Selasa, 14 Juli 2009

Bahaya Kaleng dari Minuman Ringan


Setelah puas membuat parno temen-temen dengan info tentang bahaya es batu kali ini Mia dapat info lainnya yang mungkin membuat temen-temen jadi smakin eneg main ke tempat Mia. Tapi jangan khawatir, bukan hanya anda aja yang jadi parno (kalo jadi porno... mungkin anda salah baca artikel hehehehe) Mia juga jadi lebih berhati2 buat mengkonsumsi es batu saat jajan di luar sana.

Bagi yang mau ikut mengubah kebiasaannya dalam mengkonsumsi minuman setelah membaca ini, ya monggo... kalo yang cuek bebek and ga mau tau. Ya silahkan. Pilihan ada di tangan anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Kali ini, yang akan Mia bahas adalah mengenai kebiasaan kita mengkonsumsi minuman kaleng. Siapa aja tentu setuju, minuman kaleng selain menyegarkan dan terkadang membuat kita ketagihan meminumannya daripada air putih. Kayak coca cola, sprite, fanta, ponari sweat eh pocari sweat, cap kaki tiga dan lain-lainnya. Kali ini Mia bukan membahas bahan-bahan apa yang terkandung dari minuman ringan tersebut. Karena Mia yakin, hampir semua dari temen-temen tentu tau bahaya apa yang ada di balik minuman ringan tersebut jika sering mengkonsumsinya. Ingat kata nabi, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kali ini Mia pengen membahas kalengnya. Bukan isi atau bahan minumannya.

Yep... terkadang kita kurang memperhatikan hal-hal yang sepele. Seperti kaleng dari minuman ringan itu.

Ada Apa Dengan Kaleng? (AADK)

Sebenarnya, bukan kalengnya yang berbahaya. Tetapi... Apa yang menempel pada kaleng itu yang berbahaya. Beberapa hari ini, Mia pergi berobat ke dokter karena terkena flu (untung aja ga flu babi). Sewaktu antri mau bayar obat, ada seorang ibu yang mukanya keliatan susaaaaaaaaaah banget... Miaw pikir apa karena obat yang mau di tebus mahal kali yak, makanya mukanya kayak yang susah (sama kayak wajah Mia saat itu. Yang meringis melihat harga obat-obatannya). Iseng-iseng aja nanya, si ibu sakit apa. Ternyata, bukan beliau yang sakit. Tetapi anaknya. Dan yang menjadi rusuh hati si ibu bukanlah soal biaya obat tersebut. tetapi keadaan anaknya yang sekarang lumayan parah. Kata si ibu, untung aja anaknya cepet-cepet di bawa kerumah sakit. Beberapa jam telat, nyawa anaknya udah melayang menyusul MJ (lagi-lagi keingat ma Michael Jackson huhuhuhu jadi nangis lagi)

Usut punya usut daripada ga keusut. Penyebab sakitnya anak si ibu ini ternyata dari sebuah bentuk zat yang terkandung dalam darahnya si anak. Yaitu zat LEPTOSPIROSIS yang dimana zat ini ditemukan di dalam kencing tikus (itu kata dokter yang diulang kembali oleh si ibu).

si tikus yang ga hanya kutunya aja yg bahaya. tapi kencingnya juga.
tapi...tikus ini imut juga ya hehehehe *nengok Tora mendadak minat liat monitor*

Si dokter nanyain, anak si ibu pernah makan atau minum apa aja satu dua hari belakangan? Si ibu jawab makanan yang biasa di makan. Si ibu juga narok makanan dalam tudung saji, nasi di rice cooker, air minum dari dispenser. Jadi buat kena kencing tikusnya hampir ga ada. Apalagi si ibu yakin dirumahnya ga ada tikus selama ini. Si dokter terus bertanya, apakah ibu ada beli makan atau minuman di luar. Kata si ibu, dia ga ada beli makanan apapun, karena selama ini dia yang masak. Kecuali satu... Dia pernah beliin minuman kaleng deket warung dirumahnya. Beberapa jam setelah meminum minuman kaleng itu si anak mendadak lemes dan pusing. Karena dokternya penasaran, si dokter menyuruh si ibu membawa kaleng tersebut ke laboratorium untuk diperiksa. Apakah udah kadarluwarsa atau ada zat lain yang terkontaminasi didalamnya. Untung aja tu kaleng belom di buang ma si ibu.

Setelah di periksa, ternyata zat LEPTOSPIROSIS tersebut ditemukan terkontaminasi bukan di dalam minuman tersebut. Tetapi, zat itu terdapat di permukaan kaleng. Karena Mia penasaran mengenai zat tersebut, Miaw sempat tanya-tanya ma dokter jaga tentang ntu zat. guess what. Kata si dokter, zat leptospirosis tersebut bisa mengakibatkan kematian buat manusia hanya dalam beberapa hari jika termakan. Ckckckckck coo scary...

Trus di rumah Miaw pergi menghadap ke mbah google, seperti biasa, nanya2 tentang zat tersebut. Emang pinter si embah. Ternyata zat itu ada di dalam search enginenya dan bahkan Mia mendapat berita yang hampir sama yang di alami ma anak itu. Cuma bedanya, yang diberitakan ini seorang wanita Amerika. Dan wanita itu tidak seberuntung anak itu. Dia tewas akibat darahnya terkontaminasi zat leptospirosis tersebut. Mungkin udah ada beberapa teman-teman yang tau ma ni berita. Bagi yang engga, Mia ringkas aja ya.

Wanita itu suka bepergian dengan perahu boatnya dan selalu meminum minuman kaleng yang selalu ia simpan dilemari pendingin pada perahu boatnya. Besoknya ,pada hari Senin, wanita tersebut pingsan lalu dibawa ke rumah sakit dan ditempatkan diruang ICU, pada hari Rabunya dia meninggal. Untuk mengetahui penyebab kematiannya, maka dilakukan otopsi dan kesimpulannya kematiannya diakibatkan oleh suatu zat yang disebut leptospirosis, setelah diselidiki dan ditelusuri zat ini berasal dari kaleng minuman yang dia minum langsung tanpa menggunakan gelas atau sedotan. Dan dari hasil test di laboratorium menunjukan bahwa kaleng minuman tersebut terinfeksi oleh zat leptospirosis yang dihasilkan dari air kencing tikus yang mengering dan bereaksi membentuk zat tersebut. Hasil test Lab. menunjukan bahwa air kencing tikus juga mengandung berbagai racun yang mematikan lainnya. Penelitian di NYCU ( New York College Univ.) menunjukan bahwa permukaan minuman kaleng yang terdapat tutup pembukanya lebih tinggi tingkat kontaminasinya dari zat beracun dan mematikan dari pada WC umum yang hanya dipenuhi oleh jamur dan bakteri. (sumber: http://www.ijolumoet.info/2009/03/tips-kesehatan-akan-bahaya-minuman.html)

Jadi... Bagi pecinta minuman kaleng, sangat dianjurkan apabila kita membeli minum - minuman dalam kaleng agar mencuci kaleng tersebut, terutama pada bagian atas tempat membuka minuman tersebut. Karena, setelah produksi, kaleng-kaleng tersebut disimpan dahulu didalam gudang (ga tau gudangnya bebas tikus atau kagak). Nah...bisa jadi si tikusnya buang hajat di dekat atau bahkan diatas kaleng-kaleng tersebut. Dan ketika kaleng itu di kirim ke toko-toko, hanya di bersihkan seadanya oleh pegawai toko (hanya dibersihkan dari debu-debu aja) bahkan ada beberapa toko ga mau membersihkan kaleng-kaleng tersebut walau tu kaleng udah dipenuhi oleh debu di bagian atasnya.

Jadi cucilah dahulu dengan bersih segala sesuatunya, sebelum meletakannya pada mulut kita, untuk mencegah kejadian yang berakibat fatal. Ingat... penyakit datang bukan karena niat si penyakit tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah... waspadalah!!!!

17 komentar:

  1. thanks mia.... makanya si tora jangan sering sering dikasih makan kaleng.,.... hihihihhihi

    BalasHapus
  2. Dasar tikus pembawa penyakit,.... Dirumah ada kucing 2 masak smuanya kalo liat tikus malah takut toh.....?hehe,... Intinya tu bukan pihan minuman kalenya yang bersalah kan? Penjual tu yang gag memperhati'in barang dagangannya,. Jadi menurut saya hal tersebut di akibatkan oleh kelalaian pedagang! 86? hehe..panjang ya?^^

    BalasHapus
  3. @Rangga: Tora lagi Tora lagi yg dikau incar. Curiga naksir ma Tora ddeh (sembunyiin Tora)

    @My3Dzone: Yopsss..... setuju brooo. Yang salah agen penjual yg ga menjaga kehigienisan kaleng. dan tentu aja slh kt konsumen yg lgsg maen gluk gluk tanpa dibersihin terlebih dahulu. spt yg mia bilang di awal artikel. Ubah kebiasaan cara anda meminum minuman kaleng (apalagi kalengnya ampe dimakan juga) jgn langsung main sosor aja kyk yg biasa kita lakukan atau cuma ngelap bagian atasnya (bahkan ngelapnya pake baju hiiii believe me, I know who did that) tapi cuci bersih dulu kalengnya atau pake sedotan

    BalasHapus
  4. bisa aja neh mia, logonya ponari. wkakakaka.

    aku dl juga buat postingan tuh di

    http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/air-berkhasiat-dukun-cilik-ponari.html

    BalasHapus
  5. Aku mah jarang beli minuman mahal, maklum orang ga punya duit, jadi kalo beli juga palingan yang botol

    BalasHapus
  6. kaleng bahaya, plastik bahaya,gelas ada bahayanya juga...
    yang aman minum pake apaan mia ?? :-?
    batok kelapa kali ya :D

    BalasHapus
  7. wah gawat bener nih mi, ada zat-zat yang kayak gitu, jadi males minum air kaleng wkwkwkwkkw

    tapi sejak dulu emang kaleng gak sehat buat di konsumsi lho Mie, pernah makan kaleng dikau ??? :P

    BalasHapus
  8. @awal sholeh: hehehe berarti penggemar ponari sweat juga ya mas
    @Antaresa: minuman botol plastik juga ada bahyanya loh. itu...plastik botolnya yg bikin bahaya. botol plastiknya jgn dikape buat dua kali pake.cukup satu kali pake trus buang botolnya. and jgn kena paparan matahari secara langsung. krn zat kimia botol palstiknya bisa memuai dan larut dalam air.
    @sikumbang:: begitulah. smakin maju teknologi malah smakin ga ramah ma tubuh manusia. bukan airnya yang berbahaya, tapi wadahnya yg udah terkontaminasi ma zat lain atau bhn pembuatan wadahnya yg berbahaya
    @jonk: Yeee... jelas banget ga baca seluruhnya ni anak *jitak Jonk*. yg mia bilang, bahayanya kalo tu kaleng kena pipis tikus. makanya harus dicuci bersih dulu sebelum di minum

    BalasHapus
  9. wah wah, jadi gimana dong cara mengantisipasi ny? apa di setiap kaleng minuman terkontaminasi itu??

    BalasHapus
  10. wah...wah...bahaya juga ya air kencing tikus...
    kalau kucing tengil gimana ya..he..hee
    ________________________________________________
    kiye bloge kifni|free software & computer tips|Hardware and Gadget Area|ayo belajar java

    BalasHapus
  11. oooooo, pantes dulu gw mual2 abis minum sp***e kaleng... ini kali yak penyebabnya :(, alhamdulillah gw selamet...

    Thx infonya miauw... :), thx juga komennya :)), tuh makan siang dah gw paketin, nasi bungkus plus lauk dan sayur, minus minuman kaleng :))

    BalasHapus
  12. wah ...
    kalo udah trlanjur gmna neh ???
    seandainya waktu bisa dimainin seenaknya ...
    pasti enak banget tuh ...

    BalasHapus
  13. Waaakakakak.. lebih bahaya lagi kalau kaleng minumannya di makan
    Salam Sayang

    BalasHapus
  14. kayakny pemulung nih,
    jeli banget ma kaleng-kaleng.
    MHUAHAHAHAHAH.
    becanda ding.
    :D

    sekalian,
    ada yang baru di tempatku koment yak!!
    MHUAHAHAHAHAHHAHA (PAKE CAPSLOCK BUKAN SHIFT!)

    BalasHapus
  15. Bonjorno, kucingtengil.blogspot.com!
    Cialis is a Utente Bannato in the Fantagazzetta Forum. View Cialis's profile. [url=http://farmamed.fora.pl/ ]Dove Comprare cialis in Italia[/url] cialis, cialis on line, cialis, acquista cialis, [url=http://farmitalia.fora.pl/ ]Dove Comprare cialis in Italia[/url] ? a [url=http://milanofarma.fora.pl/ ]Come Compra cialis [/url] Viagra generico da 1 euro per pastiglia. Cialis da 2 euro per pastiglia. [url=http://farmanova.fora.pl/ ]Come Compra cialis in Italia[/url] Cialis,comprare farmacia,comprare medicinali,comprare on-line,comprare [url=http://farmaroma.fora.pl/ ]Dove Comprare cialis online[/url]

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks