Minggu, 05 April 2009

All About Gackt (Part 2)



Gackt And His Dears

Tidak lengkap jika membahas Gackt tanpa Dears, -panggilan Gackt untuk fansnya. Karena bagi Gackt, fans adalah bagian penting dari kehidupannya. Karena fanslah seorang Gackt ada, itu kata yang sering terlontar dari bibir Gackt jika ditanya arti fans baginya. Mungkin kita sering mendengar kata-kata itu dari mulut seorang idol. Trus apa bedanya dong Gackt ma idol lainnya? Inilah yang membedakan Gackt dengan idol-idol yang lain dalam memperlakukan fansnya.

Setiap menjelang konsernya, Gackt sering ga tidur sama sekali demi memeriksa kelancaran persiapan konsernya. Makanya tak heran, Gackt sering jatuh pingsan bahkan sakit setelah konsernya selesai karena kelelahan kurang istirahat. Semua itu dia lakukan demi fansnya yang dipanggilnya “DEARS” atau yang tersayang.

“Aku tidak mau fansku pulang dengan kecewa setelah menonton konserku. Mereka telah rela menyisihkan waktu dan uangnya untuk menonton konserku, oleh karena itu, aku tidak akan mengecewakan mereka.”

Oleh karena itu, tidak pernah ada orang yang meninggalkan konser Gackt menyatakan keluhan atau ketidakpuasan mereka baik dari persiapan sounds, musik, suara, tata lampu, ataupun konsep panggung dan keamanan serta kenyamanan selama konser Gackt berlangsung. Karena hampir dari segala persiapan konser (seperti sounds, tata lampu, bangku penonton, keamanan penonton, konsep, dan lain-lain) tidak semata diserahkan Gackt kepada staffnya, tetapi ia turut ikut terjun langsung menanganinya. Jika ada sesuatu yang ia rasa membuat penontonnya tidak nyaman (seperti bangku yang tidak nyaman, atau sirkualsi udara didalam konser yang kurang baik atau sekedar jalan menuju toilet sangat sulit didapat) Gackt segera menyuruh staffnya memperbaikinya. Terkadang, banyak staff panggung yang baru merasa tidak nyaman bekerja dengan Gackt karena mereka adalah seorang profesional dalam bidangnya tetapi Gackt seakan tidak mempercayai mereka dan mencampuri pekerjaan mereka. Tetapi staff yang sudah lama bekerja dengan Gackt, mereka sangat menghargai Gackt, karena mereka mengerti kenapa Gackt selalu mencampuri pekerjaan mereka dalam mengurus persiapan konser.

“Karena Gackt itu orang yang benar-benar mencintai fansnya sebagaimana fansnya mencintai dia. Oleh karena itu, dia mau yang terbaik untuk fansnya. He very care about his fans.” Ujar salah satu senior staff yang terlibat dalam proyek konser Gackt..

Selain itu, Gackt selalu membuat konsep yang unik dan berbeda dengan konser-konser yang diselenggarakan oleh band lainnya. Karena ia ingin fansnya mendapatkan apa yang belum pernah diberikan oleh band lainnya. Hal ini dia buktikan dengan konsep dan penampilan panggung yang unik dan sangat menghibur fansnya (dengan adanya pasukan boneka kucing di hampir setiap konsernya dan pasukan swan ballet; om-om yang pake baju ballet dan jingkrakan disana sini. Sumpah, bikin ketawa ngakak banget liatnyagelakguling). Seperti salah satu konsernya yang fenomenal, konser Diabolos yang diadakan menjelang tahun 2005 silam,

Mia : Siapa yang bolos?

Gackt: *nunjuk Mia* Kamu...

Mia : *jitak Gackt pake bakiak* enak aja... kamu yang bengal

Gackt: *balas jitak pake tiang* Dikau yang tengil

Ia menggelar sebuah pertunjukan besar di stadion Tokyo Dome. Gilanya lagi, kabarnya konser tersebut menghabiskan biaya sampai 500 juta yen atau nyaris 50 milyar rupiah. Acara tersebut dibuka dengan munculnya Gackt dan keempat personil band yang berpakaian layaknya ksatria dan memasuki arena sambil menunggang kuda. KUDA!!! :galit: Yap… Gackt bersama personel bandnya yang lain (You, Chachamaru, Ryu, dan Juken) mengendarai kuda layaknya seorang satria samurai dari arah luar arena sampai ketasa panggung. Kabarnya sih, adegan tersebut telah dipersiapkan selama enam bulan, yang sebagian besar diantaranya dihabiskan untuk belajar menunggang dengan diawasi instruktur. Kejutan lainnya terus berlanjut saat tubuhnya digantung dengan ketinggian 20 meter dan mendadak menghilang seiring dengan munculnya asap dari panggung. Adegan itu kontan membuat para penonton terpukau, bertepuk tangan, sekaligus membuat kesan misterius Gackt semakin kental. Dibalik kesuksesan konsernya, lagi-lagi, setelah konsernya selesai Gackt kembali tepar karena kecapekan berlatih selama berbulan-bulan hanya untuk menyuguhkan pertunjukkan yang spektakuler bagi fansnya.

Selain itu,. Ia membuka officially website ‘DEARS’ yang dimana ia dan keempat personil bandnya yang lain dapat berinteraksi jika mereka sedang online melalui komunitas chat yang disediakan oleh web DEARS itu secara langsung. Terkadang Gacktpun membalas langsung email dari fansnya. Dan bagi fansnya yang ingin mengetahui kegiatannya, ia membuka sebuah blog yang berisi diary atau jurnal pribadinya sehingga ia bisa menyampaikan pikirannya dan saling sharing dengan penggemarnya.

Tidak hanya itu, Gackt sering memberikan kejutan lainnya bagi fansnya. Contohnya saja, ketika ia memberikan kejutan kepada salah satu fansnya, seorang bocah laki-laki yang masih duduk dibangku SMP. Ia pernah mengirimkan petisi yang berisi tanda tangan yang ia kumpulkan dari teman-teman sekolahnya agar Gackt bersedia datang ke acara kelulusan SMPnya. And guess what, Gackt benar-benar datang secara diam-diam (agar tidak diikuti oleh pers) ke acara kelulusan fansnya itu. Tentu saja kedatangan Gackt tersebut menghebohkan para pelajar dan guru di sekolah itu sampai banyak di antara mereka yang meneteskan air mata bahagia.

Kharisma Gackt tidak hanya berkibar di negeri Sakura ini. Di luarpun, Gackt sudah mempunyai tempat tersendiri di hati fansnya. Hal ini terbukti ketika Gackt mengadakan konser di Korea pada tanggal 14 Januari 2006 kemaren. Meski memiliki dandanan dan gaya musik eksentrik, Gackt mempunyai basis penggemar sendiri. Kebetulan, masa konsernya Gackt ini bebarengan dengan grup boyband asal Amerika; Backstreet Boys

Ada hal menarik yang terjadi di tengah 'persaingan' penyanyi berbeda negara dan kebudayaan ini. Menurut salah satu harian terkenal di sana, pertunjukan Gackt dikabarkan mampu menjual sekitar 4800 dari 5400 tiket yang tersedia.. Jumlah itu unggul jauh dari Backstreet Boys yang 'hanya' laku sekitar 4400 tiket, padahal kapasitas pertunjukan mereka jauh lebih banyak alias sekitar 8500 tempat duduk. Meski tidak adil untuk dibandingkan karena perbedaan jalur musik keduanya, hal ini setidaknya mampu memperlihatkan sehebat apa kharisma pria yang bernama Gackt ini.

Selain itu, ada hal lain yang membuat simpati masyarakat Korea terhadapnya semakin tinggi. Dalam sebuah wawancara setelah konser, Gackt mampu menjawab semua pertanyaan dalam bahasa Korea.

Kiprah Gackt

Selain di dunia musik, Gackt sering menjadi model dari beberapa produk di Jepang. Bahkan mendapat kontrak eksklusif dari beberapa produk seperti produk kartu kredit dan e-ma dan fuji film. Gackt sendiri tidak asing bagi para penggemar video game, mengingat dirinya adalah model bagi karakter terkenal Squall Lionheart dari Final Fantasy VIII yang dirilis tahun 1998 di PS 1 (Cloud dari Final Fantasy VII juga dikatakan mengambil rule model dari Gackt). Di tahun 2003, untuk Game Bujingai ia menjadi model dan mengisi suara karakter Lau Wong and doing Lau Wong motion capture (alias segala gerakan pertarungan yang dilakukan oleh Lau Wong berasal dari motion capture yang dilakukan oleh Gackt). Soundtrack game itu juga dinyanyikan oleh Gackt. Di tahun 2007 (bisa dibilang, game itu dibuat terinspirasi oleh Gackt), Di Metal Solid Gear 2 Gackt menjadi bintang iklan untuk mempromosi game ini. Tahun 2007, Gackt kembali dijadikan rule model untuk salah satu game Final Fantasy VII; Crisis Core dimana ia berperan sebagai Genesis. Pada Game Final Fantasy; Dirge of Cerberus (Vincent side), single Gackt; Redemption menjadi ost game ini. Pada tahun 2008 Gackt kembali menjadi model untuk game Bounty Killer untuk PS3.. Tidak hanya itu, ia juga banyak 'menyumbang' lagu untuk film anime. salah satunya seperti Zeta Gundam: A New ranslation. Yang terbaru adalah lagu untuk soundtrack untuk film warner bross Terminator; The Sarah Connor Chronicles series dan soundtracknya Kamen Rider Decade yang dirilis bulan maret 2009.

Gackt juga pernah bermain dalam dunia film berjudul Moonchild di tahun 2003 bersama Hyde (vokalis L’arc en ciel) dan aktor Taiwan yang terkenal, Wang Lee Hoom. Dimana naskah filmnya ia sendiri yang menulisnya dan ia pun ikut dalam proses penyutradaraannya. Di tahun 2007 kemaren, ia kembali bermain di serial Fuujin Kazan dimana ia menjadi seorang samurai yang bernama Usuegi Kenshin (bukan Kenshin Himura, LOL). Dan karena Gackt memerankan kehidupan tokoh samurai ini dengan baik, seorang produser Hollywood tertarik mengajaknya untuk bermain film yang berjudul Buranko yang bersetting di Rumania dan akan diputar di bioskop Amerika bulan April 2009. Semoga masuk ke Indonesia pleaseeee).. Disini Gackt tidak sebagai tokoh utama tetapi sebagai teman dari tokoh utamanya si Josh Hartnett. Lawan mainnya yang lain adalah Demi Moore. Disini Gackt berperan sebagai seorang samurai yang bernama Yoshi (semoga aktingmu ga malu-maluin Gackt^^’)

Gackt : Do iu imi koto? *asah-asah samurai*

Mia : Glek...*kabuuur*

Akan tetapi, walau ditengah kesibukannya yang super padat itu, Gackt tidak ingin berlama-lama mengecewakan penggemarnya di dunia musik. IA mendapat banyak permintaan dari DEARS untuk kembali mengadakan konser musik untuk single-singlenya yang baru. Walau dalam kondisi yang kecapekan, Gackt memenuhi kerinduan mereka. Setelah shooting BURANKU selesai, ia segera mengadakan konsernya selama 52 hari dari tanggal 14 Desember 2008 sampai tanggal 11 Maret 2009. Tetapi pada bulan Februari kemaren, kondisi Gackt benar-benar drop out banget. Ia jatuh sakit demam tinggi setelah menggelar konsernya. Tidak ada satupun dari fansnya yang tahu bahwa Gackt tengah menderita demam yang sangat tinggi saat konser itu berlangsung. Setelah selesai, ia langsung pingsan dan dilarikan kerumah sakit. Padahal besok ia harus konser lagi. Aduh Gackt chan, makanya jangan dipaksakan dong badannya, sadar dung... dikau itu dah tua *tepuk2 kepala Gackt*.

Gackt : Nani?

Mia : hohohoho ngga kok, tadi cuma kumur-kumur doang *menghapus keringat dingin*


Fakta-fakta Gackt lainnya

- Gackt suka mengkoleksi benda-benda yang berhubungan dengan tengkorak, baik berbentuk gambar, maupun yang terbuat dari besi, perak dan lain-lain. Ia juga suka mengkoleksi pisau dan berbagai jenis pistol hah revolver, riffle dan handgun.

- Gackt mempunyai sebuah mobil kesayangan yang ia dekor baik dari penampilan luar maupun dekorasi dalam mirip seperti pesawat luar angkasa. Saat Hyde yang pernah menumpang pulang dengan mobil Gackt saat mereka mengerjakan proyek Moonchild, Hyde tertegun melihat ‘keanehan’ mobil temannya ini

Hyde : Gakkun, what is this?

Gackt : my car

Hyde : You are an alien...


- Sebelum ia mempunyai mobil ‘alien’nya itu, Gackt mempunyai rekor yang jelek dalam hal ‘menghancurkan’ mobil. Sampai saat ini ia sudah membuat 13 mobil ringsek total, dan ia selalu beralasan kalau semua mobil itu hancur karena tidak bisa mengimbangi ‘kehebatan’nya dalam menyetir (alasan :devilishgrin:)


- Gackt dulu pernah menikah dengan seorang wanita berkebangsaan Korea. Tetapi akhirnya wanita itu tidak tahan menghadapi fans-fansnya Gackt yang berkemah didepan rumah mereka (semacam kayak stalker gitu deh). Hal ini membuat istrinya merasa sangat terganggu dan akhirnya meminta cerai. (Wah... termasuk duren dong Gackt chan)

- Gackt selalu mempunyai ide aneh, salah satunya adalah membuat super Playstasion. Itu dikarenakan, mesin game playstasionnya yang selalu rusak sehingga ia memutuskan untuk membuat Super PlayStation yaitu dengan cara menggabungkan parts yang masih bisa digunakan dari 2 mesin PlayStation-nya. Hasilnya? Tentu saja gagal total

- Mata Gackt sangat sensitif terhadap sinar selain itu telinganya juga sensitif terhadap dengungan yang dihasilkan oleh lampu listrik. Oleh karena itu rumahnya selalu gelap gulita karena hanya diterangi oleh lampu lilin (bilang aja mau hemat... *ditakol gackt*). Oleh karena itu, waktu Hyde datang kerumahnya sewaktu mau mengambil naskah Moonchild, Hyde selalu tersandung barang-barang Gackt karena hanya diterangi oleh beberapa lilin.

- Dalam rumahnya yang dilengkapi meja bilyar, bak mandi super besar, trampolin, kolam air mancur dan arena latihan tembak dan Dojo untuk ia berlatih bela diri dilantai satu.

- Gackt juga tinggal dengan sepasang putri cantik….yaitu seekor anjing Miniature Daschund cokelat bernama Belle Constantine Chappy dan kucing Main Coon abu-abu bernama May (yang udah kembali mendahulu alias ko’itnangih)

- Ketika ditanyakan dalam talk show Hey3X, ia ditanya oleh salah satu hostnya. Apa yang akan ia ajarkan jika menjadi guru? Dengan wajah serius Gackt menjawab. Assassination, poisoning, health and physical education. I'm specialist.. (untung aja dia ga jadi guru:sweaty:)

-Gackt terkadang suka ga sadar dengan kekuatannya sendiri. HP, kacamata, gelas dan barang-barangnya yang lain sering hancur digenggamannya. Aku punya kebiasaan memecahkan sesuatu ketika aku memegang sesuatu atau ketika aku dekat dengan benda2 itu. Secara tidak sengaja tenaga yang kukeluarkan berlebih, dan ‘BA~N!’ pecah deh. Hal itu sering sekali terjadi. Buruk sekali. Ketika aku melihat Hp'ku yang akhirnya ‘ba~n!’ dan pecah berkeping-keping, aku langsung berpikir ‘No~!!! *Hiyaaaa~~~sini, biar HPnya mia aja yang pegangin*

- Gackt pernah tidur selama 56 jam!!! itu karena waktu dia sekitar berumur 5-6 tahun, entah kenapa dia terserang imsomnia (susah tidur) akut. Dia sampai ga tidur selama 2 mingguhah "Aku ingin tidur, tapi mataku tidak bisa terpejam. Aku benar2 tersiksa karena itu, dan jadi sangat lelah. Aku jadi lemah dan sampai suatu ketika, aku jatuh pingsan dan hilang kesadaran. Ketika aku bangun, ternyata sudah malam ketiga."

- Gackt sangat menghargai keindahan bahasa. Karena baginya alunan nada biacar seseorang sama baginya dengan alunana anda alat musik. Seseorang dapat dinilai dari caranya berbicara. Oleh karena itu gackt selalu berusaha untuk bicara dengan baik. Gackt juga terkenal sebagai seorang berbakat dalam menulis kanji yang baik

- Gackt mempunyai kebiasaan ibu-ibu dalam berbelanja, yaitu tawar-menawar saat belanja dan ‘ritual‘ memasaknya yang bisa makan waktu sampai 4 hari(!!!) Oleh karena itu, ia merasa sangat tertolong ksaat You dan beberapa staffnya tinggal di apartemennya (You pandai memasak^^)

- Gackt hanya tidur 3 jam dalam sehari. Karena jam tidurnya yang sedikit inilah, ia sering menjahili para staff dan personil bandnya ketika mereka tidur saat mengadakan tour atau ketika mereka menginap di rumah Gackt. Gackt suka membangunkan mereka dengan menusuk pensil atau menggelitik mereka. Terkadang Gackt suka mencoret-coret wajah teman-temannya dengan eyeliner dan meninggalkan mereka dengan senyuman puas.gelakguling

- Hubungan keluarga dan persahabatan memang salah satu hal terpenting dalam hidup Gackt. Ia selalu menyebut member Gackt Job, staf dan teman-teman dekatnya sebagai ‘my family‘, karena baginya ‘circle of friends‘ adalah tempatnya berlindung dan sekaligus melindungi orang lain. Bagi Gackt, mereka adalah sayap yang bisa membuatnya terbang, melindunginya saat terjatuh dan melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukannya seorang diri dalam mencapai impian mereka bersama.

- Tahun 2007, Gackt terlibat proyek baru yang diadakan oleh Yoshiki (ex X-Japan), dimana Miyavi (ex-Dué le quartz) dan Sugizo (ex Lunas Sea) juga di ajak Yoshiki untuk bergaabung dalam band tersebut. Mereka menamakan band mereka S.K.I.N. Dimana Gackt menjadi vokalisnya (teteup...), Yoshiki di posisi drummer+piano, Miyavi di posisi gitaris dan Sugizo di posisi gitar rhythem. Sedangkan bassis, mereka masih menggunakan Juken (anggota Gacktjob) sebagai additional.



GACKT PROFILE’S
Full Name : Gackt Camui
Gender : Male
Birthday : July 4, 1973, but the year is commonly known as 1540
Birthplace : Okinawa, Japan
Hometown : Kyoto, Japan
Blood Type : A
Hobbies : Driving, dating, playing billlard, martial arts
Height : 180 cm
Weight : 50 - 60 kg
Misures : 98-68-88
Foot size : 42
Hair : it's difficult define them, he changes very often from brown to blond, in every possible and imaginable tonality!
Family : father musician, mother heirdresser, an elder sister and a younger brother
Favo food : kimchi (Korean food), eggs salad (Italian food); he loves cooking curry
Favo drink : red wine, the, vodka
Color : Black and White
Manga : Banana Fish "Monster", "Gundam"
Song : Stairway to Heaven, Beauty and Harmony
Singer : Yoshida Miwa, Crystal King, Metallica
Movies : Braveheart, Primal Fear, The Game, City of Angels, Soldier, Scent of a
Actor/Actress: Meg Ryan, Sandra Bullock, Brigitte Fonda, John Travolta, Brad Pitt, Nicholas Cage


Sumber: From jihaku, Officially Diary Gackt, Interview of Gackt and so many more.

7 komentar:

  1. Apa bener tujuan gackt go asia akan berhasil klo bersolo karir ? aq rasa itu keputusan yg slh.
    siapa yg ga kenal Malice Mizer? menurutku perpaduan Mana kozi dan Gackt bener2 .. Fucking Great!!
    Meskipun bubar malice mizer msh jd icon penting di dunia visual kei.

    btw d baca2, gackt kok sempurna amit y... gackt...gackt

    BalasHapus
  2. Sampai segitunya gackt menghargai orang lain..
    sampai dibela2in sakit..
    tapi konsepnya bikin ngakak yg ada balerina cowowk2 wkwkkwkw..
    tapi ngomong2 saya kok g tau lagunya GACKT sama sekali ya mi?taunya cuma Laruku alis larc anchiel(to opo kuwi?), yui, cnblue n ost2 anime?hehehh..

    Thanks ni INSPIRATIF..
    pasti mia ingin niru semangat n prinsipnya gackt

    BalasHapus
  3. WALAH LIHAT FAKTA TENTANG OM INI,cuma bisa bilang bagi satu kek lakilaki model si om*di lempar suriken*

    BalasHapus
  4. Ano~
    itu mungkin maksudnya Fuurin kazan sama Bunraku^_^")>

    BalasHapus
  5. Ano~
    Maaf mungkin itu maksudnya Fuurin Kazan sama Bunraku^_^")>

    BalasHapus
  6. Keren deh gackt, wajahnya manga abis ya. Suara nya juga berat dan dalem gitu. Aktingnya juga lumayan. Sayang malice mizer udah ga sama dia lagi.

    BalasHapus

Mohon berbahasa yang sopan (boleh melawak asal sopan)dan tidak melenceng dari postingan atau memuat iklan. Komentar yang dianggap ga pantas akan di hapus oleh admin Tora^^

Thanks