Kamis, 24 Desember 2009

Para Pemimpin Teladan (dan Impian Para Rakyat)

Di dunia ini, begitu banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin. Bahkan, di era demokrasi ini, dimana kekuasaan berada ditangan rakyat, sehingga pemimpin tidak lagi berdasarkan keturunan, akan tetapi atas dasar pilihan rakyat. Oleh karena itu, bayak yang berlomba-lomba untuk 'menjilat rakyat' dengan memberikan janji-janji manis semanis madu, rayuan yg melebihi rayuannya pulau kelapa, SKSD dengan rakyat kecil ketika akan adanya pemilihan, dll banyak pembohongan publik lainnya. Dan pada akhirnya, kita dapat mengetahui apakah sikap dan janji manis itu apakah kebenaran atau untuk membodohi rakyat agar ia dipilih.

Ditengah hampir hilangnya dan ketengah putusasaan kepercayaan rakyat terhadap sosok orang yang akan maju sebagai pemimpin yang benar-benar tulus melayani rakyat, mungkin, ketiga sosok berikut ini mungkin bisa terus memberikan kita harapan untuk mendapatkan pemimpin yang tulus, adil dan menjalani tanggungrakyatnya sbg pelayan rakyat.

1. AHMAD DINEJAD

TV Fox (AS) menanyakan pada Presiden Iran Ahmedi Nejad; "Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?" Jawabnya: "Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:"Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran ."

Siapa yang tidak kenal sosok pemimpin yang unik ini. Beliau benar-benar bisa dikatakan sebagai pemimpin idaman para rakyat, teladan untuk para pemimpin lainnya dan inspirasi bagi calon pemimpin generasi mendatang. Betapa tidak, walaupun telah menjadi orang nomor 1 di negaranya, akan tetapi gaya hidupnya yang sederhana tetap tidak pernah berubah. Bahkan, godaan kekuasaan, kilauan uang yang akan didapatkannya sbg presiden tidak bisa membutakan mata hatinya.

Ahmedi Nejad, adalah presiden Iran yang membuat orang ternganga, karena pada saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, ia menyumbangkan seluruh karpet
Istana Iran yang sangat tinggi nilai maupun harganya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikan karpet kantornya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

Para wartawan mewawancarainya di kantor kepresidenan yang sederhana

Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

Tempat ruang menerima tamu yang sederhana


Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri2 nya untuk datang kepadanya dan menteri2 tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan2 darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri2 tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250. Hanya itulah yang dimilikinya sebagai seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan.

Dan sampai saat ini ia masih tinggal di rumah pribadinya. Dan sampai saat ini (masa kepemimpinannya 2x di Iran) ahmadinejad masih tidur di lantai tanpa aksur sebagaimana ia tidur ketika ia masih dalam keadaan susah dahulu. Walau ia telah menjadi presiden, ia tidak membeli perabotan mahal dan kasur mahal untuk dirinya dan keluarga. Sebagaimana yang pernah ia katakan, ia tidak akan pernah tidur dikasur sampai tidak ada satupun rakyat Iran yang tidur di lantai.

Bahkan ia TIDAK MENGAMBIL GAJINYA, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya. betapa kontrasnya ini dengan para pemimpin lainnya (termasuk pemimpin kita) dimana baru memimpin udah mulai menaikkan gajinya dan gaji para menteri ditengah kemiskinan rakyat yang dicekik oleh pajak hidup yang tinggi di negeri tercinta ini tumbuk

Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan Ahmadinejad adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga MENGHENTIKAN kebiasaan menyediakan makanan yang DIKHUSUSKAN untuk presiden.
makanan sehari-hari; roti keju tradisional Iran dari sang istri

Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, IA MEMINTA TERBANG DENGAN PESAWAT TERBANG BIASA DEGAN KELAS EKONOMI. Bandingkan dengan pemimpin lainnya yang meminta perlakuan khusus dan isimewa dengan menyediakan pesawat khusus kelas VIP dan menghambur-hamburkan uang negara (yang di dapat dari pajak rakyat).

AHmadinejad kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi , atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.bahkan dia hanya makan setiap paginya hanya roti dan nasi putih . dia pernah berkata " biarlah dia makan seadanya asalkan rakyatnya makan yg enak , biarlah dia yg kelaparan daripada rakyatnya yg kelaparan "

Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka. tdk sperti pemimpin lain yg jika sholat berjamaah HARUS sholat di barisan paling depan. Kalo dapat belakang dikit, berarti ga ngormatin.

dan ia tidak segan-segan mendirikan sholat di tepi jalan sekalipun jika di dalam perjalanan kenegaraannya ia tidak menemukan masjid atau mushola untuk sholat.

Dan ketika putra beliau menikah, ia melaksanakannya dengan sangat sederhana, layaknya pesta yang diadakan para kaum buruh disana, yaitu makanan pestanya hanya dari roti tradisional di Iran dan buah-buahan.


(kanan: pesta yang sangat sederhana. Kiri: bersama sang putra yang menikah)


2. FERNANDO LUGO MENDEZ

PARAGUAY adalah negara paling miskin di kawasan Amerika Latin. Pendapatan utama negara ini bersumber dari produk-produk pertanian, terutama kedelai dan produk turunannya yang menyumbang lebih dari setengah hasil ekspornya, yang pada tahun 2007 tercatat 2.390 juta dolar AS. Tingkat pertumbuhan ekonominya sebenarnya cukup bagus, yaitu 6,4 persen per tahun.

Dengan jumlah penduduk “hanya” 6,5 juta jiwa, negara dengan luas wilayah 406.762 km persegi ini seharusnya bisa memakmurkan rakyatnya. Namun karena negara salah urus; sempat dikuasai oleh kediktatoran selama 39 tahun, korupsi dan nepotisme merajalela, dan lebih dari sepertiga penduduknya adalah petani tanpa tanah; maka label negara termiskin di kawasan itu terpaksa disandangnya.

Fernando Lugo Mendez bukan konglomerat atau politisi bergelimang uang. Mantan uskup ini hanya pekerja sosial yang miskin. Tapi, godaaan uang dan materi ternyata tidak menyilaukan matanya ketika ia berhasil menjabat sebagai presiden di sebuah negara miskin paraguay. Ia penganut sosialisme yang mendalami ajaran Pancasila ini malah menolak mendapat gaji selaku Presiden Paraguay, yang diumumkannya pada malam sebelum pelantikannya. Keputusan Lugo ini adalah keajaiban terbesar di dunia politik, sepanjang sejarah demokrasi di jagat raya ini. Dia melawan arus besar yang berlaku di semua negara, termasuk di AS, di mana jabatan presiden memberikan privilese serta kesempatan memperkaya diri dan kelompok.

Keputusan Lugo yang mencengangkan itu disambut gembira oleh ribuan pendukungnya. Namun, Presiden Ekuador Rafael Correa mengingatkan dengan cemas,”Begitu Lugo mulai mengubah berbagai hal, serangan akan dimulai.” Serangan dimaksud bakal berasal dari kalangan kapitalis, termasuk kekuatan politik yang berkiblat ke AS.

Bukanlah kebetulan jika semua pemimpin sosialis Amerika Latin hadir dalam acara pelantikan Fernando Lugo, yang berlangsung sederhana di ibukota Asuncion. Mereka dipersatukan oleh semangat anti-Amerika Serikat, atau setidak-tidaknya berani melawan dan mengatakan TIDAK terhadap negara adi kuasa itu. Sebaliknya negara-negara yang dipimpin para politisi konservatif yang pro Amerika, yaitu Meksiko, Kolumbia, Peru, hanya mengirim utusan.

Para presiden beraliran sosialis yang hadir dalam pelantikan “presiden kaum miskin” itu antara lain Hugo Chavez dari Venezuela, Luiz Inacio Lula da Silva (Brasil), Cristina Kirchner (Argentina), Michelle Bachelet (Cili), Evo Morales (Bolivia), dan Rafael Correa (Ekuador). Kehadiran mereka membuat acara pelantikan tersebut menjadi semacam perayaan kebangkitan sosialisme gaya baru di bumi Amerika Latin.

Fernando Lugo, 56 tahun, memenangkan pemilu presiden Paraguay pada tahun 2009 April lalu. Sebelumnya dia bekerja sebagai uskup Katolik di wilayah-wilayah miskin negara yang bertetangga dengan Brasil, Argentina, dan Bolivia itu. Dia mendapat izin cuti sementara dari Vatikan, memenangkan pemilu, dan menjadi uskup pertama di dunia yang berhasil memenangkan pemilihan presiden.

Gaji presiden Paraguay lebih kecil dibanding gaji anggota DPR-RI. Menurut kantor berita Associated Press, gaji presiden Paraguay adalah sebesar 4.000 dolar AS atau sekitar Rp.37 juta per bulan. Sangat kecil dibandingkan gaji anggota DPR-RI, yaitu sebesar Rp.49 juta per bulan. Dan makin kecil lagi dibandingkan gaji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekitar Rp.150 juta per bulan.

Dengan menolak mendapat gaji, pengagum pemikiran Bung Karno ini akan benar-benar menjadi relawan di tampuk kekuasaan Paraguay. Lugo akan menjadi pimpinan negara di dunia yang murni volunteer alias bekerja tanpa mendapat upah. Luar biasa!

Memang, dia naik ke puncak kekuasaan di negara itu, berkat dukungan kaum miskin, terutama para petani tanpa tanah dan serikat buruh. Mungkin keputusannya itu adalah wujud solidaritas paling nyata kepada kalangan miskin, yang mencapai 35,6 persen dari total populasi.

Baginya, hidup adalah melayani…

3. PANGERAN WILLIAM

Pangeran Willian, adalah anak dari Pangeran Charles dan Lady Diana, yang kelak akan menggantikan ayahnya menjadi Raja di Inggris. Meskipun sekarang ini kerajaan merupakan simbol dan bukan kepala negara dalam pemerintahan di Inggris, akan tetapi mereka masih mempunyai kekuasaan dan keagungan tersendiri di mata rakyat Inggris. Dalam urusan politik luar negeri, mungkin memang lebih dominan ditentukan oleh perdana menteri, akan tetapi dalam pembangunan dalam negeri dan berhubungan langsung dengan rakyat masih di pegang oleh keluarga kerajaan.

Dalam posisinya sebagai pangeran, William tetap rendah hati seperti mendiang ibunya. Ketika ia diwajibkan wajib militer, William tidak meminta perlakuan khusus dan berbaur dengan para prajurit lainnya selama masa pelatihan.

Ditambah lagi, diantara sejarah kerajaan, mungkin kali inilah adanya seorang pangeran yang rela tidur dijalanan ditengah dinginnya udara di musim dingin hanya untuk bisa merasakan penderitaan rakyatnya khususnya para gelandangan. Selama semalam, William benar-benar tidur di pinggir jalan bersama para tuna wisma di dekat Jembatan Blackfriars, London. Kejadian itu sudah berlangsung seminggu yang lalu, Selasa 15 Desember 2009. Namun, kabar itu baru boleh dipublikasikan ke kalangan media massa, Selasa 22 Desember 2009.

Dalam acara tidur bersama para gelandangan, William didampingi oleh Seyi Obakin, yang merupakan ketua yayasan tuna wisma Centrepoint. William juga merupakan pelindung yayasan itu sejak 2005 seperti ibunya, Putri Diana yang juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan amal dan menaruh perhatian besar bagi kalangan tuna wisma. Sebelum wafat pada 1997, Diana pun juga menjadi pelindung bagi Yayasan Centrepoint.

Putra sulung Pangeran Charles berusia 27 itu mengaku merasa sedih setelah merasakan tidur di pinggir jalan. "Setelah menjalaninya selama semalam, saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya tidur di pinggir jalan Kota London setiap malam," kata William, Selasa 22 Desember 2009.

"Kemiskinan, gangguan mental, dan ketergantungan minuman beralkohol serta memiliki keluarga yang selalu ribut menyebabkan mereka menjadi tuna wisma dan tetap demikian," lanjut William.

Pewaris tahta nomor dua kerajaan Inggris itu berharap, dengan merasakan tidur di pinggir jalan, dia bisa memberikan peran yang lebih besar lagi untuk membantu kaum yang rentan di pinggir jalan.William bergabung dengan para tuna wisma dengan mengenakan celana jeans, kaus biasa, dan sweater serta topi kupluk. Sementara itu, Obakin mengungkapkan bahwa William sudah menyatakan niatnya untuk tidur bersama tuna wisma sejak Maret lalu. "Dia punya keinginan kuat untuk memahami berbagai masalah kaum muda yang menjadi tuna wisma," kata Obakin.

"Bagi saya, tidur di pinggir jalan] itu adalah pengalaman yang mendebarkan. Di luar sana, cuaca dingin sangat menyengat dengan suhu hingga minus 4 derajat celcius. Pangeran William pun merasakan situasi yang sama," kata Obakin.

Mereka berdua harus mencari tempat senyaman mungkin untuk tidur, yaitu berada di balik sejumlah bak sampah. Mereka tidur selonjor dengan hanya dilapisi kantung tidur.

Setelah merasakan jadi tuna wisma selama semalam, William kini menjalani latihan sebagai pilot helikopter penyelamat (SAR) milik Angkatan Udara Inggris agar ia bisa menolong rakyatnya jika terjadi bencana alam.

Sekali lagi, inilah cerminan dari (calon) pemimpin yang mengabdikan dirinya untuk rakyat...

Semoga, profil-profil tealdan para pemimpin tersebut bisa menajdi inspirasi bagi pemimpin dan calon pemimpin kita, bahwa jabatan yang mereka pegang saat ini adalah amanah dari rakyat dan digunakan untuk melayani rakyat. Bukan untuk memperkaya diri bahkan merugikan rakyat.

40 komentar:

  1. wew baru tau kalo Ahmedi Nejad kaya gitu, tapi kenapa di tv sering pada demo nentang dia ya (rakyatnya sendiri) apa karena dia berani nentang barat terutama US jadi dengan berbagai taktik akhirnya seolah2 dia cuma pemimpin otoriter.

    BalasHapus
  2. @Irvan>>> setiap pemerintahan pasti ada oposisinya. Ga ada dalam suatu pemerintahan yg ga ada oposisi. Nah, yg demo2 gitu adalah orang yg pro terhadap partai oposisi (kan stiap partai ada pendukungnya). Tapi itu hanya 25% aja. dari Pemilu kemaren, Ahmadinejad kembali terpilih menjadi presiden iran ke 2x nya dengan 75% suara rakyat yg mendukungm 25% yg tidak mendukung (yg 25% ini para pendukung dari partai2 lainnya)

    BalasHapus
  3. aq tuh pokoknya paling suka sama pemimpin negara yang berani menentang kapitalisme,
    hugo chaves,evo morales.. i love mereka
    hehehe,,sby???? gag nyontreng beliau aku maren

    BalasHapus
  4. @yanuar>>> nyontreng siapa kalo gitu kmrn? golput kah heheheheh

    BalasHapus
  5. Gak sangka Ahmadinejad seperti itu yah,, sampe2 tidak mengambil gajinya...

    Apalgi Pangeran William yang berbaur dengan para gelandangan di tengah dinginnya malam.

    Sunguh mereka-mereka para pemimpin idaman rakyat.
    Kapankah Indonesia memiliki figur seperti mereka yang mau hidup penuh dengan kesederhanaan, tidak mementingkan diri sendiri maupun golongan tertentu. Sungguh kita haus akan Pemimpin yang bijaksana dan sederhana

    BalasHapus
  6. Hay..hay...
    Mau ucapin met Bobo buat si TengiL.. hehehe

    BalasHapus
  7. pagi yaa tengil..baca baca artikel mantab

    BalasHapus
  8. Kau selalu dapat tempat yg pertama....!!
    huh...

    lain kali phonank doonk yg dapet tempat pertama disini,, yah..yah...

    BalasHapus
  9. Yups, kalo berita mengenai ahmadinejad dulu dah pernah baca di forum. Begitu juga dengan Mendez.
    Emang semua itu kembalinya ke ego dah. Mungkin kita tinggal ngetok diri kita pake 'palu nurani' dulu kali ya....baru sadar? :-/

    BalasHapus
  10. kalo aku sksd ma Mia aja hohoho, bukan sebagai leader tapi sebagai sesama blogger... tetap berkarya
    @Google Hot Trends:not brother but sister :d

    BalasHapus
  11. Koq pejabat di Indonesia g ada yang kayak gitu seh....

    Pemimpin Tengil = Takabur Egois Norak Galak Iri Licik, dia akan selalu susah kalo melihat kita senang, dia akan senang kalo kita susah.

    "Penghianat yang paling besar adalah penguasa yang memperdagangkan rakyat" (HR Ath Thabrani)

    siapakah pemimpin tengil ituuuuu....????

    BalasHapus
  12. Luar biasa ya mereka semua, sayangnya di Indonesia kebanyakan para pemimpin malah mikirin gimana bisa balik modal...

    Jadi penasaran nih, ntar kalo William jadi raja, ada perubahan apa ya di Inggris...

    BalasHapus
  13. gw salut ma presiden Iran, Mr. Ahmadinedjad, dia sederhana, bersahaja dan yg penting sebagai seorg negara dia berani menentang global kapitalism barat, sayang di dalam negerinya dia di goyang kepemimpinan nya, jelas dari org2 yg tidak suka padanya..itulah politik

    BalasHapus
  14. q simpen,,,kern banget,,,bertolak belakang dengan psotinganq,hehe

    BalasHapus
  15. itulah perbedaan pemimpin mana yg lbih mementingkan rakyatnya, fasilitas memang penting, tapi alangkah baiknya sewajarnya aja, mengingat rakyatnya masih banyak yang kekurangan, rakyat yg memilih mereka

    BalasHapus
  16. huhu......
    aku salut ama ahmad dinejad..
    T_T
    kpan yah di negara kita dapet pemimpin seprti dia..

    BalasHapus
  17. salut... salut... rendah hati dan sederhana... :)

    BalasHapus
  18. salut buat para pemimpin di atas. semoga pemimpin di Indonesia juga kaya' gini, jgn cuman ngurusin perut dari hasil korupsi..

    BalasHapus
  19. @Phonank>>> semoga aja ada pemimpin baru kit nanti yg benar2 melayani rakyat spt tokoh diatas. Mau yg jadi pertamax ya hihihihi kacian de looo

    @Raxen>>> pemimpin kita masih mental korup sih. Dah dapat gaji gede, eh duit rakyat masih juga disosor T___T

    @Belajar cafe>>> hahahaha kalo mau pdkt ma mia, bawain burger+Gackt heheheehehe bingung deh nyari gackt-nya

    @Harto>>> jangan bilang tengil ah... ga smua tengil kayak gitu hahahaha

    @Lina>>> Coba charles nanti bersedia nyerahin tahtanya sbg pewaris pertama ke William ya. Secara charles dh tua abnget. btw, ratu elizabeth panjang umur bgt

    @Rifkymedia>>> iya, mia juga kagum am beliau

    @Rezky>>> silahkeuuuun^^

    @bo13ok>>> Yep...setujuhhhh

    @Bluebz>>> semoga kita mendapat pemimpin spt itu. Amieeeeeeeeeeeeeeen

    @Intermezo>>> KAMPAIIII!!!!!!!!!!!!

    @Mangkasara>>> smoga para pemimpin kita mau baca2 ttg profil ahmadinejad. Biar merasa terinspirasi dan meniru beliau

    BalasHapus
  20. pangeran william....*wink-wink!!

    BalasHapus
  21. ahmadi nejad i love u...
    mendez you are my favourite person...
    prince william will u marry me??? *dijitak mia* Ngarep.com

    BalasHapus
  22. Shin-kun tetep suka Ahmadinejad, muantafff... :D

    BalasHapus
  23. Di Indonesia ga ada yah sosok kayak gitu ???? Klo koruptor banyak..hehehe

    BalasHapus
  24. Salut sama pemimpin - pemimpin kayak gini.
    Bahkan saking sederhananya Ahmadinejad ke kantor bawa bekel hehehe...MANTAB.
    Kalo Om Fernando menjadi simbol rakyat miskin di negaranya.
    Sedang pangeran William begitu besar empatinya pada rakyat miskin.

    Ulasan yang tajam MIaw ! Eniwei dijilat pemimpin rasanya gimana ya ? Linu-linu geli kali ya hehe.....

    BalasHapus
  25. membayangkan sby sholat dijalan raya ;))

    BalasHapus
  26. andai aja ada lebih banyak pemimpin negara seperti itu....

    BalasHapus
  27. Mampir lagi mo liat para pemimpin ideal. :)

    BalasHapus
  28. Subhanallah...
    Aku sangat suka pada Presiden Iran: Mahmoud Ahmadinejad. Fans berat, hihii
    Orang yang sangat sederhana dan tegas..
    Nice info...

    BalasHapus
  29. beri aku kesempatan jadi orang yg pertama dooonk... T__T

    BalasHapus
  30. bagus banget ni artikel... sumpah ga boong,, gw baca sampe abis... lanjutkan nak..

    BalasHapus
  31. cool ahmadinejad !! salut,di indonesia mentrinya lagi menikmati mobil mewah,padahal masih banyak sekolah2x memutuskan anak didiknya karena tak punya duit!!!http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/104.gif

    BalasHapus
  32. seandainya pemimpin kita kayak gitu ya, ???

    BalasHapus
  33. itulah pemimpin sejati, berani bersakit-sakit karena memikirkan rakyatnya, sangat terbalik dengan negara kita ini..thanx sharenya mbak ya

    BalasHapus
  34. :)) Klo indonesia dari zaman mbah kakung Soeharto sudah seperti para teladan diatas ngga bakal ada KPK ataupun mobil mewah para kaum "Elite" yang kerjanya cuman kunjungan Kerjadan angka kemiskinan tak ubahnya jamur yang tak akan pernah ada habisnya serta tumpuka hutang yang sudah hampir jatuh tempo wkwkwkwk

    BalasHapus
  35. Indonesia punya presiden seperti di atas wekkkk....mungkin ssudah sejajar dengan negeri2 adi kuasa mengingat kekayan negeri ini dari saban sampai merauke....tapi klo pemimpin dengan fasilitas glamour ngga ada yang lain kecuali INDONESIA kerjanya mlempem.....

    BalasHapus
  36. wah aku kok ga masuk ya? padahal kan aku pemimpin teladan dari Kerajaan AeArc

    BalasHapus
  37. presiden iran itu gilaaaa... inspiratif bgt tuh orang! di Indonesia mentri baru dpt Toyota Camry Royal Saloon, bakal dikembalikan gak ya?

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks