seperti mereka itu orang-orang yg sangat kekurangan iman. (bukannya mo ngomong org yg gk menderita penyakit ini imannya oke), tapi org2 yg dekat dengan tuhan, hatinya jadi nggak buta dan akalnya sehat.

    *ahiihihihihi* ^^

    itu yang cinta banget ma istrinya(yg sudah mati), ngeri banget... ;p

    BalasHapus
  5. serem ya..hii..apalagi kalo mereka tampak spt orang biasa

    BalasHapus
  6. Mb gak berani lihat gambarnya...jadi bacanya sekilas aja, maklum penakut bisa kebayang2.

    BalasHapus
  7. Aichhhh miawww nakut2in. Koq penyakit jiwa aneh2 gini sich. Bisa diobatin ga sich?

    BalasHapus
  8. gila....
    kirain yang kaya begini cuman ada di tivi aja. Edan lah euy.

    Nice post. Super like.

    BalasHapus
  9. Kelainan jiwa yang satu ini menakutkan ya...

    Terima kasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  10. @alkatro: begitulah kl segala sesuatu yg berlebihan itu

    @koskakiungu: bgtulah, slain itu, kondisi kesehatan mental stiap org berbeda jg krn pengaruh pengalaman dan lingkungan ia besar

    @sang cerpenis: iya, apalagi pembawaannya simpatik. byk pembunuh serial killer yg keliatan simpatik shg bs mengecoh korban dan masy sekitar >.<

    @ibu dini: bukan cerita horror kok buk hahahaha

    @Wuri: well,, ngobatinnya ya dg pergi ke psikolog

    @[L]ain: welcome to the reality :D

    @mbak lina: iya mbak... kalo sipengidapnya suka, dibunuh dulu tu org yg disukainya >.<

    BalasHapus
  11. wooow... apakah saya necrofilia? seru kalo dijadikan cerpen ^_^ thanks mia

    BalasHapus
  12. btw. pic nya celem but art

    BalasHapus
  13. klw faktor persaratan utk mendapatkn ilmu "tertentu" masuk kategori mana tuh?

    BalasHapus
  14. nauzubillah semoga saya gak terkena begituan xoxox..

    ngemeng2 kenapa neh FBnya kok tak ada?..

    BalasHapus
  15. @wana: hiiiyaaaaaaa,,,, pasti bkin cerpen psikopat lg hueheuehueheu di tunggu nyaaaa^^

    @moenas: lah,, kan dah aktif lg tuh :O

    @Anonim: Kalo niatnya murni buat nuntut ilmu hitam, tidak bisa dikatakan necrofilia. Krn dia melakukan itu atas niat buat menuntut ilmu sesat semata atau pesugihan mgkn. tidak krn dorongan ketertarikan atas mayat atau atas kematian

    BalasHapus
  16. yaaaaaaaaah!! telat nih g jadi pertamax atau keduax..
    oooh gitu teh mia, ternyata ada namanya apaan itu yuaa.. ya gitu deh yg teh mia bilang. kalau saya baca di terselubung seorang ilmuwan yg mengidap necrofilia, dia kawin sama mayat dan jadiin dia istrinya (yaiyalah), hih.. mengerikan!!!
    tp kyknya teh mia kalo dapet mayatnya gackt pst deh lgsung dikawinin.. ;p

    BalasHapus
  17. sory miaw tadi blum cek fb xoxoxo...
    mampir lg neh

    BalasHapus
  18. jangan lupa teror plus telor gara2 meong satu ini lupa ngasih resep.... :O

    BalasHapus
  19. wiiiiii ngeri!?!?! di blog saya pernah tuh ngebahas sol pembunuh berntai yang paling sadis!!!! dan pembunuh tersadis ternyata seorang wanita lho jika dilihat dari junlah korbannya!!!!

    BalasHapus
  20. @Pipit: ow,, tentu ga donk pit. sangar2 gini kakak kan biofilia alais pecinta kehidupan hahahaha,, serem aja ah, ma mayat. apalagi itu Gackt. atuuuuuuuuttt >.<

    @Moenas: sip sip hahahah

    @piyu: hiyaaaaaaaahhh piyuu,, kan udah tuuuuh

    @jhoni: elizabeth bathory ya? lbh byk kakek moyang dia ngebunuh org. itu tuh, si vlad dracul. 12 rb pasukan muslim di 'sate' ma dia hidup2. blm lg rakyatnya sendiri yg melanggar aturan bahkan istri dan selirnya. pada di tusuk gt. bleeehhh

    kalo elizabeth bathory dianya bkn necrofilia, tapi psikopat dan rada lesbi (lbh ke biseks sih, tp krn tantenya jadi lesbi dia) dan motifnya membunuh gadis2 muda murni motif utk menjaga kecantikannya yg ia percaya dr darah

    BalasHapus
  21. sadomasochism rntan trkena pnyakit ini y? hmm, smg dirimu g kyk gtu mew :O pkokny saran gw, kl kehilangan org yg dsyangi, prcyalah bhwa akn ad yg lain yg siap mnerima. gw jg siap kok, haha

    BalasHapus
  22. Walah bercinta malah dengan mayat,.. ada2 aja mau nya....

    BalasHapus
  23. @Xen xen: madomasochism sih lh ke arah senang menyiksa/menaykiti pasangan atau diri sendiri secara fisik dan mental. beda Xen :O

    halahhh,,, ya ga laaaah,,, gila aja suka ma mayat widiiiihhh,,, naudzubillah mindzalik ~~ msh byk yg bernyawa diluar sana hahahahaha

    @obinhut:itulah,, ga msk akal tp itulah yg terjadi :hammer:

    BalasHapus
  24. waw artikelnya bagus mi, jadi tau nih kita, tapi klo penyakit jiwa ini apa sama dgn penyakit badan ya, terkadang emang ga bisa ditolak atau kalau kitanya kuat bisa ditolak juga, hmmmm bingung jugaa :D

    BalasHapus
  25. Wahhh... telat nih baca cerita horrorr..
    Serem juga yah, bercinta dengan mayat ? tp klo khasusnya rian tuh bukan Necrofillia yah ? dia khan cuman membunuh doank, ga pake bercinta dengan mayat... ?

    BalasHapus
  26. Wah..serem banget, tp menarik.. Pengetahuan baru buatku..
    Salam kenal mbak.. Have a nice day..

    BalasHapus
  27. @ami: Sakit scr kejiwaan biasanya dr alam bawah sadr. org yg punya penyakit kejiwaan, bisa jadi dia sadar atau malah ga sadar kl perbuatannya salah alias merasa biasa2 aja. kalopun dia merasa bersalah, tapi dorongan jiwanya utk melakukan hal amoral terkdang susah ditahan. karena itu, disarankan mereka yg mengalaminya berobat ke psikolog dna memperkuat keimanan masing2

    @Mbak lina: necrofilia tidak harus orientasi seksual aja terhadap mayat. tapi jg pemenuhan ego atauia merasa lbh berkuasa jika dg mayat. makanya, org2 spt ini, doyan membunuh. krn dg membunuh, ia merasa mendapatkan kekuasaan atas org yg dibunuhnya. contohnya, hitler, dracula dll

    @ngoprek: sama2^^

    BalasHapus
  28. suatu penyakit yg mengerikan
    bagaimana dengan Sumanto?

    long time no see neh Miaw

    BalasHapus
  29. lagi'an apa enaknya...gak bisa goyang...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  30. ih emang enak apa ya gituan sama mayat. bumi gonjang ganjing =.=

    BalasHapus
  31. wuih sangat mengerikan.... gimana ya rasanya bercinta sama mayat.... sampe 7 tahun lagi...amit amit deh
    btw, ini sih bukan sekedar gosip yg bagus....it's perfect!!!

    BalasHapus
  32. HORROR banget sih postingnya kali ini!

    kayak film-film kekerasan dan pembunuhan! wiw.. takkut *ngumpet dibalik pintu*

    emang gak bisa ditampik, kisah dan kejadian kayak gini tuh memang ada terjadi! ah merinding nih jadinya, hiii

    BalasHapus
  33. Ngeri sungguh bila difikirkan. Masya-Allah, kejam betul org2 sebegini. Mintak Allah jauhkan dari golongan sebegini

    BalasHapus
  34. Hebat! Tambah pengetahuan nih!

    BalasHapus
  35. jadi inget film korea yang judulnya beautiful ^^

    BalasHapus
  36. waduhhh... bisa sampe segitu ya.. serem amat!!!

    BalasHapus
  37. penjelasannya lengkap dan mudah dipahami berkat contoh kasusnya. tapi malah serem bacanya.. >.< hi~~~

    BalasHapus
  38. jadi takut sering ngobrol sama mia....
    #ngumpet di mana aja, asal mia ga tau :ngacirrrr

    BalasHapus
  39. makanya,,, waspadalah,,, waspadalah >:)

    BalasHapus
  40. mengerikan =_="

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks