Selasa, 09 Februari 2010

10 Pintu Iblis Merperdaya Manusia

Suatu organ istimewa karunia Allah kepada setiap manusia selain otak untuk berpikir adalah hati yang fitrah yang memliki tujuan untuk menerima petunjuk serta hidayah Allah. Tetapi hati juga sebenarnya mudah menerima nafsu yang datangnya dari syaitan.

Maka, berlomba-lombalah malaikat dan syaitan untuk menguasai hati manusia. Syaitan akan bekerja keras siang dan malam semata-mata untuk menawan pemilik hati itu agar mereka melanggar perintah Allah. Seperti yang ia sumpahkan kepada Tuhan untuk akan menjerumuskan keturunan Adam tatkala di hari pertama Iblis membangkang kepada Allah untuk sujud (memberikan hormat) kepada Adam.

Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat: Tunduklah (beri hormat) kepada Nabi Adam. Lalu mereka sekaliannya tunduk memberi hormat melainkan Iblis; dia enggan dan takbur dan menjadilah dia dari golongan yang kafir. (Qs. Al-Baqarah 34)

Mengapa iblis tidak mau bersujud kepada Adam? Selain iblis merasa cemburu kepada Adam, bahwa Adam adalah makhluk Allah 'yang baru' diciptakan tetapi sudah diberikan derajat yang tinggi untuk menjadi khalifah di bumi. Bukankah selama ini ia (iblis) sudah banyak berjasa kepada Allah dalam menumpas jin-jin yang kafir kepada Allah? Bukankah selama beribu-ribu tahun (ada ulama yang mengatakan sampai 70.000 tahun) ia (iblis) selalu beribadah kepada Allah? Memuji dan mengagungkan namaNya bahkan para malaikatpun kagum melihat ibadahnya sehingga ia pun dijuluki ahli ibadah surga oleh para malaikat Allah. Sampai suatu saat, Allah menciptakan Adam dan meninggikan derajatnya bahkan menyuruh dirinya untuk memberikan penghormatan keapda Adam. Selain itu, ia juga merasa lebih baik dari pada Adam sehingga ia enggan bersujud, sebagaimana firman-Nya :

"Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (TQS. al-A'raf [7] : 12).

Sebenarnya, alasan Iblis kepada Allah itu sangat logis, tetapi bukan itu yang dinilai oleh Allah. Melainkan karena pembangkangannya, rasa sombong serta iri dan dengki yang merayapi diri Iblis terhadap Adam itulah, maka kemudian Allah Swt memerintahkan kepada Iblis untuk keluar dari syurga, sebagaimana firman-Nya :

"Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya tidak menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina". (TQS. al-A'raf [7] : 13).

Iblis menerima hukuman yang diberikan Allah kepadanya dengan permohonan dispensasi agar ia ditangguhkan kematiannya hingga hari kiamat,bahkan Iblis bersumpah akan menyesatkan anak cucu Adam dari jalan Allah sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya

"Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". (QS. al-A'raf [7] : 14).

"Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus" (QS. al-A'raf [7] : 16).

Untuk menyesatkan anak cucu Adam, Iblis akan mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuannya dengan mendatangi manusia dari berbagai arah, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya :

"Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)." (TQS. al-A'raf [7] : 17).

Oleh karena itulah, maka kemudian Allah Swt menyuruh Iblis keluar dari surga sebagaimana firman-Nya :

"Allah berfirman: "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya Barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya". (TQS. al-A'raf [7] : 18). Demikianlah dialog antara Allah dan Iblis dalam al-Quran.

Beruntung golongan manusia yang berhasil menangkis godaan syaitan dan mengelakkan hati daripada dihuni syaitan. Akan tetapi, ternyata tipu daya iblis memang sangat dahsyat, sehingga banyak manusia yang melupakan musuhnya sebenarnya yaitu iblis, dan bahkan manusia dengan sukarela menerima ajakan dan rayuan iblis sebagaimana menerima ajakan seorang sahabat yang sudah dekat dengan dirinya.

Ternyata, berhasilnya tipu daya iblis itu, karena iblis mengetahui kunci untuk memasuki pintu-pintu hati manusia. Jika pintu-pintu itu terbuka, maka iblis akan leluasa untuk membujuk manusia melakukan kemaksiatan sesuai dengan kehendaknya.

Seorang ulama pernah berkata: "Saya senantiasa berfikir dan memerhatikan, dari pintu mana syaitan menghasut dan menyesatkan manusia. Tiba-tiba saya dapati syaitan datang dari 10 pintu:


• Pertama ialah pintu kesombongan dan keangkuhan. Kedua sifat ini tidak disukai Allah dan Rasul-Nya. Sudah merasakan dirinya cukup segalanya - dari status hidup hingga pada uang dan harta benda yang dimiliki hingga mendongakkan kepala ke langit tanpa mempedulikan orang di sekitarnya.

• Pintu kedua ialah melalui sifat bakhil dan pelit. Harta benda atau uang adalah kurniaan Allah kepada hamba-Nya. Harta benda yang dimiliki adalah suatu amanah dan tanggungjawab yang perlu diurus dan dibelanjakan sewajarnya, manusia yang suka menyimpan harta kerana takut akan kehabisan dan tidak sanggup mengeluarkan sebahagiannya ke jalan yang hak seperti berzakat dan membelanjakan ke jalan yang bermanfaat yang lainnya pasti tidak akan mendapat keberkatan dan rahmat Allah walaupun dianugerahi nikmat melimpah ruah oleh Allah.

• Ketiga ialah melalui sifat takabur yang akan hadir dalam diri seseorang apabila dia merasakan dirinya sudah lengkap memiliki segalanya lalu dia mulai merasa tinggi diri terhadap orang di sekelilingnya

• Pintu keempat melalui sifat ria dan suka dipuji. Dengan derajat dan ilmu yang dimiliki itu, manusia lupa diri akan asal usulnya. Mereka mula memandang kecil dan remeh kepada orang lain karena menganggap mereka semuanya lemah dan tidak akan mampu.

• Sifat kelima sifat hasut dan dengki. Islam amat membenci umatnya yang mempunyai perasaan dengki kepada orang lain karena iri kepada kelebihan dan kepandaian yang diberikan Allah kepada seseorang yang lain.

• Pintu keenam ialah melalui sifat suka memandang remeh kepada orang lain.

• Pintu ketujuh ialah menerusi sifat ujub atau bangga diri. Orang yang mudah membangga diri sendiri sebenarnya dialah orang yang tidak mempunyai apa-apa.

• Pintu kedelapan ialah melalui sifat suka bersenang senang. Manusia yang lebih gemar bersenang senang biasanya mudah alpa dengan kesenangan dan kemewahan yang dikurniakan,

• Sifat kesembilan yang menjadi pintu bagi laluan syaitan ialah sifat suka berangan-angan. Islam amat antisifat malas.

• Pintu terakhir yang menjadi laluan syaitan ialah melalui sifat suka berburuk sangka. Meletakkan anggapan buruk terhadap seseorang amat dibenci agama. Seseorang yang sengaja berprsangka dan atau menuduh orang lain melakukan perbuatan tidak baik tanpa bukti dan kebenaran akan dilaknati Allah.

Sesungguhnya kecintaan manusia terhadap 10 sifat yang dinyatakan itulah sebenarnya yang membawa kesesatan kepada manusia di dunia ini. Apabila hati sudah bertaut dengan 10 sifat diatas akan mudahlah syaitan menyesatkan manusia daripada jalan yang lurus.

Berlindunglah selalu daripada bisikan syaitan dengan sentiasa menyebut: "Aku berlindung daripada syaitan yang terkutuk." Kita juga dianjurkan selalu berdoa dengan menyebut: "Ya Tuhan kami, jangan Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan selepas Engkau memberi petunjuk kepada kami dan kurniakanlah kepada kami rahmat di sisi Engkau kerana sesungguhnya Engkaulah Maha Memberi (kurnia).

Selanjutnya, berhubung hutang itu harus ditunaikan, maka Mia menunaikan hutang award Mia yang udah menumpuk hehehehehe

1. Phonank (sorry pho, ga sempat bikin alur paradenya. Ampuuun...Jangan lempar saia ke Gackt *ngarep.com*)

2. Ra-Kun

3. Mas Goen

4. Raxen
5. Pohonku
6. Ayas
6. Mbak Lina Marliana (maaf mbak tealt masangnya, kmrn ga tau kalo Mia dapet awardsnya)



Awards ini akan Mia teruskan bagi sahabat2 blogger (mau ngambil semuanya boleh, mau ambil satu juga boleh)
1. Okky
2. Shinkun
3. Syifa
4. Kang Sugeng
5. Kang Tejo
6. Al-Basri
7. Mangkasara
8. Aditya
9. Daokt
10. Rifky media
11. Ninneta
12. Sauskecap
13. Sabirin
14. Rumah Blogger

38 komentar:

  1. AKhirnya bisa juga jadi yang pertamx nihhh...amankan duluuu yee miaww

    BalasHapus
  2. "Inna syaitona aduwwun mubin" Sesungguhnya syetan adalah musuh yang nyata bagi kamu.

    Sungguh banyak jaring syetan yang di pasang setiap saat dan waktu kita dapat terjerambab di dalamnya..untuk itulah kita selalu berdoa memohon perlidungan kepada NYA dari Godaan Miaw...oppss...maksudnya dari godaan syetan yang terkutukk..
    amiiiennn..

    BalasHapus
  3. setan bersemayam di hati yang jauh dari illahi...
    maka mendekat padanya adalah penawarnya,,nice post.

    awardnya buanyak eeyyy!!!

    BalasHapus
  4. @Ipin>>> *kejar ipin pake traktor*
    @Fi>>> banyaknya akibat bertumpuk Fi hahahaha

    BalasHapus
  5. Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk...
    Hanya dengan dekat kepadaNYA kita dapat terhindar dari segala macam tipu daya setan/iblis.

    BalasHapus
  6. Postingan yang mantap... dan selamat atas awardnya.

    BalasHapus
  7. pintu nomr 8, ujub.
    orang narsis itu ujub bukan?
    jadi, apa orang narsis itu udah msuk pintu nomr 8?

    ohya, selamat atas awardnya yang banyak banget :)

    BalasHapus
  8. Setelah kemarin mia diperdaya oleh syetan dengan mimpi bertemu maho, sekarang bikin tolak balanya,,hahahah...
    thanks awardnya..
    tp kok g da award yg orisinal dari blog mia?

    BalasHapus
  9. syetan mengalir dalam darah kita,menyatu dengan sel kita,karena syetan menggodakita dari semua sudut,dan ia menyukai kelemahan kita,maka dari itu dekatkanlah diri pada tuhan yang maha esa,,
    kunjungan perdana nich,salam kenal yach??

    BalasHapus
  10. semoga tidak termasuk org2 bersifat diatas,serem..thanks awards nya, akan aku pasang berikutnya

    BalasHapus
  11. What could I say more than...the naughty cat here is revealed as having some strong religious faith :D

    Salute deh! Kayakx aku masuk yang pintu kedelapan deh...bersenang-senang dengan nge-game, haha :D.

    BalasHapus
  12. oooowwww,,baru tau ne,,siiip dah,,

    BalasHapus
  13. Makasih awardnya, KS ambil satu aja ya Neng...

    BalasHapus
  14. suit suit kata2 mia menyentuh hati he he he..
    salam meong meong ^_^

    BalasHapus
  15. Banyak banget nich awardnya...

    BalasHapus
  16. yups...bener-bener berguna bagi jiwa dan raga...ditunggu post selanjutnya mengenai cara menutup pintu itu dari setan...

    BalasHapus
  17. hahah..thanks awaRdnya cing...^^

    BalasHapus
  18. wah seelamat awardnya ea... dan Makasih artikelnya, moga pintu2nya bisa dijaga...

    BalasHapus
  19. sombong dan takabur artinya mengingkari kebenaran ya...
    n selamat awardnya...

    BalasHapus
  20. Yiahaha kaya lagi banyak setan menggoda ni

    BalasHapus
  21. kucing tengil wah muncul nih saingan zujoe sang pencinta kucing, btw pencerahan yang begitu bermakna

    BalasHapus
  22. selmat yah atas awardnya yang berjibun

    BalasHapus
  23. horee ane ga kebagian.. lah malah seneng.. postingan kelas berat nih.. hati adalah sumber dari kebaikan dan kejahatan ; kebahagian dan kesedihan; sumber cinta dan kebencian
    kaburrrr :)

    BalasHapus
  24. Manusia bersifat iblis ada juga tu...itu tu yang paling bahaya menurut ku....

    BalasHapus
  25. Wah, postingan rada berat neh, :p. Haduh, utang award Shin-kun tambah banyak, tar segera diposting ah...

    BalasHapus
  26. wuih.... postingan yang sangat mantab mbak... thanks untuk pencerahannya...

    BalasHapus
  27. mantap sueerr.... semoga pintu2 itu selalu terkunci biar iblis ga masuk. bikin gerakan anti iblis ne haruse

    BalasHapus
  28. nice info kawan, and thanks awardnya..
    langsung dibungkus nih tuk dibawa pulang. makasih yah..

    http://mangkasarakku.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. ada tag buat mai diambil ya?

    BalasHapus
  30. hmmm... utang award dibayar semua ya... -_-'...
    ane jg pernah dpt, tapi bener2 udh lupa siapa aja yg kasi award.. gimana tuh??? :(

    BalasHapus
  31. wah keuren mia pelajarannya.. sungguh..
    benar2 pencerahan neh.. langsung introspeksi.. hehe..

    makasih udah dipajang ewotnya mia..
    oh iya, di tempatku ada tag buat mia.. diambil & kerjakan ya.. hehe.. :)

    BalasHapus
  32. Miau...
    kunjungi http://jadisahabat.blogspot.com

    tukeran link..

    syim elhabsyi muharam

    BalasHapus
  33. Sangat mencerahkan, Mia... mdh2an dijauhkan dari semua pintu iblis...

    BalasHapus
  34. kayaknya aku juga pernah ngasih award ke Mia deh.. kok ga diambil sih Mia ??? http://sharingyuk.blogspot.com/2009/12/sharingyuk-award.html

    BalasHapus
  35. takabur dan sombong itu sama gak yah

    BalasHapus
  36. yang paling penting is..:
    iblis ama si setan adalah ahli ibadah.....dan jika seorang ahli akan sangat lah mudah buat mereka ngerusak....

    maka jauhilah si stan dan si iblis....
    gitcu deh kata bang roma irama....

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks